Langsung ke konten utama

Long Journey to Graduate (part 4)

Ujian buat jadi orang sabar itu emang luar biasa sekali ya ternyata. Soalnya si Bapak pembimbing yang satu itu emang susyaaaaaaahh banget dicari. Kayanya kalo diitung-itung, banyakan aku pulang dari kampus tanpa hasil daripada pulang dari kampus bawa revisi-an. Bener-bener ujian kesabaran tingkati tinggi!


Beberapa kejadian ngenes waktu nunggu Pak BN nih.
Pernah, aku ke kampus naek angkot. Berangkat sekitar jam 9-an dari rumah. Nah, saat itu aku lagi di dalem angkot Panghegar-Dipati Ukur, tepatnya di Jalan Tamansari, tepat di bawahnya Jalan Layang Pasupati. Pas ngelewatin lampu merah, aku melihat dengan amat sangat jelas mobil BMW-nya Pak BN melaju ke arah yang berlawanan. Langsung speechless. Mau bilang "kiri", ga mungkin juga lari ngejar tu mobil. Asli, ngenes banget liat mobil itu menjauh dari angkot yang aku naikin. Akhirnya aku hanya bisa bengong cantik nongkrong di gedung plano. Muter-muter aja lante 2-3-4, sampe mati gaya. Dan akhirnya hari itu aku ketemu sama Pak BN jam brapa? Jam 3 sore!


Kejadian membetekan lain. Aku nunggu Pak  BN dari pagi jam 9-an. Aku nongkrong di lante 2, sambil ngeliatin parkiran biar aku tau kalo Pak BN dateng. Sekitar jam 11, aku liat mobil Pak BN muncul dari belokan. Udah girang nih hati, ga usah nunggu lama-lama! Aku masih nongkrong di lante 2, nunggu Pak BN naik aja ke lante 2. Tapi, karena parkiran penuh, mobil Pak BN itu berlalu begitu saja meninggalkan lingkungan gedung plano. Aku panik, itu mobil mau kemanaaaa?? Aku langsung turun, agak lari kecil ke gerbang kampus. Namanya kaki sama mobil, kalah lah yaa. Pas aku nyampe gerbang, mobilnya udah menghilang. Aku husnudzon, barangkali Pak BN memutar mobilnya untuk parkir di parkiran samping gedung plano. Ternyata husnudzon aku berlebihan. Yang ditunggu tak kunjung datang, mobilnya ga balik lagi! Pas aku sms nanya apa si Bapak bakal balik lagi ke kampus, -tumben tumbenan -dibales. Katanya, "tadi saya ke kampus". Ya Tuhaaaaaaannn.. Lewat parkiran doang dibilang ke kampus yah? Dia pikir aku ga liat dia cuma lewat yaaaa?? Rasanya waktu itu pengen banting hape pas baca balesannya.


Dan ternyataaaa,, ujian kesabaran ga cuma dari Bapak pembimbing itu aja. Masih banyak hal-hal lain yang ikut menguji kesabaran aku dalam menghadapi hari-hari indah bersama skripsi itu. Misalnya, komputer yang lemot ga ketulungan tiap kali buka corel *padahal ada peta-peta yang harus diedit pake corel*. Kadang-kadang malah nge-hang sebelum di-save! Atau printer yang bermasalah. Masalah printernya pun macem-macem loh. Ada masalah tinta yang ga keluar padahal baru diisi *ini masalah paling sering*. Ada masalah printer yang pas ngeprint tuh kertasnya harus dipegangin satu-satu karena si printer suka ngambil kertas sekaligus banyak, ujung2nya malah cuma ngeprint sepotong. Atau ujian kesabaran lain kadang dari listrik, yang suka mati ga bilang-bilang sebelum kerjaan di-save. Semuanya itu ujian kesabaran yang bikin aku sering menahan napas shock dan kemudian menghembuskannya pelan-pelan untuk menenangkan diri.


Tapi aku berusaha untuk nerima aja. Mungkin ini konsekuensi yang harus aku jalani sebagai akibat aku ga terlalu sungguh-sungguh ngerjain skripsi di awal. Yah, ambil hikmahnya ajalah. Jangan menyalahkan Pak BN yang sulit dicari, tapi evaluasilah diri sendiri, apa pantes dapet ujian berat kaya begini ato ga. *Hahaaayyy.. Gaya amat guee,, sok dewasa sok bijak! :p* Eh tapi beneran,, aku jadi ngerasa ga terlalu berat ngejalanin semuanya karna aku nganggap apa yang jadi bahan "ujian hidup" aku kali ini dalam menghadapi skripsi tuh sebagai konsukensi yang harus ditanggung dari kesalahan aku. Cobain deh, jangan malah menyalahkan orang lain, tapi evaluasilah diri sendiri. InsyaAllah hidup akan terasa lebih ringan.. :D


Kembali lagi ke soal skripsweet ini.

Salah satu titik yang bikin aku semangat ngerjain skripsi dan merasa harus lulus secepetnya adalah waktu bulan April, pas aku dateng ke wisudaan temen-temen seangkatan. Momennya pas banget kan bikin aku mikir dan terpacu semangatnya? Ngeliat temen-temen wisuda duluan emang bikin mikir banget deh. Sayangnya aku ga dateng wisudaan yang sebelum-sebelumnya, jadi aja telat kan terpacu semangatnya!

Jujur, sejak semua temen seangkatan terjun ke dunia skripsweet, aku cukup jarang ketemu mereka. Komunikasi sekedarnya aja lewat social media. Paling sms-an mah cuma sama yang deket aja. Nah, pas ketemuan di wisuda itu kan jadinya kita pada heboh tanya kabar ini itu. Tapi, dari sekian banyak temen seangkatan, hanya ada 3 orang yang nyinggung soal belum lulusnya aku. Itu berarti sesuatu sih buat aku. Susah jelasinnya, tapi yang jelas dengan adanya 3 orang yang "berani" nanya langsung ke aku soal belum lulusnya aku itu jadi bikin aku mikir. Icus sama Chittun yang emang udah sobat deket banget mah ga masuk itungan 3 orang itu ya, soalnya emang mereka mah terus-terusan ngontrol perkembangan skripsi aku. 3 orang yang aku maksud adalah mereka yang ga sedeket aku sama Icus dan Chittun lah.. Yang pertama Yovi, di sabuga dia ngasih bunga ke aku sambil ngomong "Nih, biar lo juga ikut cepet lulus kaya mereka". Yap, itu agak menusuk. Yang kedua, Pita ngomong "Cha, harusnya yang lulus duluan tuh elo, bukan guee" Aku hanya bisa tersenyum. Yang ketiga Ditop, dengan santainya dia bilang "Kok elo belum lulus juga sih?" Aww,, itu ngena sekali, sungguh! Dan akhirnya pulang dari sana aku cukup terpacu untuk lulus secepatnya, yaitu di periode wisuda selanjutnya: Juli.


Tapi sayang seribu sayang, takdir berkata lain. Allah belum memberi aku ijin untuk wisuda di bulan Juli.


Sampe hari wisuda Juli aku masih berkutat sama finishing skripsi supaya layak diajukan untuk sidang. Plus, berusaha menemui Pak BN yang udah kaya buronan teroris deh saking susahnya ditemui. Tapi akhirnya, sekitar awal Agustus aku bertemu Pak BN dan beliau bilang "Yasudah, silakan Anda perbanyak draft ini, lalu masukan ke tata usaha untuk diajukan sidang pembahasan." Cihuuuuuyyy.. Pulanglah aku dengan hati senang riang untuk langsung segera ngeprint ulang si draft jadi 3 rangkap untuk didaftarkan ke TU. Besoknya, aku bawa 3 rangkap draft itu ke kampus lagi untuk dimasukan ke TU. Tapi ternyata masalah dengan Pak BN masih menghadang. Kan ceritanya kalo mau masukin draft untuk sidang ke TU tuh harus pake surat pengajuan sidang yang ditandatangani dosen pembimbing. Kebodohan aku adalah bukannya kemarin pas ketemu sekalian langsung minta tandatangan ke Pak BN! Terlalu seneng draft diterima tuh bikin lupa segalanya, termasuk lupa minta tandatangan! Alhasil, untuk minta tandatangan di draft itu aja butuh hitungan hari. Hari ini ga ketemu, besoknya aku ke kampus ga ketemu lagi. Dan besoknya lagi aku udah ga sabar karna ga ketemu juga sama si bapak. Aku tempelin aja itu kertas pengajuan sidang di papan depan kantornya. Pasti diliat lah ya *pikir aku*. Terus aku pulang sambil di angkot ngirim sms ngasitau kalo aku butuh tandatangannya, dan kertas yang perlu ditandatangan itu aku tempel di depan ruangannya. Dan pas angkot yang aku naekin udah nyampe antapani *yang bikin aku jelas ga mungkin balik lagi ke kampus*, smsnya dibales. "Titip aja ke Bu Wati, nanti saya ambil di Bu Wati" Baca itu aku langsung menghela napas. Tau gitu kan dari kemaren-kemaren aku titip Bu Wati di tata usaha! Padahal dari kmaren-kmaren tuh aku slalu sms bilang mau minta tandatangan! Karna ga mungkin lagi aku balik ke kampus, aku telpon temen aku yang ada di kampus, minta tolong. Akhirnya, berhasil juga surat itu ditandatangan dan draft TA masuk ke TU untuk didaftarkan di sidang.


Oiya, sedikit penjelasan soal sistem di program studi aku. Kalo di plano, ga pake ada seminar-seminar kaya jurusan lain. Di plano itu, langsung sidang. Nah si sidangnya itu bisa sekali ato dua kali, tergantung hasil sidang pertamanya. Kalau di sidang pertama udah dianggap bagus, sidang itu langsung dianggap sidang ujian, dan si mahasiswa udah langsung dianggap lulus dan bisa ngurus administrasi wisuda. Tapi kalau sidang pertamanya dianggap kurang, sidang pertama itu dianggap sebagai sidang pembahasan, dan dia harus sidang sekali lagi, yaitu sidang ujian. Biasanya kalo udah sidang 2 kali ya udah, lulus. Jarang banget ada yang harus sidang 3 kali. Jackpot banget lah kalo sampe harus sidang 3 kali.


Nah, abis masukin draft ke TU, aku cuma bisa nunggu panggilan aja, karna semuanya diurus sama TU. Kapan kita sidang, di mana ruangannya, siapa dosen pengujinya, semua udah diurus TU, dan kita hanya nunggu telepon. Akhirnya aku ditelpon sama Bu Nunung, dikasitau kalo jadwal sidang aku adalah Senin tanggal 22 Agustus. Aku ga nanya pengujinya, soalnya aku pernah liat di kertas pengajuan sidang aku ada tulisan "BN/IPK/SS". Itu tuh inisial nama dosen. BN ya pembimbing aku, IPK (Pak Iwan) dan SS (Pak Saut) itu dosen pengujinya. Aku ngehubungin Ditop yang dulu sidangnya sama Pak IPK dan Pak SS, nanya gimana tipe pertanyaannya. Persiapan aku ya cuma memperbaiki slide terus-terusan, sambil latihan ngomong sama kaca. Oh, dan perlu diingat, tanggal 22 Agustus itu = tanggal 22 Ramadhan. Artinya, itu udah masuk 10 malam terakhir, dan artinya pula aku harus i'tikaf. Aku sih yakin sama janjinya Allah aja, siapapun yang menolong agama Allah pasti akan ditolong juga. Jadi, aku ga terlalu meributkan masalah i'tikaf = ga tidur itu. Husnudzon aja, serahkan semuanya pada Allah. Yang penting aku juga udah nyiapin diri bener-bener.


Datanglah hari senin mendebarkan itu. Aku bangun subuh *padahal baru tidur jam setengah 3-an*, nyiapin baju, laptop, dan semuanya. Berangkatlah aku jam 7 lebih, padahal sidangnya jam 10! Tapi berhubung berangkatnya harus sama mba iya, jadi ya pagi. Ga masalah, karna lebih pagi sampe kampus jelas lebih baik bukan? Sampe kampus sekitar jam 8 lebih. Sumpah, deg-degan!! Langsung ke TU nanya Bu Nunung soal lokasi sidang. Awalnya mau di ruang data lantai 2, tapi ternyata dipake rapat. Akhirnya disuruh sidangnya di ruang seminar lantai 2. Sedikit lebih tenang. Kenapa? Karna ruang seminar itu sering dipake kuliah, jadi udah cukup mengenal ruangan itu, sedangkan ruang data itu belum pernah aku masuki sebelumnya. Padahal ga ngaruh ya ruangannya di manapun? Tapi entah kenapa emang asli aku jadi sedikit lebih tenang begitu tau ruangannya di ruang seminar. Sambil nunggu jam 10 aku nongkrong di musholla. Ga sholat, cuma baca doa tiada henti. Berbagai doa deh dilantunkan, sejak jam 8-an sampe sidang dimulai aku ga berhenti baca doa. Diulang aja semua doa yang berkaitan dengan sidang ini. Jam setengah 10-an, aku masuk lagi ke ruang seminar, nyiapin segala sesuatunya. Laptop udah nyala, infocus udah nyala, udah connect, gambar berhasil muncul, udah siap sidang. Tapi ya ampuuuuuunn,, namanya deg-degan tidak terkira. Ga pernah aku tegang sampe segitunya. Terus dan terus ga berhenti baca doa. Rasanya jarum jam di ruangan itu bergerak pelan banget. Jam 10, dan dosen-dosennya belum pada datang. Ya Allaaahh,, nunggu dosen dateng aja rasanya kaya nunggu vonis setelah ngebom hotel, gitu. *apa, coba? :p


Akhirnya masuklah Pak BN. Dia nanya, "Dosen yang laen belum dateng ya?" "Belum, pak." aku jawab. Ga lama kemudian masuklah Pak Iwan. Sama Pak Miming. Aku bengong. Pak BN terus nyuruh aku keluar ruangan dulu. Aku jalan keluar sambil masih shock. Kok Pak Miming? Bukannya Pak Saut yang harusnya jadi dosen penguji aku? Kenapa yang dateng Pak Miming???? Aku langsung inget Icus yang bilang Pak Miming cukup "menyerang" waktu dia sidang. Dan aku bandingkan sama kata-kata Ditop yang bilang Pak Saut hanya membahas abstrak. Ya ampuuuunn,, gimana aku harus menghadapi Pak Miming? *deep inhale*exhale*deep inhale*exhale* P.A.N.I.K




... bersambung dulu yaaaaa ...
:D

Komentar

Popular Posts

Garuda di Dada Timnas -> Salah??

Ada yang mempermasalahkan penggunaan lambang Garuda di kaos timnas Indonesia. Padahal, timnas Indonesia sendiri lagi berjuang mengharumkan nama Indonesia di ajang Piala AFF 2010.  Ini 100% pendapat pribadi aja yah.. Apa sih yang salah dengan penggunaan lambang Garuda di kaos timnas? Bukannya dengan adanya lambang Garuda di dada itu berarti mereka yang ada di timnas bangga jadi Indonesia dan bangga bisa berlaga di ajang internasional dengan membawa nama Indonesia? Bukannya dengan membawa lambang Garuda di dada itu berarti mereka akan makin semangat untuk main di lapangan hijau karna membawa nama besar Indonesia? Dan itu berarti Bang BePe dan kawan2 itu akan berusaha lebih keras untuk membuat semua warga Indonesia bangga? Pernah liat timnas maen di lapangan hijau? Pernah liat mereka rangkulan sambil nyanyiin lagi wajib INDONESIA RAYA? Pernah merhatiin ga kalo mereka sering mencium lambang Garuda yang ada di dada mereka setiap abis nyanyiin lagu INDONESIA RAYA? Pernah juga ga merha

Makanan Favorit di Setiap Masa "Ngidam"

Setelah bulan lalu saya gagal setoran karena kesulitan mencari waktu untuk menulis di sela-sela perubahan ritme kehidupan selama ramadan, bulan ini saya tidak mau lagi gagal setoran tulisan. Kebetulan tema tantangan blogging Mamah Gajah Ngeblog bulan ini adalah tentang makanan favorit.  Sebenarnya kalau ditanya apa makanan favorit saya, jujur bingung sih jawabnya. Karena saya bisa dibilang pemakan segala. Buat saya makanan hanya ada yang enak atau enak banget. Hehe… Jadi kalau disuruh memilih 1 makanan yang paling favorit sepanjang masa, ya susah. Makanya ketika beberapa minggu belakangan ini saya sering terbayang-bayang satu jenis makanan, saya jadi terinspirasi untuk menjadikan ini sebagai tulisan untuk setoran tantangan bulan ini. Iya, saya memang sedang sering ngidam. Ngidam kurang lebih bisa diartikan keinginan dari seorang ibu hamil terhadap sesuatu, umumnya keinginan terhadap makanan. Ngidamnya setiap ibu hamil juga beda-beda, ada yang ngidamnya jarang tapi ada juga yang sering

Mama sang Wonder Woman

Mama adalah segalanya.. Mama adalah Wonder Woman terhebat yang pernah ada di dunia ini.. :) Di keluargaku, dan sepertinya juga hampir sebagian besar keluarga, mama merupakan sosok yang sangat memegang peranan penting dalam urusan rumah. Segala urusan rumah dari mulai cuci baju, cuci piring, bersih-bersih rumah, masak, dan sebagainya itu semuanya mama yang urus.. Anggota keluarga yang lain seperti suami dan anak-anaknya mungkin juga ikut membantu, kadang bantu mencuci, bersih-bersih, ato urusan rumah lainnya. Tapi tetap saja kalau dihitung-hitung, pasti porsinya jauh sama yang biasa dikerjakan mama. Belakangan ini aku lebih sering ada di rumah. Dan dengan semakin seringnya ada di rumah, semakin aku mengerti sibuknya mama di rumah mengurus segala sesuatunya sendiri. Sebagai seorang anak, pastinya sudah jadi kewajiban aku untuk bantu mama dalam mengurus rumah yang juga aku tinggali. Dengan aku sering ikut membantu mama melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga, aku jadi tahu bah