Langsung ke konten utama

Marhaban ya Ramadhan..

Alhamdulillah..
Ramadhan udah dateng lagi!!

Seneng ga siih? Aq mah jujur seneng banget nget nget.. Bulan ramadhan bagi aq emank selalu buat disyukuri. Karna qta semua ga akan pernah tau kan apa qta bakal ketemu lagi sama bulan Ramadhan taun depan? Padahal jelas banget kalo Bulan Ramadhan itu bulan yang penuh pahala, dan segala macem kebahagiaan deh! Makanya aq sih selalu seneng banget kalo ketemu Bulan Ramadhan, karna berarti aq masih dikasi kesempatan buat ngumpulin bekal akhirot sebanyak2nya.. Dan satu hal lagi yang bikin aq bahagia di Bulan Ramadhan adalah bentuk kebersamaan keluarga. Dengan adanya Bulan Ramadhan, qta sekeluarga jadi harus makan sahur bareng2, trus makan malem pas berbuka juga bareng2. Solat tarawih bareng2 ke mesjid, baca Qur’an bareng2, dan hal2 laen yang jadinya membentuk kebersamaan di dalam keluarga makin kuat! Alhamdulillah ini salah satu nilai plus dari Bulan Ramadhan yang jelas bikin aq selalu bahagia menyambut Ramadhan!


Tapi, bentuk kebahagiaan orang menyambut Ramadhan tu ada macem-macem, dan ga semuanya itu kebahagiaan yang murni. Maksudnya?? Orang yang paling beruntung tu adalah orang yang bahagia saat menyambut Bulan Ramadhan karena dia menganggap Ramadhan adalah bulan yang penuh pahala, dan berarti dia bisa ngumpulin pahala dan rahmat dari Allah sebanyakbanyakbanyaknya! Yang dipikirinnya cuma pahala di sisi Allah sebagai bekal buat hidup yang di akhirot nanti..

Nah, padahal banyak orang yang bahagia menyambut Ramadhan tu karna hal-hal laen. Contohnya? Waktu qta masih pada kecil ada ga yang seneng nyambut Ramadhan? Aq dulu juga seneng, tapi alesannya karna nanti pas lebaran bakalan dapet baju baru, trus bakalan dapet uang lebaran dari om dan tante2, pokonya yang ada hubungannya sama “hadiah”. Ato contoh laen, pedagang2 yang bahagia pas Ramadhan karna penjualan bakalan naek dan pendapatan bakalan nambah.

Itu sama-sama bahagia, tapi beda konteksnya, dan beda juga hasilnya.. InsyaAllah kalo orang-orang yang bahagia menyambut Ramadhan karena Allah (karena mencari pahala dan rahmat Allah),  orang-orang itu juga bakal ngedapetin kebahagiaan secara spiritual selama ngejalanin ibadah, yang artinya dia bakal merasa ringan sepanjang ngejalanin ibadah di Bulan Ramadhan. Dan insyaAllah juga dia bakalan dapet pahala lebih karena niatnya murni karena Allah. Btul gaa?
Amiiinn.. Alhamdulillah! ^_^

Jadi marilah qta sama2 berbahagia menyambut Ramadhan dengan niatan yang murni karena Allah!


Bulan Ramadhan sebagai bulan yang penuh pahala, penuh barokah, penuh rahmat, harus bisa qta maksimalkan dong! Semua pintu surga dibuka selebar2nya, dan pintu neraka ditutup serapat2nya. Obral pahala besar2an dari Allah. Obral pengampunan besar2an juga dari Allah! Kurang apa lagi coba? Semua amalan baik qta di bulan Ramadhan pahalanya insyaAllah dilipatkan 10 kali lipat sampai ila masya Allah!
Belom lagi ada Lailatul Qodar, di mana kalo qta bisa ngedapetin pahala Lailatul Qodar, qta bisa ngedapetin pahala ibadah 1000 bulan!! 1000 bulan = 83,3 taun. Yakin ga tuh qta bisa hidup dan ngumpulin pahala sampe qta umur 83 taun? Ga kan? Makanya, kumpulin deh pahala 1000 bulan itu tiap taunnya, jadi saat qta menghadap Allah nanti, insyaAllah qta punya pahala jutaan bulan! Amiiiiinn.. :D
Trus ini waktu yang sangat baik juga buat ngehapus dosa-dosa yang bejibun banget udah qta kumpulin selama 11 bulan. Sayang banget ga sih kalo ga dimanfaatin semaksimal mungkin.. Ramadhan itu waktunya membersihkan diri, sekaligus ngumpulin pahala sebanyakbanyaknya!
Rugi banget orang yang bisa menemui Ramadhan tapi masih bawa dosa saat Idul Fitri.


Ngerasa berat ngejalanin Ramadhan? Nahan laper nahan haus selama sekitar 13 jam, tapi harus tetep beraktivitas kaya biasa? Belom lagi dini hari harus bangun buat makan saur, dan malemnya mesti ke mesjid buat solat tarawih. Kalo dipikirin emank pasti beratlah.. Tapi coba pikir lagi deh, semua orang Islam yang laen juga ngelakuin hal yang sama! Semua juga nahan laper dan haus, semua juga harus bangun sahur dan solat tarawih. Berarti ga cuma sendirian kan berjuangnya? Dan coba liat deh, banyak orang yang bisa santai2 aja ngejalanin Bulan Ramadhan! Trus,kalo orang laen bisa, kenapa qta ga dong? Iya kan?

Lagian, cobalah ikhlas ngejalanin Bulan Ramadhan. Ga cuma puasa, tapi ngerjain tugas apapun, ngejalanin kegiatan apapun, kalo qta ikhlas ngerjain dan ngejalaninnya, semua bakalan terasa lebih ringan kan? Iya ga sih? Berusahalah buat seneng ngejalanin puasa, karna kalo hati qta seneng insyaAllah lancar2 aja ngejalanin puasanya! Malah kalo dipikirin terus “aduh, laper. Kapan sih bukanya?”, itu malah bakal bikin qta makin berat ngejalanin puasa. Inilah tempat qta buat berlatih ikhlas dan sabar! Positive thinking, itu kuncinya! ^_^


Ada 5 sukses dalam ngejalanin Bulan Ramadhan: sukses puasa, sukses tarawih, sukses tadarus, sukses I’tikaf, dan sukses zakat. Kalo sukses semuanya, insyaAllah pahala qta pol! (insyaAllah.. :D)
Sukses puasa, bukan cuma berhasil nahan laper dan haus dari subuh sampai magrib selama 30 hari penuh, tapi juga gimana qta menahan seluruh hawa nafsu qta, termasukemosi. Karena emank inti dari puasa tu bukan hanya nahan lapar dan haus, tapi nahan semua hawa nafsu duniawi qta. Jangan lupa di Bulan Ramadhan tuh ga ada syetan dan iblis loh, mereka dipenjara oleh Allah. Jadi kalo ga bisa nahan nafsu duniawi, itu bukan syetan yang menggoda, tapi emank diri sendiri yang ternyata ga kuat imannya. Belajar sabar dan ikhlas, itu inti dari puasa. Bisa ga ngejalanin puasa sesukses itu? :D
Sukses tarawih, ga cuma berhasil solat setiap malem 11 ato 23 rakaat, tapi juga memaknai solat itu sendiri. Kalo ikutan solat tarawih berjamaah ke mesjid, tapi selama solat berjamaah itu pikiran qta melayang2 ke sisa makanan yang belom diabisin di rumah, buat apa? Cuma badan doank yang gerak ngikutin gerakan imam, tapi hati ke mana-mana, pahalanya juga bisa kemana-mana donk, belom tentu nyampe ke Allah! Hehe..
Sukses tadarus, baca Qur’an selama 30 hari sampe khatam dari Surat Al-Fatihah sampe Surat An-Naas. Dan sekali lagi, bukan cuma ngucapin huruf-huruf yang tertulis di Qur’an, tapi juga memaknai apa isinya. Susah sih emank, qta bukan orang arab yang bisa langsung ngerti apa yang qta baca di Qur’an, tapi seengganya qta bisa berusaha memahami kan? Allah pasti menghargai usaha qta! Hehe..
Tau i’tikaf kan? Berdiam diri sepanjang malam di dalam mesjid buat ngejalanin ibadah, apapun. Dan ingat: di dalam mesjid! Kalo begadang di warung kopi semaleman mah itu bukan I’tikaf! Alhamdulillahnya, di mesjid tempat aq biasa ngaji, kalo 10 malem terakhir di Bulan Ramadhan tu ada acara I’tikaf bareng. Dan yang dilakuin jelas bukan ngobrol2, tapi ngaji bareng, mengkaji Qur’an dan hadits. I’tikaf juga bisa diisi solat sunah, dzikir, ato ibadah2 lainnya. Dan sukses I’tikaf jelas harus dilengkapi dengan sukses Lailatul Qodar. InsyaAllah kalo seseorang berhasil ngejalanin I’tikaf di 10 malem terakhir Bulan Ramadhan, pahala Lailatul Qodar udah di tangan. Kapan Lailatul Qodar turun tu emank ga ada seorangpun yang tau, bahkan Nabi. Tapi Nabi punya sedikit “bocoran”, kalo Lailatul Qodar itu turunnya di malam ganjil di 10 malam terakhir Bulan Ramadhan. Dan ga kaya I’tikaf, pahala Lailatul Qodar ga harus didapet di dalam masjid, tapi bisa di mana aja, selama yang qta lakuin adalah ibadah pada Allah. Jadi kalo 10 malem terakhir cuma diisi sama tidur, jangan harap dapet pahala Lailatul Qodar deh..
Dan sukses zakat jelas harus, karena zakat ini udah jadi kewajiban yang harus qta keluarin sebelum qta Solat Ied di hari raya! InsyaAllah ada hadits yang nyebutin kalo sebelum qta mengeluarkan zakat fitrah, pahala qta selama Bulan Ramadhan itu masih ngegantung di antara langit dan bumi, jadi belom bisa sampe ke Allah. Dan cuma membayar zakat fitrahlah yang bisa meneruskan pahala qta sampai ke sisi Allah. Makanya, biar pahalanya ga cuma ngegantung ga jelas, bayar deh zakat fitrahnya..
InsyaAllah, kalo qta berhasil sukses di Bulan Ramadhan dengan 5 sukses yang tadi, qta  dapet pahala yang banyaaaaaaakk banget dari Allah, dan juga dapet pengampunan sebesar-besarnya dari Allah! Mantep ga tuh?? ^_^


Ngomong-ngomong soal tarawih, tarawih itu solat sunah kan ya? Percaya ga kalo aq baru tau kalo solat tarawih itu ternyata solat sunah, pas akhir2 SMP! Jadi, selama bertaun-taun aq ngejalanin Bulan Ramadhan, aq taunya kalo solat tarawih itu adalah solat wajib di Bulan Ramadhan! Jadi sejak SD, sejak aq udah rutin solat wajib 5 waktu, aq selalu ngerjain solat tarawih setiap malem, walopun ga ikut solat ke mesjid. Kok bisaaa? Waktu SD aq emank sekolah di sekolah Katolik, dan aq sama sekali ga dapet pelajaran Islam di sekolah. Tapi orang tua dan guru ngaji aq di mesjidlah yang ngajarin aq tentang Islam dan tugas2 aq sebagai Muslimah. Nah, orang tua aq dan guru-guru aq ga pernah ngasitau kalo solat tarawih itu sebenernya solat sunah. Bahkan, mereka selalu nyuruh aq solat tarawih setiap malem, ga boleh kelewat! Emank mereka ga pernah bilang kalo solat tarawih tu wajib, tapi dari cara mereka mendidik aq itu, aq narik kesimpulan sendiri kalo solat tarawih itu wajib di Bulan Ramadhan. Trus setelah aq tau kalo ternyata solat tarawih itu sunah, nyesel ga? Sama sekali ga! Justru aq bersyukur banget sama mama dan papa aq, karna dengan bgitu aq jadi terbiasa banget ngerjain tarawih setiap malem, dan justru sekarang jadi ngerasa dosa kalo semalem aja ga solat tarawih. Alhamdulillah buat aq sekarang yang udah ngerti soal dosa dan pahala, kebiasaan yang dibentuk dari kecil itu berdampak positif buat hidup aq.


Biasain deh ngejalanin ibadah yang banyak, karena kalo udah terbiasa, insyaAllah qta bakalan ngerasa ada yang kurang kalo qta ga ngejalanin ibadah itu, bahkan malah kaya ngerasa berdosa. Bisa karena biasa! ^_^


Alhamdulillah, qta masih dikasih kesempatan ngejalanin ibadah sebanyak-banyaknya di Bulan Ramadhan taun ini. Jadi, jangan disia-siakan yah kesempatan kali ini. Barangkali taun depan qta ga sempet lagi ngerasain indahnya Ramadhan? Maksimalkan segalanya di Bulan Ramadhan kali ini. Ibadah sebanyak-banyaknya. Lunturkan dosa sebanyak-banyaknya. Raih 5 sukses Ramadhan, dan raih kebahagiaan lahir batin yang hakiki di Hari Lebaran nanti!


Sebelum masuk bulan Ramadhan, aq mohon maaf ya bwt semuanya kalo ada salah..

Selamat menjalani Bulan Ramadhan yang indah ini!! ^_^

Komentar

Popular Posts

Garuda di Dada Timnas -> Salah??

Ada yang mempermasalahkan penggunaan lambang Garuda di kaos timnas Indonesia. Padahal, timnas Indonesia sendiri lagi berjuang mengharumkan nama Indonesia di ajang Piala AFF 2010.  Ini 100% pendapat pribadi aja yah.. Apa sih yang salah dengan penggunaan lambang Garuda di kaos timnas? Bukannya dengan adanya lambang Garuda di dada itu berarti mereka yang ada di timnas bangga jadi Indonesia dan bangga bisa berlaga di ajang internasional dengan membawa nama Indonesia? Bukannya dengan membawa lambang Garuda di dada itu berarti mereka akan makin semangat untuk main di lapangan hijau karna membawa nama besar Indonesia? Dan itu berarti Bang BePe dan kawan2 itu akan berusaha lebih keras untuk membuat semua warga Indonesia bangga? Pernah liat timnas maen di lapangan hijau? Pernah liat mereka rangkulan sambil nyanyiin lagi wajib INDONESIA RAYA? Pernah merhatiin ga kalo mereka sering mencium lambang Garuda yang ada di dada mereka setiap abis nyanyiin lagu INDONESIA RAYA? Pernah juga ga merha

Makanan Favorit di Setiap Masa "Ngidam"

Setelah bulan lalu saya gagal setoran karena kesulitan mencari waktu untuk menulis di sela-sela perubahan ritme kehidupan selama ramadan, bulan ini saya tidak mau lagi gagal setoran tulisan. Kebetulan tema tantangan blogging Mamah Gajah Ngeblog bulan ini adalah tentang makanan favorit.  Sebenarnya kalau ditanya apa makanan favorit saya, jujur bingung sih jawabnya. Karena saya bisa dibilang pemakan segala. Buat saya makanan hanya ada yang enak atau enak banget. Hehe… Jadi kalau disuruh memilih 1 makanan yang paling favorit sepanjang masa, ya susah. Makanya ketika beberapa minggu belakangan ini saya sering terbayang-bayang satu jenis makanan, saya jadi terinspirasi untuk menjadikan ini sebagai tulisan untuk setoran tantangan bulan ini. Iya, saya memang sedang sering ngidam. Ngidam kurang lebih bisa diartikan keinginan dari seorang ibu hamil terhadap sesuatu, umumnya keinginan terhadap makanan. Ngidamnya setiap ibu hamil juga beda-beda, ada yang ngidamnya jarang tapi ada juga yang sering

Mama sang Wonder Woman

Mama adalah segalanya.. Mama adalah Wonder Woman terhebat yang pernah ada di dunia ini.. :) Di keluargaku, dan sepertinya juga hampir sebagian besar keluarga, mama merupakan sosok yang sangat memegang peranan penting dalam urusan rumah. Segala urusan rumah dari mulai cuci baju, cuci piring, bersih-bersih rumah, masak, dan sebagainya itu semuanya mama yang urus.. Anggota keluarga yang lain seperti suami dan anak-anaknya mungkin juga ikut membantu, kadang bantu mencuci, bersih-bersih, ato urusan rumah lainnya. Tapi tetap saja kalau dihitung-hitung, pasti porsinya jauh sama yang biasa dikerjakan mama. Belakangan ini aku lebih sering ada di rumah. Dan dengan semakin seringnya ada di rumah, semakin aku mengerti sibuknya mama di rumah mengurus segala sesuatunya sendiri. Sebagai seorang anak, pastinya sudah jadi kewajiban aku untuk bantu mama dalam mengurus rumah yang juga aku tinggali. Dengan aku sering ikut membantu mama melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga, aku jadi tahu bah