Langsung ke konten utama

Kopi Darat??

Apa itu kopi darat?


Kopi darat ato yang biasa disingkat KOPDAR adalah satu istilah yang kurang lebih artinya pertemuan tatap muka antara orang-orang yang biasa berhubungan lewat dunia maya. Jaman sekarang, biasanya kopdar tu dipake sama orang-orang yang baru kenalan lewat dunia maya seperti lewat chatting, facebook, YM, twitter, ato jejaring sosial lainnya lah. Mereka kopdar biasanya setelah cukup lama saling berkorespondensi lewat dunia maya dan pengen nyoba ketemu muka di dunia nyata biar bisa kenal lebih deket..


Terkait dengan posting aq sebelumnya soal dunia maya, DULU aq ga pernah mengira bahwa istilah kopdar itu bakalan mampir di hidup aq. Istilah kopdarnya mampir aja ga pernah ngira, apalagi sampe ngelakuin kopdar itu! Kaya yang udah ditulis sebelumnya juga, dulu aq ga percaya sama dunia maya, dan sama sekali ga pernah pengen cari kenalan di dunia maya, apalagi sampe bikin janji buat ketemuan..


Nah, tapi sekarang aq malah sering ngelakuin kopdar.. Mmmm, 4 kali kopdar udah dibilang sering ga tuh? Buat aq sih segitu udah bisa dibilang sering, apalagi buat orang kaya aq yang awalnya menghindari perkenalan lewat dunia maya. Entah magnet apa yang akhirnya menarik aq buat tergabung di komunitas maya itu, tapi sekarang itulah yang terjadi.. Keranjingan maen2 di dunia maya, dan selalu semangat '45 kalo nyebut kata 'kopdar'! Bahkan aq sampe niat buat ke luar kota cuma buat kopdar! Hmmm..


Sebenernya awalnya kenapa aq (dan banyak orang lain juga pastinya) bisa bergabung sama orang2 laen yang ga dikenal sebelumnya di dunia maya tuh karena adanya satu kecocokan. Adanya kecocokan itu lama2 bisa berkembang jadi kenyamanan, dan akhirnya berkembang jadi persahabatan. Buktinya, ada aja tuh orang yang bisa pacaran lewat dunia maya padahal belom pernah ketemu sebelomnya. Ya itu karna adanya satu kenyamanan berkomunikasi sama orang tersebut, sampe akhirnya jadi susah buat terlepas dari orang tersebut. (beda kasus kalo yang pake pelet2 ya! Hehe..)


Kaya aq, awalnya aq sama orang2 itu (yang sekarang rasanya jadi sahabat banget) tu punya satu kecocokan yang jelas: mengidolakan seseorang. Dari situlah semuanya berawal. Punya satu topik obrolan yang sama, jadi akhirnya sering ngobrol n berkomunikasi. Dari seringnya komunikasi, makin kenallah aq sama mereka, dan akhirnya obrolan ga cuma muter2 di topik idola itu aja.. Makin berkembang ke curhat urusan pribadi, sampe akhirnya dengan santainya udah ceng-cengan aja! Nah, dari sini udah keliatan kan bahwa kenyamanan itu akhirnya muncul di antara qta semua. Semakin qta ngerasa nyaman, semakin asiklah qta ada di komunitas tersebut, dan jadilah qta saling menganggap sahabat satu sama laen, karena komunikasi yang terjalin udah semakin "dalem"..


Bukti bahwa komunikasi yang terjalin di dunia maya itu udah makin 'dalem' sampe satu sama lain dari qta kaya udah kenal lama, bakal terbukti saat kopdar. Biasanya kalo qta ketemu sama orang baru kan pasti canggung ya? Tapi yang aq rasain saat aq kopdar sama mereka2 ini adalah, udah nyambung! Pertama ketemu ya salaman lah ya. Tapi setelah itu ga pake canggung qta udah bisa ngobrol kaya ke temen yang udah kenal lama, padahal kan sebenernya ini baru pertama kali ketemu.

Tulisan aq ga ada intinya ya? Ini sebenernya ngomongin apaan sih? Hahaha..


Yah, intinya mah aq mw ngangkat fenomena kopdar yang aq rasain sih..
Emank butuh waktu untuk bisa percaya sama suatu komunitas maya, butuh waktu juga untuk bisa membangun kenyamanan berkomunikasi sama orang-orang baru itu, dan juga butuh waktu untuk akhirnya bisa deket sama orang-orang baru itu. Emank harus pake proses dan waktu sih, karna semua yang instan-instan itu biasanya ga baek buat kesehatan! :P
Sebuah komunitas baru akan terasa menyenangkan klo qta nyaman berada di sana. Dan sebuah kopdar akan terasa menyenangkan kalo qta emank seneng ada di komunitas tersebut.


Dan itu yang aq rasain: aq nyaman dan senang sekali ada di komunitas ini!! Komunitas yang bisa memberi banyak buat aq, walaupun qta terpisah jarak dan umur! Hahaha..




*bener-bener ga jelas isi postingan ini.. :P

Komentar

Popular Posts

Garuda di Dada Timnas -> Salah??

Ada yang mempermasalahkan penggunaan lambang Garuda di kaos timnas Indonesia. Padahal, timnas Indonesia sendiri lagi berjuang mengharumkan nama Indonesia di ajang Piala AFF 2010.  Ini 100% pendapat pribadi aja yah.. Apa sih yang salah dengan penggunaan lambang Garuda di kaos timnas? Bukannya dengan adanya lambang Garuda di dada itu berarti mereka yang ada di timnas bangga jadi Indonesia dan bangga bisa berlaga di ajang internasional dengan membawa nama Indonesia? Bukannya dengan membawa lambang Garuda di dada itu berarti mereka akan makin semangat untuk main di lapangan hijau karna membawa nama besar Indonesia? Dan itu berarti Bang BePe dan kawan2 itu akan berusaha lebih keras untuk membuat semua warga Indonesia bangga? Pernah liat timnas maen di lapangan hijau? Pernah liat mereka rangkulan sambil nyanyiin lagi wajib INDONESIA RAYA? Pernah merhatiin ga kalo mereka sering mencium lambang Garuda yang ada di dada mereka setiap abis nyanyiin lagu INDONESIA RAYA? Pernah juga ga merha

Makanan Favorit di Setiap Masa "Ngidam"

Setelah bulan lalu saya gagal setoran karena kesulitan mencari waktu untuk menulis di sela-sela perubahan ritme kehidupan selama ramadan, bulan ini saya tidak mau lagi gagal setoran tulisan. Kebetulan tema tantangan blogging Mamah Gajah Ngeblog bulan ini adalah tentang makanan favorit.  Sebenarnya kalau ditanya apa makanan favorit saya, jujur bingung sih jawabnya. Karena saya bisa dibilang pemakan segala. Buat saya makanan hanya ada yang enak atau enak banget. Hehe… Jadi kalau disuruh memilih 1 makanan yang paling favorit sepanjang masa, ya susah. Makanya ketika beberapa minggu belakangan ini saya sering terbayang-bayang satu jenis makanan, saya jadi terinspirasi untuk menjadikan ini sebagai tulisan untuk setoran tantangan bulan ini. Iya, saya memang sedang sering ngidam. Ngidam kurang lebih bisa diartikan keinginan dari seorang ibu hamil terhadap sesuatu, umumnya keinginan terhadap makanan. Ngidamnya setiap ibu hamil juga beda-beda, ada yang ngidamnya jarang tapi ada juga yang sering

Mama sang Wonder Woman

Mama adalah segalanya.. Mama adalah Wonder Woman terhebat yang pernah ada di dunia ini.. :) Di keluargaku, dan sepertinya juga hampir sebagian besar keluarga, mama merupakan sosok yang sangat memegang peranan penting dalam urusan rumah. Segala urusan rumah dari mulai cuci baju, cuci piring, bersih-bersih rumah, masak, dan sebagainya itu semuanya mama yang urus.. Anggota keluarga yang lain seperti suami dan anak-anaknya mungkin juga ikut membantu, kadang bantu mencuci, bersih-bersih, ato urusan rumah lainnya. Tapi tetap saja kalau dihitung-hitung, pasti porsinya jauh sama yang biasa dikerjakan mama. Belakangan ini aku lebih sering ada di rumah. Dan dengan semakin seringnya ada di rumah, semakin aku mengerti sibuknya mama di rumah mengurus segala sesuatunya sendiri. Sebagai seorang anak, pastinya sudah jadi kewajiban aku untuk bantu mama dalam mengurus rumah yang juga aku tinggali. Dengan aku sering ikut membantu mama melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga, aku jadi tahu bah