Langsung ke konten utama

Pelajaran jadi Ibu: Ngurus Bayi

Ada apa tiba2 bikin blog tentang ngurus bayi??
Ga apa-apa sih.. Cuma buat mengingatkan aq sendiri aja, nanti2 kalo aq punya bayi, hal-hal ini harus aq inget! Hehehehe..


Ini pelajaran sebenernya aq dapet dari pengalaman nyata kakak aq ngurus bayi nya.. Ada beberapa kesalahan yang harus aq inget dan ga boleh sampe aq lakuin nanti ke anak aq! :D


1. Referensi
Cari referensi soal tips n trik ngurus bayi sebanyakbanyakbanyaknya. Jangan cuma terpatok sama 1 referensi aja. Rajin baca, mau itu baca majalah, buku, ato sumber2 laen (internet misalnya), dan bandingin satu sama lain. Karna yang namanya referensi itu suka beda satu sama lain, jadi ga boleh satu referensi ditelen bulet-bulet dan mengabaikan referensi laen. Harus penuh perbandingan


2. Dokter Anak
Rajin-rajin juga dateng ke dokter anak. Dateng ke dokter anak kayanya ga cuma kalo anaknya sakit ato anaknya mw divaksin. Cuma konsultasi aja juga kayanya ga masalah.. Yah, kalo biaya ke dokter dirasa cukup mahal ya ga usah dipaksa juga. Tapiiii,, pas lagi ada kesempatan ketemu dokter, tanyalah sebanyak-banyaknya.. Apa yang baek buat anak, apa yang ga baek buat anak, dan lain-lain soal tumbuh kembangnya anak. Trus, cari dokternya yang banyak ngomong, jangan yang diem-diem aja! Makin banyak tu dokter ngomong, harusnya juga kan makin banyak informasi yang didapet ama si ibu! Jadi pilihlah dokter yang bisa berkomunikasi dengan baik..


3. Harus kenal karakter bayi
Bayi tu sifatnya juga macem2 kaya orang gede. Ada bayi yang emang rewel, ada bayi yang ga terlalu rewel (kaya ponakan aq misalnya). Justru harus lebih ati2 sama bayi yg ga trlalu rewel. Kalo bayi yg rewel mah kan dya ga enak sedikit langsung nangis, jadi si ibu lama2 ngerti anaknya knapa. Tapi kalo bayi yg ga terlalu rewel, biasanya dya ga banyak nangis walopun ada yg ga enak. Kalo kaya gini, bisa2 ibunya tenang2 aja ngerasa anaknya baik2 aja, padahal mungkin ada sesuatu yg ga enak. Kalo dibiarin, bisa2 anaknya jadi kebiasaan ngerasa ga enak.
Kasus nyata keponakan aq sih gini.. Anaknya baeeeeeekk banget! Jadi walopun laper dya ga nangis kenceng2. Nah, si ibunya (a.k.a kaka aq :D) jadi ngasih ASI nya ga rutin waktunya. Ngasih makan pun kadang sering sedikit jumlahnya. Akhirnya, si anak jadi kebiasaan ngerasa laper, dan lama2 bakalan jadi susah makan! Nahloh,, repot kan buat ntar ke depannya?


4. Bikin ASI yang rasanya enak
Bayi juga dikasih indra perasa di lidahnya. Jadi, bikinlah ASI yang rasanya enak. Apa yang dimakan sama si ibu bakalan ada di ASI, jadi bakal dirasain juga sama si bayi. Kalo dari pengalaman kaka aq, dya selalu dibikinin aer rebusan kacang ijo sama mama, katanya biar ASInya ga cair, dan bisa bikin si anak lebih kenyang. Truuusss,, makanlah yang bener. Makan sehari 3x (minimaaaalll), dan makanannya juga harus makanan yang sehat. Jangan sekali2 makan pedes berlebihan, misalnya makan kerupuk seblak, gehu pedes, ato apapun yang pedesnya berlebihan! (itu contoh makanannya bandung banget ya? hehe..) Knapa? Karna bakalan bikin si anak sakit perut dan bakalan nangis meraung-raung semaleman! *Percayalah, ini beneran terjadi di rumah aq! :D Jadi makanlah makanan yang sehat, jangan makan-makanan dengan rasa2 yang lebay, jadi rasa ASInya enak dan si bayi bakal seneng minum ASI!



5. Makan bukan brarti ASI berhenti
ASI tetep harus dikasi walopun udah mulai masuk makanan-makanan laen (kaya buah, bubur susu, ato apapun). Dan jadwal ngasih ASI nya pun tetep harus banyak, ga cuma kalo mw tidur. Bahkan kalo bisa ga usah dicampur sama susu formula! Apalagi denger2 brita belakangan ini yang bilang kalo kandungan susu formula mulai aneh2 dan ga baek buat bayi! Hmmm.. ASI is the best pokonya,, dan jangan lupa makannya juga dijaga biar ASInya juga mantap! :)


6. Soal bikin makanan bayi
Kaya yang udah disebutin tadi, bayi juga dikasih indra perasa di lidahnya buat ngerasain enak ga enaknya makanan. Jadi, kalo mau bikin makanan sendiri, bikinlah yang enak. Tiap bikin makanan sendiri, si ibu juga harus nyobain makanannya. Enak apa ga? Kalo si ibu aja ngerasa makanan itu ga enak, tega ngasih ke anaknya? Ibunya aja ga suka gmana anaknya mau makan? Bikinlah makanan dengan kombinasi yang enak.. Terus, kalo mau bikin, makanan sendiri, makanan ga harus dibikin dari bahan yang mahal dan repot. Yang paling penting kalo bikin makanan, bikinnya pake doa (doa biar makanannya bisa bikin si anak sehat dan tumbuh kembangnya baek!), trus pas disuapin ke anaknya, pakelah Bismillah! InsyaAllah anaknya sehat walopun tanpa bahan makanan mahal dan ngerepotin! :)


7. Harus makan!
Kalo bayi udah masuk usia makan, ya bayi harus mau makan! Yah, namanya orang juga kan suka aja tuh males makan, tapi tetep aja si bayi harus makan! Ibu harus sabar dan telaten! Kalo si bayi mulai males makan, cari cara gimana biar dya tetep makan, jangan dibiarin ga makan. Misalnya aja, bawa si bayi makan sambil jalan-jalan, ato bawa si bayi makan sambil maen2. Biasanya, bayi kalo ada yang mengalihkan perhatiannya suka lupa lagi makan dan tanpa sadar buka mulut dan nelen makanannya. Pokonya biar gimana si bayi harsu tetep makan!
Nah, kalo si bayi bener2 ga mau makan walopun udah dialihin perhatiannya, mungkin dya bener2 ga suka sama makanan yang qta kasih. Kasihlah makanan yang laen! Misalnya buah yang agak mengenyangkan (pisang misalnya). Yang penting, si anak makan! Jangan sampe bayi itu dibiarin aja ga mau makan. Kalo dai bayi udah males makan dan dibiarin, ntar gedenya makin susah makan loh! Kan nanti jadi ga sehat..


8. Kontak ibu-anak
Kontak antara ibu anak itu sangat penting!! Pas lagi nyusuin, pas lagi mandi, pas lagi makan, banyak2lah ngobrol sama si bayi.. Jangan sampe pas lagi nyuapin misalnya, si ibu malah asik sendiri nonton tv, ato asik sendiri maenin BBnya! :P Banyak ajak si anak ngobrol, jadi ibu lebih kenal sama anaknya, anak juga lebih kenal sama ibunya.. Ibu-ibu yang punya BB, jangan keasikan sama BBnya trus anaknya ditelantarkan yaa.. (yg g BB juga sih! hehe..)


9. Denger MAMA!
Seperti kata mutiara yang semua orang tau: "experience is the best teacher". Jadi, jelas banget kalo orangtua qta (terutama MAMA) jelas udah lebih berpengalaman ngurus anak! Walopun jaman udah berbeda, tetep aja dasar2 ngurus bayi mah sama. Jadi dengerinlah apa kata mama. Dengerinlah nasehat dan masukan2 mama. Jangan ngerasa paling tau, karna jelas skali mama lah yang lebih berpengalaman. Qta bisa sampe gede begini siapa yang ngurus? Mama kan? Brarti, mama sukses bikin qta tumbuh sempurna sampe segede ini. Brarti juga, cara yang mama pake dulu juga insyaAllah bisa bikin si bayi tumbuh seperti qta tumbuh! Mama pengalamannya jelas lebih dari qta, jadi dengarkanlah dan praktekanlah..


Yah, itu yang bisa aq tangkep dari pengalaman berbulan-bulan ikutan ngurus my little nephew! Mudah-mudahan kesalahan-kesalahan kaka aq jangan sampe deh jadi kesalahan aq juga nanti ngurus anak aq..
Ngomong-ngomong, kapan ya aq punya anak? Hahahahaha.. Nikah aja belom! :D



Komentar

Popular Posts

Garuda di Dada Timnas -> Salah??

Ada yang mempermasalahkan penggunaan lambang Garuda di kaos timnas Indonesia. Padahal, timnas Indonesia sendiri lagi berjuang mengharumkan nama Indonesia di ajang Piala AFF 2010.  Ini 100% pendapat pribadi aja yah.. Apa sih yang salah dengan penggunaan lambang Garuda di kaos timnas? Bukannya dengan adanya lambang Garuda di dada itu berarti mereka yang ada di timnas bangga jadi Indonesia dan bangga bisa berlaga di ajang internasional dengan membawa nama Indonesia? Bukannya dengan membawa lambang Garuda di dada itu berarti mereka akan makin semangat untuk main di lapangan hijau karna membawa nama besar Indonesia? Dan itu berarti Bang BePe dan kawan2 itu akan berusaha lebih keras untuk membuat semua warga Indonesia bangga? Pernah liat timnas maen di lapangan hijau? Pernah liat mereka rangkulan sambil nyanyiin lagi wajib INDONESIA RAYA? Pernah merhatiin ga kalo mereka sering mencium lambang Garuda yang ada di dada mereka setiap abis nyanyiin lagu INDONESIA RAYA? Pernah juga ga merha

Makanan Favorit di Setiap Masa "Ngidam"

Setelah bulan lalu saya gagal setoran karena kesulitan mencari waktu untuk menulis di sela-sela perubahan ritme kehidupan selama ramadan, bulan ini saya tidak mau lagi gagal setoran tulisan. Kebetulan tema tantangan blogging Mamah Gajah Ngeblog bulan ini adalah tentang makanan favorit.  Sebenarnya kalau ditanya apa makanan favorit saya, jujur bingung sih jawabnya. Karena saya bisa dibilang pemakan segala. Buat saya makanan hanya ada yang enak atau enak banget. Hehe… Jadi kalau disuruh memilih 1 makanan yang paling favorit sepanjang masa, ya susah. Makanya ketika beberapa minggu belakangan ini saya sering terbayang-bayang satu jenis makanan, saya jadi terinspirasi untuk menjadikan ini sebagai tulisan untuk setoran tantangan bulan ini. Iya, saya memang sedang sering ngidam. Ngidam kurang lebih bisa diartikan keinginan dari seorang ibu hamil terhadap sesuatu, umumnya keinginan terhadap makanan. Ngidamnya setiap ibu hamil juga beda-beda, ada yang ngidamnya jarang tapi ada juga yang sering

Mama sang Wonder Woman

Mama adalah segalanya.. Mama adalah Wonder Woman terhebat yang pernah ada di dunia ini.. :) Di keluargaku, dan sepertinya juga hampir sebagian besar keluarga, mama merupakan sosok yang sangat memegang peranan penting dalam urusan rumah. Segala urusan rumah dari mulai cuci baju, cuci piring, bersih-bersih rumah, masak, dan sebagainya itu semuanya mama yang urus.. Anggota keluarga yang lain seperti suami dan anak-anaknya mungkin juga ikut membantu, kadang bantu mencuci, bersih-bersih, ato urusan rumah lainnya. Tapi tetap saja kalau dihitung-hitung, pasti porsinya jauh sama yang biasa dikerjakan mama. Belakangan ini aku lebih sering ada di rumah. Dan dengan semakin seringnya ada di rumah, semakin aku mengerti sibuknya mama di rumah mengurus segala sesuatunya sendiri. Sebagai seorang anak, pastinya sudah jadi kewajiban aku untuk bantu mama dalam mengurus rumah yang juga aku tinggali. Dengan aku sering ikut membantu mama melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga, aku jadi tahu bah