Tuesday, November 30, 2010

Slalu Belajar

Setiap hari itu selalu belajar.
Harus bisa selalu dapet sesuatu yang baru untuk dipelajari.
Dari bayi, sampe nenek-nenek sekalipun masih terus belajar setiap harinya.
Ga ada orang di dunia ini yang bisa tau segalanya.
Selalu ada yang baru setiap harinya.
Tetep ada yang harus dipelajari dari hari ke hari.

sumber: Mama

Saturday, November 27, 2010

6th month Allchatboxrise

Yak,, terlambat ngepost..
Udah mulai ditulis dari kmaren sih sebenernya, tapi kepotong lain-lain sampe akhirnya baru bisa aq selesaikan hari ini dan baru bisa di posting hari ini juga..


Tau lagu ini?
Buat aq skarang, lagu ini pas banget sama apa yang aq rasain soal sahabat-sahabat baru sekaligus keluarga baru aq: allchatboxrise.. Mmmm,, termasuk baru apa ga ya? Udah 6 bulan sih mereka jadi bagian hidup aq, walaupun mungkin aq ga terlalu jadi bagian hidup mereka.. :D




Baru saja berakhir
Hujan di sore ini
Menyisakan keajaiban
Kilauan indahnya pelangi

Tak pernah terlewatkan
Dan tetap mengaguminya
Kesempatan seperti ini
Tak akan bisa di beli

Bersamamu kuhabiskan waktu
Senang bisa mengenal dirimu
Rasanya semua begitu sempurna
Sayang untuk mengakhirinya

Melawan keterbatasan
Walau sedikit kemungkinan
Tak akan menyerah untuk hadapi
Hingga sedih tak mau datang lagi


Janganlah berganti
Tetaplah seperti ini


Pas kan?
Kayanya apa yang aq rasain ini juga sama kaya apa yang mereka rasain.

Mereka merupakan keajaiban, dan kehadiran mereka seindah kilauan pelangi..
Aq selalu mengagumi mereka dengan kelebihan mereka masing-masing..
Kesempatan untuk ada bersama mereka itu tak akan pernah bisa dibeli..
Menghabiskan waktu bersama mereka adalah waktu-waktu yang sangat indah..

Friday, November 19, 2010

Indonesia yang (baru mulai) Sadar Budaya

Alhamdulillah, skarang ini Indonesia semakin melek sama urusan kebudayaannya. Walaupun agak terlambat sih, tapi seengganya usahanya itu mulai terlihat jelas, dan juga udah mulai memperlihatkan hasilnya. Batik dan angklung -yang sempet rame diberitain, udah diakui secara resmi di UNESCO sbagai kebudayaan dunia asal Indonesia. Bukti bahwa usaha Indonesia dalam mempertahankan kebudayaannya udah menunjukkan hasil positif. Walaupun masih jauh dari cukup, karna budaya Indonesia jelas bwanyaaaaaaakk bangetz!


Indonesia sebagai negara dengan banyak banget suku, jelas punya banyak banget juga jenis kebudayaan. Satu suku aja bisa punya banyak banget kebudayaan, dari mulai lagu, tarian, alat musik, baju, daaaaann banyak lagi. Kebayang kan gimana banyaknya kebudayaan Indonesia sebenernya? Tapi sayangnya orang-orangnya sendiri kurang sadar sama budayanya. Bahkan pemerintah yang harusnya sangat aware sama urusan beginian juga masih kurang kesadarannya. Baru deh, setelah sempet bermasalah sama negara tetangga, smw orang Indonesia sibuk deh ngurusin kebudayaannya.


Ga semua orang Indonesia ga peduli sama kebudayaannya ko. Ada juga orang-orang yang peduli dan berusaha melestarikan. Tapi klo dibandingin sama jumlah orang se-Indonesia ya mungkin masih kurang. Mungkin perlu lebih banyak tangan yang ikut melestarikan kebudayaan Indonesia kalo emank mau kebudayaan yang qta punya itu diakui penuh sama bangsa-bangsa lain.


Kebudayaan-kebudayaan qta tuh unik banget sebenernya, dan disukai banget sama orang di luar sana. Ga percaya? Aq udah pernah membuktikan betapa orang-orang di Eropa sana suka banget sama yang namanya angklung. Mereka terkagum-kagum liat angklung, terpana bingung ngeliat gimana sebilah bambu bisa menghasilkan nada-nada indah jadi sebuah lagu. Ga cuma angklung aja, mereka juga bilang klo baju-baju daerah Indonesia tuh unik. Trus mereka juga suka sama beberapa tarian-tarian asal Indonesia. Beneran deh..


Trus alhamdulillahnya lagi skarang pihak pemerintah, udah semakin mendukung kegiatan-kegiatan yang membudayakan budaya Indonesia. Pihak news pun udah makin sering menampilkan berita-berita bahwa orang ini pergi ke negara ini untuk memperkenalkan budaya ini (misalnya..). Berarti kan dengan banyaknya pemberitaan di media massa, kegiatan-kegiatan itu diekspos ke banyak mata yang akhirnya bisa aja ikut melestarikan budaya Indonesia (walau mungkin dengan caranya masing-masing).


Ini kemajuan bangeeeeett..


Knapa aq bilang gitu?

Wednesday, November 17, 2010

Tentang Dia si Masa Lalu

Tadi pagi ada percakapan singkat antara aq dan kaka aq. Percakapan yang singkat, tapi cukup mengejutkan sekaligus konyol berat!


Mba Iya: Cha, ada cerita soal Sa**.
Aq: Apaan?
Mba Iya: Kmaren gw ngobrol sama Si** (kakanya Sa** -red). Katanya, si Sa** teh sebel tau ngeliat kamu sama D***.
Aq: Hah?? Apa urusannya??
Mba Iya: Soalnya Sa** itu bilangnya, mau sama siapapun dya pacaran, ujung2nya mau nikahnya sama kamu..
Aq: Woooooootttttt??? (baca: What? -red)
Mba Iya: Hahahahahaha..
Aq: Serius?
Mba Iya: Iyaaaa.. Tapi trus gw bilang ke Si**, "Adekmu duluan kali yang mengkhianati ade aq.."
Aq: Hahahaha.. Ya,, emank gitu knyataannya.




Cukup segitu aja percakapannya. Ada lanjutannya sih, tapi intinya ya itu tadi. Oiya, itu namanya disensor bukan apa-apa sih, cuma ga pengen memperjelas identitas mereka2 aja! Hehehe..


Oke, berdasarkan percakapan yang mengejutkan namun konyol luar biasa tersebut, mari qta sedikit flashback..
Betul skali apa yang dibilang sama kaka aq soal Sa** duluan yang "mengkhianati" aq.


Buat Sa**:
Coba kamu inget2 siapa duluan yang berhenti menghubungi?
Coba kamu inget2 siapa duluan yang menghilang tanpa jejak?
Coba kamu inget2 siapa yang terus tiba2 punya pacar?
Kamuuuu..
Inget?


Bgini, aq ama dia emank ga pernah ada hubungan yang jelas, alias ga pernah pacaran. Tapi aq akui bahwa dia bisa dibilang adalah cinta pertama aq, yang bertahan dari kelas 4sd sampe kelas 2sma. Yap, 7 tauuuuunn.. Ga kurang lama ya? Hahaha.. Tapi slama 7taun itu ga pernah ada hubungan apa2. Jadi yaaaa,, aq ga berhak nyalahin dia juga klo dia tiba2 brhenti menghubungi, ato menghilang tiba2, ato lebih parahnya tiba2 punya pacar. Karna ya emank antara aq dan dia ga ada hubungan apa-apa.
Tapi tetep ajaaaaaa.. Namanya juga manusia, perempuan, pastilah sensitif. Kebayang gmana bingungnya aq pas dia menghilang? Dan kbayang gmana sakit atinya aq pas denger kabar bahwa dia punya pacar di sekolahnya?? Pengen nangis darah rasanya... Emank, aq ga berhak marah sama dia, karna aq bukan siapa-siapanya. Tapi plis deeeeeehhh.. Aq dan dia tu smsan tiap hari, beberapa kali dia ngaku sayang sama aq, dan kakaknya sendiri ngomong langsung ke aq klo dia (Sa**) suka sama aq! Dan trus dia tiba2 punya pacar di sekolahnya?? Maksud looooo??

Thursday, November 11, 2010

Pelajaran jadi Ibu: Ngurus Bayi

Ada apa tiba2 bikin blog tentang ngurus bayi??
Ga apa-apa sih.. Cuma buat mengingatkan aq sendiri aja, nanti2 kalo aq punya bayi, hal-hal ini harus aq inget! Hehehehe..


Ini pelajaran sebenernya aq dapet dari pengalaman nyata kakak aq ngurus bayi nya.. Ada beberapa kesalahan yang harus aq inget dan ga boleh sampe aq lakuin nanti ke anak aq! :D


1. Referensi
Cari referensi soal tips n trik ngurus bayi sebanyakbanyakbanyaknya. Jangan cuma terpatok sama 1 referensi aja. Rajin baca, mau itu baca majalah, buku, ato sumber2 laen (internet misalnya), dan bandingin satu sama lain. Karna yang namanya referensi itu suka beda satu sama lain, jadi ga boleh satu referensi ditelen bulet-bulet dan mengabaikan referensi laen. Harus penuh perbandingan


2. Dokter Anak
Rajin-rajin juga dateng ke dokter anak. Dateng ke dokter anak kayanya ga cuma kalo anaknya sakit ato anaknya mw divaksin. Cuma konsultasi aja juga kayanya ga masalah.. Yah, kalo biaya ke dokter dirasa cukup mahal ya ga usah dipaksa juga. Tapiiii,, pas lagi ada kesempatan ketemu dokter, tanyalah sebanyak-banyaknya.. Apa yang baek buat anak, apa yang ga baek buat anak, dan lain-lain soal tumbuh kembangnya anak. Trus, cari dokternya yang banyak ngomong, jangan yang diem-diem aja! Makin banyak tu dokter ngomong, harusnya juga kan makin banyak informasi yang didapet ama si ibu! Jadi pilihlah dokter yang bisa berkomunikasi dengan baik..


3. Harus kenal karakter bayi
Bayi tu sifatnya juga macem2 kaya orang gede. Ada bayi yang emang rewel, ada bayi yang ga terlalu rewel (kaya ponakan aq misalnya). Justru harus lebih ati2 sama bayi yg ga trlalu rewel. Kalo bayi yg rewel mah kan dya ga enak sedikit langsung nangis, jadi si ibu lama2 ngerti anaknya knapa. Tapi kalo bayi yg ga terlalu rewel, biasanya dya ga banyak nangis walopun ada yg ga enak. Kalo kaya gini, bisa2 ibunya tenang2 aja ngerasa anaknya baik2 aja, padahal mungkin ada sesuatu yg ga enak. Kalo dibiarin, bisa2 anaknya jadi kebiasaan ngerasa ga enak.
Kasus nyata keponakan aq sih gini.. Anaknya baeeeeeekk banget! Jadi walopun laper dya ga nangis kenceng2. Nah, si ibunya (a.k.a kaka aq :D) jadi ngasih ASI nya ga rutin waktunya. Ngasih makan pun kadang sering sedikit jumlahnya. Akhirnya, si anak jadi kebiasaan ngerasa laper, dan lama2 bakalan jadi susah makan! Nahloh,, repot kan buat ntar ke depannya?


4. Bikin ASI yang rasanya enak
Bayi juga dikasih indra perasa di lidahnya. Jadi, bikinlah ASI yang rasanya enak. Apa yang dimakan sama si ibu bakalan ada di ASI, jadi bakal dirasain juga sama si bayi. Kalo dari pengalaman kaka aq, dya selalu dibikinin aer rebusan kacang ijo sama mama, katanya biar ASInya ga cair, dan bisa bikin si anak lebih kenyang. Truuusss,, makanlah yang bener. Makan sehari 3x (minimaaaalll), dan makanannya juga harus makanan yang sehat. Jangan sekali2 makan pedes berlebihan, misalnya makan kerupuk seblak, gehu pedes, ato apapun yang pedesnya berlebihan! (itu contoh makanannya bandung banget ya? hehe..) Knapa? Karna bakalan bikin si anak sakit perut dan bakalan nangis meraung-raung semaleman! *Percayalah, ini beneran terjadi di rumah aq! :D Jadi makanlah makanan yang sehat, jangan makan-makanan dengan rasa2 yang lebay, jadi rasa ASInya enak dan si bayi bakal seneng minum ASI!

Monday, November 8, 2010

jalan kita

ini jalan kita
tak perlu mereka meributkannya
mungkin cara kita berbeda
tak seperti mereka

ini jalan kita
terserah orang berkata apa
biar mengalir apa adanya
kita tau kita benar

cinta kita cinta yang suci
takkan terganggu goda dan noda
cinta kita cinta yang murni
terjaga selalu dengan doa
indah cinta sepanjang masa
indah cinta pada waktunya

memang bukan cinta biasa
cinta kita luar biasa







by ecHa

*ini juga sebenernya lagu.. tapi lagi2 musiknya biar aq aja yang tau.. :)


berbagi cinta

indahnya mencintai
indahnya menyayangi
berikan apa yang ada di hati
berdua lewati hari-hari

kuingin diriku
warnai duniamu
selalu

berbagi rasa berbagi kasih
temukan kebahagiaan bersamamu
berbagi kisah berbagi janji
halangan rintangan hadapi denganmu
suka duka kau tetap di hatiku

indahnya dicintai
indahnya disayangi
hapuskan luka di masa lalu
wujudkan mimpi tanpa meragu

kuingin dirimu
warnai duniaku
selalu


suka duka kita tetap menyatu




by ecHa.. :)

*ini sebenernya lagu.. musiknya gimana biar aq ajalah yang tau.. :D

Monday, November 1, 2010

Kekaguman menambah "rasa".. :P

Aq kenal sama dia sebenernya udah sejak kecil, sejak SD..
Mmm,, tapi kenal yang ini tu dalam artian "tau aja", yang maksudnya aq tau dia ada, tapi ga lebih dari itu. Yah, mungkin suka maen bareng sama temen2 yang laen, maen ucing sumput, ucing kup, cipol, ato maenan anak SD saat itulah.. Tapi aq ga pernah deket sama dia, ya cuma tau dia ada, tau namanya, udah. Ga pernah ngobrol, jadi ga pernah tau juga dia orangnya kaya apa..


Terus, sekitar akhir kelas 2 ato awal kelas 3 SMA, barulah aq mulai kenal sama dia. Nah kalo kenal yang ini tu dalam artian mulai sering berkomunikasi sama dia, mulai tau dia orang seperti apa, dan mulai "deket" sama dia. Sampe akhirnya pas pertengahan kelas 3 SMA terciptalah sebuah status, yang sampe sekarang ga berubah, udah ampir 5 taun..


Sejak lebih mengenal dia, ada banyak hal yang bikin aq cukup kagum sama dia. Dan semakin aq mengenal dia, semakin banyak lagi hal yang bikin aq kagum sama dia.


Dia itu anak pertama dari 3 bersaudara yang isinya cowo semua. Keluarganya sama sekali bukan keluarga yang berkelimpahan harta, dan hidupnya penuh kesederhanaan. Mungkin ini yang akhirnya mendidik dia jadi seperti sekarang. Teori dasar perkembangan manusia yang semua orang tau: seorang manusia tumbuh dan berkembang sesuai dengan lingkungannya dan dibentuk oleh lingkungannya. Dia yang sejak kecil mungkin udah diajar hidup "susah" dan sesederhana mungkin akhirnya membentuk dia jadi orang yang sederhana juga. Ga macem-macem, ga neko-neko.. Dia juga akhirnya tumbuh jadi orang yang sabaaaaar banget. Dan aq juga ngerasa dia sangat dewasa..


Dibandingan sama aq yang kadang pemikirannya masih childish, secara emosi juga masih suka labil, dia jelas jauh lebih dewasa. Sering aq menunjukkan emosi berlebihan sama dia (yang sebenernya ga perlu), dan dia menanggapi dengan sangat sabar, luar biasa sabar malah.. Cara dia menyikapi masalah tu dewasa. Ga kaya aq yang kadang masih suka pake emosi, dia ampir selalu mengesampingkan emosinya. Dan sikapnya ini sering banget bikin aq mikir bahwa cara aq salah. Ya, secara ga langsung dia ngajarin aq gimana harusnya mengambil sikap dalam ngehadapin masalah.
Dia sangat bisa mengimbangi aq yang moody dan gampang bete, jadi dalam hubungan qta selama ini ga pernah tuh ada bertengkar yang dua-duanya pake emosi. Kalo aq lagi bete dia selalu berusaha nenangin aq dulu baru qta akhirnya ngomong baek2 tanpa emosi. Dia juga bukannya ga pernah bete, tapi betenya dia ga pernah lebay yang sampe bisa nyulut emosi aq juga. Dia lebih sering bisa menenangkan dirinya sendiri tanpa bantuan aq, ga kaya aq yang ampir selalu butuh dia untuk menenangkan diri! Hehe..