Langsung ke konten utama

Long Journey to Graduate (part 3)

Keluar dari ruangan Pak BN setelah bimbingan itu rasanya kecewa. Kenapa? Karena lagi-lagi judul aku dianggep ga bagus. Catet: JUDUL! Yang dibaca emang cuma judul. Katanya, kebijakan itu sulit. Bakalan banyak muncul pertanyaan nantinya. Tapi seperti biasa, Pak BN itu ga memberi solusi. Ujung-ujungnya pasti bilang: "Semuanya terserah anda, kalo anda merasa yakin silakan lanjutkan saja" Aku jawab dalem hati: "Bapak ngomong begini ya gimana saya bisa yakiiiiinn?" Hhhhh..


Di rumah, aku berpikir lagi. Dengan topik yang aku pilih sekarang tuh aku udah tau mau ngapain. Aku udah tau mesti nyari data ke mana, ngapain, pokonya udah kebayang deh mesti ngapain ngumpulin data dan analisisnya. Kalau aku harus ngerubah semuanya lagi, bakalan ribet lagi. Bakalan bikin aku males lagi, dan pastinya "LULUS" jadi makin jauh juga. Akhirnya setelah dipikir2, aku memutuskan untuk hanya mengubah judul aja. Kan si bapak tadi cuma baca judulnya aja tuh, jadi asal judulnya udah berubah kayanya ga akan masalah. Akhirnya aku mengubah judul TA aku menjadi ........ *lupa*


Inti dari topik TA yang aku pilih adalah, melihat kebijakan mengenai Terminal Cicaheum, terus disesuaikan sama kondisi Terminal Cicaheum itu sendiri. Jadi akan diambil kesimpulan apakah Terminal Cicaheum masih memiliki kelayakan atau ga dalam melayani transportasi massal Kota Bandung. Dan akan coba dimunculkan rekomendasi juga seperti apa seharusnya Terminal Cicaheum memegang peranan dalam transportasi massal Kota Bandung.


Apapun itu judulnya, beberapa hari kemudian aku ketemu lagi sama Pak BN. Apa muncul pertanyaan kenapa ngubah judul aja perlu beberapa hari? Ga, ngubah judul mah cuma beberapa menit. Nyari Pak BN nya yang beberapa hari!


Pas ketemu Pak BN itu, diliat-liatlah proposal aku tanpa banyak komentar. Akhirnya Pak BN hanya bilang, "Kalau anda sudah merasa yakin sama apa yang akan anda studi, silakan langsung cari data saja." Aku dikasih komentar begitu agak bingung. Ini sebenernya proposal aku diterima ga sih? Kok setengah-setengah gitu? Tapi ya sudahlah, udah disuruh nyari data, ga usah buang-buang waktu lagi. Ini udah nyaris setaun sejak aku mulai bikin proposal untuk mata kuliah metode penilitian. Aku langsung minta tandatangan pembuatan surat survei untuk administrasi. Abis itu aku langsung ngurus surat ke TU, terus ke kesbanglinmas Jabar. 


Sambil nunggu proses disposisi yang kadang berputar-putar, aku mulai cari data di tempat yang ga perlu surat-suratan: BPS. Nongkrongin BPS buka-buka semua buku statistik terkait. Setelah proses surat menyurat perijinan di kesbanglinmas selesai, mulailah aku nyari data ke dinas terkait: Dishub Kota di Leuwi Panjang. Aku ke Leuwi Panjang, tapi ternyata disposisinya lama lagi. Berhubung itu hari Jumat jadi aku baru bisa nembus cari data hari Seninnya. Hari seninnya baru deh aku bisa mulai wawancara dan cari data di sana. Orang-orang dishub yang aku mintain bantuan alhamdulillah baik-baik. Bahkan data sekunder yang aku butuh mereka yang fotocopy-in di luar kantor, dan sambil nunggu aku diajak ngobrol panjang lebar ngalor ngidul.


Setelah dapet data-data dari Dishub, aku melanjutkan pencarian data ke Terminal Cicaheum. Di sini aku ngambil data sekunder, tapi lebih banyak ngambil data primer. Pertama ketemu sama orang dishub di Terminal Cicaheum, sedikit wawancara dan minta data sekunder. Abis itu baru aku minta ijin buat ngambil data primer alias nongkrongin terminal. Waktu ngobrol sama petugas dishub yang ngurusin bus, ga terlalu nyaman. Soalnya orangnya ga asik. Pertama udah tua, trus kaku, galak, ga asiklah pokonya. Makanya aku ga terlalu berlama-lama. Tapi pas ngobrol sama petugas dishub yang ngurusin angkot mah asik. Masih muda sih, jadi malah diajak ngobrol. Informasi yang dikasih juga banyak tanpa diminta, maksudnya aku tanya sedikit jawabannya panjang dan malah menjawab pertanyaan yang belum dilontarkan. Jadilah malah lebih lama ngobrolin angkot. Padahal Terminal Cicaheum kan lebih terminal bus daripada angkot.


Dari ngobrol2 itu aku mulai mengumpulkan data primer. Ngitungin jumlah bus dan angkot yang masuk dan keluar terminal, ngambil foto aktivitas terminal sebanyak mungkin, nongkrongin jembatan penyeberangan biar bisa ngeliat terminal lebih jelas, pokonya jadi makhluk terminal lah! Agak serem juga sebenernya, secara terminal itu kan tempat yang rame banget sama orang dengan berbagai jenis, takut aja kalo ada yang jail ato jahat. Apalagi aku udah beberapa kali lah berurusan sama orang jahat alias copet, jadi makin deg-degan. Tapi alhamdulillah ga pernah ada yang aneh-aneh. Asal waspada aja sih sebenernya. Aku beberapa kali maen-maen di Terminal Cicaheum untuk ngumpulin data sebanyak dan selengkap mungkin. Akhirnya data-data pun terkumpul dan aku mulai meng-input dan mengolah data-data itu semua ke dalam word yang berjudul bab 3. Butuh waktu cukup lama sampe akhirnya aku bisa menghasilkan bab 3 dan bab 4 yang -saat itu aku rasa- udah bisa dibimbingkan ke sang dosen pembimbing. Sekitar 2 bulan setelah aku mulai cari data, baru aku balik lagi ke dosen pembimbing.


Ada yang mau bertanya kenapa butuh 2 bulan sampe aku bisa ke dosen pembimbing? Ini masalah gangguan internal dan eksternal. Gangguan internalnya? Mood aku yang naek turun dan tingkat kemalasan aku yang luar biasa tinggi *entah karna apa*. Gangguan eksternal? Pertama gangguan dari Argha: aku suka ga tahan ngeliat dia maen sendirian. Da anak sekecil itu kasian kan kalo disuruh maen sendirian aja, sedangkan mama dan eyangnya pada sibuk. Jadilah aku yang sering ikutan maen *sambil ngejagain* bocah kecil itu. Gangguan kedua: gangguan modem. Kan ngerjainnya pasti pake pc nih yaa.. Dan pc itu terkoneksi dengan modem yang selalu nyala. Suka ga tahan gitu buat ngeklik mozilla firefox, terus ngetik twitter.com/facebook.com/blogger.com/situs-situs non akademik lainnya! Suka malah banyakan onlinenya daripada ngetik skripsi! Haha.. Dan gangguan ketiga: gangguan plants.vs.zombie/angry birds. Hahaa. Sering ga tahan juga liat lambang mereka di desktop. Sayang gitu kalo ga diklik! :D
Iyaaaa,, semuanya emang salah akuuu.. Sadar ko!


Ooooohh,, sempet ada gangguan dari sebuah fan fiction juga! Jadi aku sempet "terjerumus" buat baca sebuah fan fiction yang emang bagus banget, tapi panjang banget! Jadi itu adalah sebuah cerita fiksi yang ditulis di blog, dan panjaaaaaaang banget. Sampe 35 part (bahkan 1 part nya pun ada yang dipecah jadi a-b). Pertama kali aku baca tuh di blog itu udah sampe part 20-an. Jadi pernah aku bahkan sampe begadang semaleman saking ga bisa berhenti baca fan fiction itu! Padahal kalo ngerjain skripsi boro-boro sampe begadang semaleman gitu! Emang baca cerita fiksi itu lebih menyenangkan daripada menghadapi dunia nyata. *eh? :p


Kembali lagi ke cerita aku balik ke kampus. Di sinilah ujian yang sebenernya dari seluruh proses pengerjaan skripsi aku. Apa? Ujian S.A.B.A.R. Ujian ini dateng dari sang dosen pembimbing: Pak BN. Entah apa yang sebenernya dilakukan si bapak, tapi beliau bener-bener amat sangat susah ditemui. Sering banget aku pulang ke rumah tanpa hasil, alias sama sekali ga ketemu sama si bapak. Dateng jam 10 lagi dan baru ketemu jam 4 / 5 itu udah biasa. Nunggu 6 jam tapi ketemu cuma 10 menit juga udah biasa. Padahal aku terus-terusan nongkrong di lante 4,tempat ruangannya Pak BN. Tapi Pak BN jarang banget terlihat. SMS ga dibales itu udah jadi makanan sehari-hari. Telepon ga diangkat juga. Pokonya belajar sabar banget banget banget deh.. Tapi ya apa mau dikata, nasib skripsi aku ada di tangan beliau itu. Aku ga bisa minta macem-macem juga kan? Dosen adalah raja tak terbantahkan kalo udah urusan skripsi mah. Dan sekarang aku mengambil kesimpulan bahwa pelajaran terbesar dari seluruh rangkaian proses aku bikin skripsi bukanlah tentang gimana sebenernya kelayakan Terminal Cicaheum, bukan juga gimana caranya menghasilkan karya ilmiah yang baik, tapi pelajaran terbesar yang aku dapat adalah: bagaimana caranya menjaga emosi dan bersabar dalam menghadapi berbagai jenis masalah. Percayalah bahwa kesabaran akan berujung pada suatu yang baik.

Kepake banget kan dalam hidup di masa mendatang?? :))





..to be continued *lagi*..

Komentar

Popular Posts

Garuda di Dada Timnas -> Salah??

Ada yang mempermasalahkan penggunaan lambang Garuda di kaos timnas Indonesia. Padahal, timnas Indonesia sendiri lagi berjuang mengharumkan nama Indonesia di ajang Piala AFF 2010.  Ini 100% pendapat pribadi aja yah.. Apa sih yang salah dengan penggunaan lambang Garuda di kaos timnas? Bukannya dengan adanya lambang Garuda di dada itu berarti mereka yang ada di timnas bangga jadi Indonesia dan bangga bisa berlaga di ajang internasional dengan membawa nama Indonesia? Bukannya dengan membawa lambang Garuda di dada itu berarti mereka akan makin semangat untuk main di lapangan hijau karna membawa nama besar Indonesia? Dan itu berarti Bang BePe dan kawan2 itu akan berusaha lebih keras untuk membuat semua warga Indonesia bangga? Pernah liat timnas maen di lapangan hijau? Pernah liat mereka rangkulan sambil nyanyiin lagi wajib INDONESIA RAYA? Pernah merhatiin ga kalo mereka sering mencium lambang Garuda yang ada di dada mereka setiap abis nyanyiin lagu INDONESIA RAYA? Pernah juga ga merha

Makanan Favorit di Setiap Masa "Ngidam"

Setelah bulan lalu saya gagal setoran karena kesulitan mencari waktu untuk menulis di sela-sela perubahan ritme kehidupan selama ramadan, bulan ini saya tidak mau lagi gagal setoran tulisan. Kebetulan tema tantangan blogging Mamah Gajah Ngeblog bulan ini adalah tentang makanan favorit.  Sebenarnya kalau ditanya apa makanan favorit saya, jujur bingung sih jawabnya. Karena saya bisa dibilang pemakan segala. Buat saya makanan hanya ada yang enak atau enak banget. Hehe… Jadi kalau disuruh memilih 1 makanan yang paling favorit sepanjang masa, ya susah. Makanya ketika beberapa minggu belakangan ini saya sering terbayang-bayang satu jenis makanan, saya jadi terinspirasi untuk menjadikan ini sebagai tulisan untuk setoran tantangan bulan ini. Iya, saya memang sedang sering ngidam. Ngidam kurang lebih bisa diartikan keinginan dari seorang ibu hamil terhadap sesuatu, umumnya keinginan terhadap makanan. Ngidamnya setiap ibu hamil juga beda-beda, ada yang ngidamnya jarang tapi ada juga yang sering

Mama sang Wonder Woman

Mama adalah segalanya.. Mama adalah Wonder Woman terhebat yang pernah ada di dunia ini.. :) Di keluargaku, dan sepertinya juga hampir sebagian besar keluarga, mama merupakan sosok yang sangat memegang peranan penting dalam urusan rumah. Segala urusan rumah dari mulai cuci baju, cuci piring, bersih-bersih rumah, masak, dan sebagainya itu semuanya mama yang urus.. Anggota keluarga yang lain seperti suami dan anak-anaknya mungkin juga ikut membantu, kadang bantu mencuci, bersih-bersih, ato urusan rumah lainnya. Tapi tetap saja kalau dihitung-hitung, pasti porsinya jauh sama yang biasa dikerjakan mama. Belakangan ini aku lebih sering ada di rumah. Dan dengan semakin seringnya ada di rumah, semakin aku mengerti sibuknya mama di rumah mengurus segala sesuatunya sendiri. Sebagai seorang anak, pastinya sudah jadi kewajiban aku untuk bantu mama dalam mengurus rumah yang juga aku tinggali. Dengan aku sering ikut membantu mama melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga, aku jadi tahu bah