Langsung ke konten utama

Indonesia yang (baru mulai) Sadar Budaya

Alhamdulillah, skarang ini Indonesia semakin melek sama urusan kebudayaannya. Walaupun agak terlambat sih, tapi seengganya usahanya itu mulai terlihat jelas, dan juga udah mulai memperlihatkan hasilnya. Batik dan angklung -yang sempet rame diberitain, udah diakui secara resmi di UNESCO sbagai kebudayaan dunia asal Indonesia. Bukti bahwa usaha Indonesia dalam mempertahankan kebudayaannya udah menunjukkan hasil positif. Walaupun masih jauh dari cukup, karna budaya Indonesia jelas bwanyaaaaaaakk bangetz!


Indonesia sebagai negara dengan banyak banget suku, jelas punya banyak banget juga jenis kebudayaan. Satu suku aja bisa punya banyak banget kebudayaan, dari mulai lagu, tarian, alat musik, baju, daaaaann banyak lagi. Kebayang kan gimana banyaknya kebudayaan Indonesia sebenernya? Tapi sayangnya orang-orangnya sendiri kurang sadar sama budayanya. Bahkan pemerintah yang harusnya sangat aware sama urusan beginian juga masih kurang kesadarannya. Baru deh, setelah sempet bermasalah sama negara tetangga, smw orang Indonesia sibuk deh ngurusin kebudayaannya.


Ga semua orang Indonesia ga peduli sama kebudayaannya ko. Ada juga orang-orang yang peduli dan berusaha melestarikan. Tapi klo dibandingin sama jumlah orang se-Indonesia ya mungkin masih kurang. Mungkin perlu lebih banyak tangan yang ikut melestarikan kebudayaan Indonesia kalo emank mau kebudayaan yang qta punya itu diakui penuh sama bangsa-bangsa lain.


Kebudayaan-kebudayaan qta tuh unik banget sebenernya, dan disukai banget sama orang di luar sana. Ga percaya? Aq udah pernah membuktikan betapa orang-orang di Eropa sana suka banget sama yang namanya angklung. Mereka terkagum-kagum liat angklung, terpana bingung ngeliat gimana sebilah bambu bisa menghasilkan nada-nada indah jadi sebuah lagu. Ga cuma angklung aja, mereka juga bilang klo baju-baju daerah Indonesia tuh unik. Trus mereka juga suka sama beberapa tarian-tarian asal Indonesia. Beneran deh..


Trus alhamdulillahnya lagi skarang pihak pemerintah, udah semakin mendukung kegiatan-kegiatan yang membudayakan budaya Indonesia. Pihak news pun udah makin sering menampilkan berita-berita bahwa orang ini pergi ke negara ini untuk memperkenalkan budaya ini (misalnya..). Berarti kan dengan banyaknya pemberitaan di media massa, kegiatan-kegiatan itu diekspos ke banyak mata yang akhirnya bisa aja ikut melestarikan budaya Indonesia (walau mungkin dengan caranya masing-masing).


Ini kemajuan bangeeeeett..


Knapa aq bilang gitu?

Soalnya aq inget banget, 6 taun yang lalu (2004) pas temen-temen dan aq berusaha untuk memperkenalkan Indonesia dan budayanya ke negara-negara Eropa, dukungan yang qta dapet sangaaaaaaaaatttt minim. Aq masih inget jelas gimana ditolak sana sini waktu ngasih proposal. Gimana udah dijanjiin disponsorin sebesar x taunya dikasihnya hanya sebesar x minus minus minus. Gimana rasanya ngutang besar. Gimana rasanya deg-degan slama ada di Eropa karna takut ga kuat ngebiayain hidup. Masih terbayang cukup jelas gimana pusingnya qta saat itu. Padahal niat qta kan mulia, memperkenalkan Indonesia dan salahsatu budayanya ke mata dunia, khususnya Eropa! Yah, walau ada niat sampingan buat jalan-jalan juga siiihh.. Hehehe.. Tapi dengan besarnya peran qta saat itu dalam membudayakan budaya Indonesia, dukungan yang qta dapet rasanya kurang dari cukup.
Tapi alhamdulillah segala kekecewaan dan kesusahan itu terhapuskan karna qta liat gmana orang-orang Eropa sana terpesonanya sama angklung yang qta bawa, sama musik yang qta mainkan, sama tarian yang qta tampilkan, sama pakaian tradisional yang qta tunjukkan. Apresiasi mereka sama grup aq dan teman-teman itu luar biasa! Applause yang mereka kasih di setiap akhir lagu yang qta bawain sangat luar biasa. Bahkan aq ngerasainnya applause mereka jauh lebih besar daripada applause dari orang-orang Indonesia selama qta tampil di Indonesia. Pokoknya dahsyat banget! Aq ngerasa sangat dihargain banget selama di Eropa sana, terutama karena mereka memberikan apresiasi yang di luar ekspektasi aq dan temen-temen. T.O.P.B.G.T deh! :)


Alhamdulillah skarang kayanya pemerintah dan pihak-pihak lain udah semakin peduli sama urusan budaya, jadi harusnya ga perlu ada lagi masalah kaya yang dulu aq dan temen-temen aq alamin. Mudah-mudahan ke depannya kalo ada kegiatan-kegiatan budaya ke luar negeri lagi bakalan dimudahkan dalam segala halnya, terutama donasinya! :D


See?
Betapa Indonesia punya budaya yang luar biasa di mata dunia? Betapa Indonesia sebenernya bisa menjadi negara budaya yang luar biasa di mata dunia?
Kalau orang-orangnya mau, segala jenis kebudayaan Indonesia yang luar biasa kaya ini bisa kok jadi idola untuk semua orang di dunia. Asaaaal, ada usaha dan kemauan. Ayo lah, qta mulai usaha pelestarian. Usaha sekecil apapun insyaAllah akan ada manfaatnya kok! Yang penting usaha.. Syukur-syukur kalau usahanya bisa berkembang jadi usaha besar yang akhirnya bisa membawa kebudayaan Indonesia makin maju di dunia! Aq juga masih terus berusaha kok.. Bersama qta bisa.
Betul??
:)




say it loud:

AKU CINTA INDONESIA!!!
KITA CINTA INDONESIA!!!

Komentar

Popular Posts

Garuda di Dada Timnas -> Salah??

Ada yang mempermasalahkan penggunaan lambang Garuda di kaos timnas Indonesia. Padahal, timnas Indonesia sendiri lagi berjuang mengharumkan nama Indonesia di ajang Piala AFF 2010.  Ini 100% pendapat pribadi aja yah.. Apa sih yang salah dengan penggunaan lambang Garuda di kaos timnas? Bukannya dengan adanya lambang Garuda di dada itu berarti mereka yang ada di timnas bangga jadi Indonesia dan bangga bisa berlaga di ajang internasional dengan membawa nama Indonesia? Bukannya dengan membawa lambang Garuda di dada itu berarti mereka akan makin semangat untuk main di lapangan hijau karna membawa nama besar Indonesia? Dan itu berarti Bang BePe dan kawan2 itu akan berusaha lebih keras untuk membuat semua warga Indonesia bangga? Pernah liat timnas maen di lapangan hijau? Pernah liat mereka rangkulan sambil nyanyiin lagi wajib INDONESIA RAYA? Pernah merhatiin ga kalo mereka sering mencium lambang Garuda yang ada di dada mereka setiap abis nyanyiin lagu INDONESIA RAYA? Pernah juga ga merha

Makanan Favorit di Setiap Masa "Ngidam"

Setelah bulan lalu saya gagal setoran karena kesulitan mencari waktu untuk menulis di sela-sela perubahan ritme kehidupan selama ramadan, bulan ini saya tidak mau lagi gagal setoran tulisan. Kebetulan tema tantangan blogging Mamah Gajah Ngeblog bulan ini adalah tentang makanan favorit.  Sebenarnya kalau ditanya apa makanan favorit saya, jujur bingung sih jawabnya. Karena saya bisa dibilang pemakan segala. Buat saya makanan hanya ada yang enak atau enak banget. Hehe… Jadi kalau disuruh memilih 1 makanan yang paling favorit sepanjang masa, ya susah. Makanya ketika beberapa minggu belakangan ini saya sering terbayang-bayang satu jenis makanan, saya jadi terinspirasi untuk menjadikan ini sebagai tulisan untuk setoran tantangan bulan ini. Iya, saya memang sedang sering ngidam. Ngidam kurang lebih bisa diartikan keinginan dari seorang ibu hamil terhadap sesuatu, umumnya keinginan terhadap makanan. Ngidamnya setiap ibu hamil juga beda-beda, ada yang ngidamnya jarang tapi ada juga yang sering

Mama sang Wonder Woman

Mama adalah segalanya.. Mama adalah Wonder Woman terhebat yang pernah ada di dunia ini.. :) Di keluargaku, dan sepertinya juga hampir sebagian besar keluarga, mama merupakan sosok yang sangat memegang peranan penting dalam urusan rumah. Segala urusan rumah dari mulai cuci baju, cuci piring, bersih-bersih rumah, masak, dan sebagainya itu semuanya mama yang urus.. Anggota keluarga yang lain seperti suami dan anak-anaknya mungkin juga ikut membantu, kadang bantu mencuci, bersih-bersih, ato urusan rumah lainnya. Tapi tetap saja kalau dihitung-hitung, pasti porsinya jauh sama yang biasa dikerjakan mama. Belakangan ini aku lebih sering ada di rumah. Dan dengan semakin seringnya ada di rumah, semakin aku mengerti sibuknya mama di rumah mengurus segala sesuatunya sendiri. Sebagai seorang anak, pastinya sudah jadi kewajiban aku untuk bantu mama dalam mengurus rumah yang juga aku tinggali. Dengan aku sering ikut membantu mama melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga, aku jadi tahu bah