Langsung ke konten utama

Long Journey to Graduate (part 6)

Beberapa saat kemudian Pak BN muncul di pintu, nyuruh aku masuk. Baru dua langkah aku masuk, Pak BN langsung ngasih draft sidang aku yang dicoret-coret Pak Iwan dan Pak Miming sambil bilang “Anda dinyatakan lulus, tapi untuk nilainya nanti diberitahu setelah Anda memperbaiki tugas akhir ini sebagai buku hitam.” Pak BN pun pergi meninggalkan ruangan.


Alhamdulillahirobbilalamiiiiiinnn.. Akhirnya L.U.L.U.S!!! \(^o^)/



Jujur aku mah mau nilainya apapun ga terlalu peduli, yang penting lulus! Da alhamdulillah IPK juga udah nyampe 3 mah! :D Jadi Pak BN bilang nilai nanti juga bodo amat, yang penting udah lulus! Abis itu bebereslah aku, terus langsung keluar menuju TU. Nyampe TU langsung disambut ucapan “selamat ya” dari Bu Nunung. Rasanya leeeggaaaaaaa banget! Sama Bu Nunung lalu dikasih selembar kertas, yang di atasnya tercetak judul DATA WISUDAWAN. Ngeliat kertas itu disodorin ke tangan aku aja rasanya seneng banget! Susah diungkapin deh, beneran. Mungkin karena terlalu lama kali ya aku menunggu momen ini. Rencana awal wisuda Juli 2010, akhirnya malah wisuda Oktober 2011. Jauh ya? :D Tapi beneran, baru dikasih selembar kertas berjudul Data Wisudawan yang harus aku lengkapi sebagai awal pengurusan administrasi wisuda tuh rasanya kaya udah bebas dari satu beban berat! How does it feel? You must try it yourself! Hahaa..

Setelah dijelasin tetek bengek yang harus diurus untuk wisuda, aku keluar dari TU dengan wajah berseri-seri, dan langsung menuju mushola. Entah kenapa rasanya mushola lebih afdhol buat bersyukur sama Allah. Padahal aku ga sholat, cuma pengen bersyukur pake hati aja, tapi mushola rasanya bikin aku lebih deket sama Allah. *cailaaaaahh,, padahal Allah kan ada di mana-mana, cha! :p Di musholla lamaa, sambil ngesms banyak orang memberi kabar bahagia itu *akhirnya*.

Berhubung masih ada yang perlu direvisi dari skripsi aku, jadi aku masih harus memperbaiki si skripsi aku dulu. Yang aku revisi sebenarnya ga terlalu banyak sih, jadi ngerjainnya juga tenang. Plus, L.U.L.U.S udah di tangan, jadi udah ga ada beban berat gimanaaa gitu. Tapi,, masih dong harus menghadapi kesulitan bertemu Pak BN. Setelah beberapa hari ngerevisi, balik lagilah aku ke Pak BN untuk menunjukkan hasil revisi aku. Untuk revisi kali ini cuma sekali aku dateng ke kampus dan pulang tanpa membawa hasil, alias ke kampus tapi ga ketemu Pak BN. Besoknya aku ke kampus lagi, ketemu deh.

Pas ngasih revisi, tumben-tumbenan banget dibaca dong si skripsi aku! Biasanya kan cuma dibolak balik, sekarang dibaca. Alhasil, ditemukanlah kalimat-kalimat yang menurut Pak BN agak aneh. Penyusunan kalimat yang aneh, SPOK-nya ngaco kayanya. Harap maklum, itu skripsi ada yang udah diketik dari setaun lalu, jadi aku pun udah ga inget pernah ngetik kalimat kaya gitu! :D Tapi itu kan udah dari dulu, pak. Kenapa ga dari dulu protesnyaaa?? *seperti biasa, aku cuma protes dalem hati! Hahaa.. Terus Pak BN juga komentar soal hasil printing yang beda-beda, kadang tipis kadang tebel, kadang ada garis-garis tipisnya. Tapi ya soal itu mah akibat printernya yang labil, bukan akunya kan? Nah, setelah Pak BN ditemukan berbagai keganjilan di skripsi aku, aku pun bertanya: "Jadi, harus saya perbaiki dulu ya, pak?" Jawabannya apa coba? "Ya terserah Anda. Anda kan sebenarnya sudah dinyatakan lulus. Ini hanya masalah dokumentasi. Kalau Anda merasa tidak masalah jika skripsi Anda yang akan dipajang di perpustakaan seperti ini ya itu hak Anda." Aku pun bengong. Kok ga tegas begini sih? Terus aku pun keluar dari ruangan, dan berpikir, haruskah aku memperbaiki apa yang Pak BN bilang itu? Akhirnya aku memutuskan, perbaiki sebagian kecil saja! Hahaa.. Masalahnya adalah, aku udah nyiapin revisi itu 3 rangkap, siap untuk dijilid menjadi buku hitam. Kalau aku perbaiki dulu, harus di-print lagi. Sedangkan printer rumah lagi kumat, dan kalo ngeprint di luar pastinya membutuhkan uang lumayan, padahal dompet lagi tipis. Nah, daripada ribet dan ngeluarin uang lagi, plus waktu pengumpulan juga udah agak mepet, jadi diputuskanlah bahwa aku bakal memperbaiki yangn penting-penting aja, ga semua yang disebut Pak BN barusan. Langsunglah saat itu juga aku ke labscan lantai 5 buat benerin kalimat-kalimat aneh, trus langsung ke rental printing di Salman, dan print ulang beberapa halaman yang perlu diubah. Itu aja lumayan loh bayarnya. Udah gitu si revisian langsung aku masukin ke tempat penjilidan.


Dari sana aku masuk lagi ke kampus untuk ngurus berbagai urusan administrasi wisuda. Aku ke perpus pusat yang ada di ujung utara kampus buat minta cap bebas pinjam, padahal gedung plano ada di ujung selatan kampus. Nyampe sana minta cap bebas pinjamnya gampang, udah gitu aku langsung keluar buat menuju bank BNI yang ada di deket gedung plano untuk ngurus penutupan rekening. Udah mau sampe bank BNI, baru aku sadar sama kartu perpustakaan aku: NIMnya salah! Bapak di perpus pusat tadi salah nge-cap, jadi NIM aku salah! Lalu balik lagilah aku ke perpus pusat, terus balik lagi ke bank BNI. Lumayan juga cape jalan selatan-utara-selatan-utara-selatan, karena dari selatan ke utara itu nanjak, jadi banyak tangga. Tapi, walaupun cape, aku sangat menikmati! Kenapa? Pertama, karena apa yang aku urus adalah untuk administrasi wisuda! W.I.S.U.D.A! Ya hati berasa entenglah yaaa.. Kedua, sejak semester-semester akhir kuliah kan aku jarang banget jalan-jalan di sekitar kampus, cuma muter-muter aja di sekitaran gedung plano, karena kuliahnya cuma ngambil kuliah jurusan sendiri aja. Jadi, jalan-jalan ke perpus pusat, ngelewatin banyak gedung jurusan lain tu kaya sambil nostalgila masa-masa awal kuliah, pas masih kuliah di GKU (Gedung Kuliah Umum -red), masih ngambil kuliah-kuliah umum, kuliah di gedung jurusan lain, nongkrong di comlabs, makan siang di kantin yang jauh-jauh. :)

Besoknya aku balik lagi ke kampus untuk ngambil jilidan buku hitam dan ngumpulin! Sampe tamansari, tempat fotocopy-nya, aku langsung minta skripsi aku. Begitu dikasih, bengonglah aku. Skripsi aku dijilid soft cover. Lah, mana ada skripsi soft cover coba? Kan? Aku langsung protes dan ngasih bukti pesanan aku, yang ditulis  sendiri sama si mas yang berdiri di depan aku saat itu. Dia pun bengong "Oh iya, salah". Aku pun bilang, "Mas, ini mau saya kumpulin hari ini loh!" Untungnya dijawab "Ya udah nanti jam 4 aja ambil lagi". Untung bisa cepet dibenerin. Aku terus pergi ngurus administrasi yang lain, nanya ke annex, bayar iuran wisuda ke BNI, balik ke kampus ngasih persyaratan ke TU, dan bengong di Salman nunggu jam 4. Jam 4 kurang seperempat aku balik lagi ke tempat fotocopy, dan alhamdulillah skripsi aku selesai dijilid hard cover, walaupun tinta emas di covernya agak kurang oke cetakannya. Tapi ya sudahlah, yang penting jadi dan bisa dikumpulin. Nerima buku hitam itu juga rasanya ga bisa diungkapin. Itu kaya jadi semacam bukti perjuangan aku menghadapi segala halang rintang dalam menyusun skripsi. Aku tersenyum simpul ngeliatin buku hitam itu ada di tangan aku, tapi dalem hati tersenyum lebar. *oke, mulai berlebihan lagi ya? :D Tapi beneran, susah diungkapin betapa leganya aku ngeliat buku hitam dengan nama aku tercetak di covernya. :)) 3 buku hitam itu aku bawa ke kampus, yang 2 diserahkan ke TU, yang satu buat dokumentasi aku. Harusnya, buku hitam itu ditandatangan dulu sama pembimbing dan KaProdi. Tapi berhubung aku agak males ribet nyari-nyari Pak BN lagi, akhirnya aku titip aja ke TU! :D

Oiya, walaupun ga dikasitau nilainya secara resmi sama Pak BN, aku tau juga akhirnya nilai akhir TA aku apa. Kan waktu ngurus administrasi wisuda itu sama Bu Wati di TU disuruh tandatangan semacam transkrip nilai gitu, dan di sana, di samping judul mata kuliah TUGAS AKHIR tercetak 2 huruf: AB. Alhamdulillaaaaaahhh,, AB mah ga jelek kan yaa? Aku kira malah maksimal B! Alhamdulillaaaahh.. Pas bilang ke papa mama juga mama langsung komentar, "Oh, baek juga ternyata Pak BN kalau ngasih nilai segitu." Alhamdulillaaaahh.. :))


Singkat cerita, akhirnya beres juga semua syarat-syarat wisuda. Selesai urusan administrasi wisuda,, tinggal nunggu harinya! Sama nunggu jadwal dari HMP (Himpunan Mahasiswa PangriptaLoka -red) dan annex untuk ngambil toga! :)) Tapi, aku masih agak khawatir sama wisudaan kali ini yang mungkin sepi 2006. Sampe saat itu yang udah fix wisudaan baru aku sama Ika, dan masih ada 4 pria yang berjuang untuk bisa wisuda Oktober: Donald, Andro, Ican, Nanda. Aku sangat sangat sangat berharap mereka berempat bisa wisuda oktober juga, bareng sama aku. Makin rame kan makin seru, apalagi kalo ada Ican juga wisuda oktober. Secara dia kan ketua angkatan yang sangat disayang, pasti wisuda bakalan jadi seru kalo ada dia. Jadi sambil ngurus administrasi wisuda sambil doain mereka juga biar wisuda Oktober.


Ternyata mereka ber-4 berhasiiiilll!! Mereka masih sempet daftar wisuda Oktober, dan akhirnya yang wisuda Oktober ini untuk angkatan 2006 ada 6 orang: aku, Ika, Andro, Donald, Ican, dan Nanda! Yeeaayy!! Ga banyak emang, tapi cukup untuk bikin wisuda jadi rame! Nah, kebiasaannya wisudaan di HMP kan di malam syukuran wisuda himpunan selalu ada acara persembahan dari temen-temen satu angkatan untuk temen2 angkatannya yang lulus dan diwisuda, dan/atau sebaliknya. Dan selalu jadi surprise. Entah apa yang disiapkan temen-temen 2006 untuk wisudawan oktober, tapi kali ini Ican juga punya ide untuk bikin video persembahan dari wisudawan untuk temen-temen 2006 yang udah terus mendukung kita untuk lulus. Nah, sambil menunggu harinya wisuda, kita ber-6 kan kosong ga ngapa-ngapain yah. Jadi waktunya kita manfaatkan untuk shooting video persembahan itu. Aku ikut terlibat dalam beberapa videonya, tapi ga cukup jauh terlibat dalam proses editingnya. Itu yang ngerjain mah 4 pria itu aja. Ika malah lebih jarang terlibat, berhubung dia lebih sering ada di bekasi daripada bandung. Kita sempet shooting di kampus, bahkan sampe PVJ segala! Jujur, aku sangat-sangat menikmati jam-jam bersama mereka. Walaupun seringnya aku perempuan sendirian di antara 4 pria itu, tapi aku seneng. Karena rasanya udah lama banget aku ga ngobrol panjang ngalor ngidul sama mereka kaya gitu. Sejak mulai terjun ke dunia tugas akhir aku jadi jarang ngampus, jadi juga jarang ngumpul sama mereka. Dan kumpul sama mereka berjam-jam rasanya kaya balik lagi ke masa kuliah, kangen sama temen-temen 2006! :))


Hari pengambilan toga jadinya hari kamis, 2 hari sebelum wisuda. Hari itu aku janjian sama wisudawan 2006 yang lain, buat ngambil toga bareng pagi-pagi, terus lanjutin shooting terakhir, ikut gladi resik wisuda di sabuga, trus ikutan photo session toga sama himpunan. Penuh ya jadwalnya? Hehe.. Paginya jam setengah 9 aku nungguin anak-anak itu di annex. Begitu mereka muncul langsung kita ambil toga dan tandatangan ijazah. Begitu dapet toga, rasanyaaaaa.. Gitu deh, luar biasa! :D Akhirnya, aku bisa juga pakai toga ini sebagai wisudawan bener-bener, bukan nyobain pake toga punya mba ipop dulu! :) Lama deh kita nongkrong di annex cuma buat nyobain toga! Padahal ga usah dicobain juga semuanya sama, ukurannya kebesaran! Tapi ya itu, kayaknya ada euforia tersendiri di diri masing-masing wisudawan saat menerima toga untuk dipakai 2 hari lagi! :)


Abis puas nyobain toga terus kita jalan ke PVJ buat shooting lagi. Sebentar aja di PVJnya, tapi cukup menggila dan agak memalukan! Hahaa.. Dari PVJ kita lanjut ke sabuga untuk gladi resik wisuda. Pas gladi resik itu kan wisudawannya udah nyobain rangkaian prosesi wisuda, dari mulai rektor masuk sampe rektor keluar lagi. Dicobain juga nyanyi Indonesia Raya sampe baca janji wisudawan. Ini baru gladi resik loh, tapi rasanya agak gimanaaaa gitu. Ga sabar pengen beneran di dalem sabuga ini dengan toga, dan keluar dengan bawa ijazah! :O


Keluar dari sabuga kita foto-foto dulu buat dimasukin ke video persembahan kita itu. Terus langsung deh kita cabut lagi ke kampus untuk ikutan photo session sama HMP. Photo sessionnya itu pake toga. Jadi ada yang sendiri-sendiri, ada yang barengan semua wisudawan. Lokasinya ada 2, yang pertama di gerbang depan, di tugu tulisan Institut Teknologi Bandung yang ada lambang ganeshanya. Yang kedua di Indonesia Tenggelam. Di indonesia tenggelam yang sendiri-sendirinya mah di tulisan Teknik Planologinya, yang barengnya baru ngelilingin si Indonesia tenggelam. Berhubung kolamnya lagi kering, jadi ada yang sampe masuk ke kolamnya pas foto bareng. Photo sessionnya agak lama ternyata, baru beres pas udah gelap dan ga memungkinkan lagi buat foto-foto dalam gelap. 2006 nya udah pada cabut duluan, cuma tinggal aku sama Ican. Berhubung udah cukup gelap, Ican berbaik hati nganter aku balik dulu. Padahal dia mau balik lagi ke kosan Nanda buat finishing video persembahan itu. Tapi Ican emang begitu ko, gabisa liat cw balik malem sendirian. Semua cw 2006 kayanya udah pernah dianter balik sama dia! :) Selesailah hari Kamis itu, untuk besok (Jumat) mulai menjalani rangkaian wisuda sampe hari Sabtu! :D


*senaaaaaaang*




...bersambung...
rangkaian wisudanya next part yaaaa.. :))

Komentar

Popular Posts

Garuda di Dada Timnas -> Salah??

Ada yang mempermasalahkan penggunaan lambang Garuda di kaos timnas Indonesia. Padahal, timnas Indonesia sendiri lagi berjuang mengharumkan nama Indonesia di ajang Piala AFF 2010.  Ini 100% pendapat pribadi aja yah.. Apa sih yang salah dengan penggunaan lambang Garuda di kaos timnas? Bukannya dengan adanya lambang Garuda di dada itu berarti mereka yang ada di timnas bangga jadi Indonesia dan bangga bisa berlaga di ajang internasional dengan membawa nama Indonesia? Bukannya dengan membawa lambang Garuda di dada itu berarti mereka akan makin semangat untuk main di lapangan hijau karna membawa nama besar Indonesia? Dan itu berarti Bang BePe dan kawan2 itu akan berusaha lebih keras untuk membuat semua warga Indonesia bangga? Pernah liat timnas maen di lapangan hijau? Pernah liat mereka rangkulan sambil nyanyiin lagi wajib INDONESIA RAYA? Pernah merhatiin ga kalo mereka sering mencium lambang Garuda yang ada di dada mereka setiap abis nyanyiin lagu INDONESIA RAYA? Pernah juga ga merha

Makanan Favorit di Setiap Masa "Ngidam"

Setelah bulan lalu saya gagal setoran karena kesulitan mencari waktu untuk menulis di sela-sela perubahan ritme kehidupan selama ramadan, bulan ini saya tidak mau lagi gagal setoran tulisan. Kebetulan tema tantangan blogging Mamah Gajah Ngeblog bulan ini adalah tentang makanan favorit.  Sebenarnya kalau ditanya apa makanan favorit saya, jujur bingung sih jawabnya. Karena saya bisa dibilang pemakan segala. Buat saya makanan hanya ada yang enak atau enak banget. Hehe… Jadi kalau disuruh memilih 1 makanan yang paling favorit sepanjang masa, ya susah. Makanya ketika beberapa minggu belakangan ini saya sering terbayang-bayang satu jenis makanan, saya jadi terinspirasi untuk menjadikan ini sebagai tulisan untuk setoran tantangan bulan ini. Iya, saya memang sedang sering ngidam. Ngidam kurang lebih bisa diartikan keinginan dari seorang ibu hamil terhadap sesuatu, umumnya keinginan terhadap makanan. Ngidamnya setiap ibu hamil juga beda-beda, ada yang ngidamnya jarang tapi ada juga yang sering

Mama sang Wonder Woman

Mama adalah segalanya.. Mama adalah Wonder Woman terhebat yang pernah ada di dunia ini.. :) Di keluargaku, dan sepertinya juga hampir sebagian besar keluarga, mama merupakan sosok yang sangat memegang peranan penting dalam urusan rumah. Segala urusan rumah dari mulai cuci baju, cuci piring, bersih-bersih rumah, masak, dan sebagainya itu semuanya mama yang urus.. Anggota keluarga yang lain seperti suami dan anak-anaknya mungkin juga ikut membantu, kadang bantu mencuci, bersih-bersih, ato urusan rumah lainnya. Tapi tetap saja kalau dihitung-hitung, pasti porsinya jauh sama yang biasa dikerjakan mama. Belakangan ini aku lebih sering ada di rumah. Dan dengan semakin seringnya ada di rumah, semakin aku mengerti sibuknya mama di rumah mengurus segala sesuatunya sendiri. Sebagai seorang anak, pastinya sudah jadi kewajiban aku untuk bantu mama dalam mengurus rumah yang juga aku tinggali. Dengan aku sering ikut membantu mama melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga, aku jadi tahu bah