Langsung ke konten utama

Long Journey to Graduate (part 5)

Tadinya aku kira bisa beres di part 4. Ternyata minimal masih ada 2 part lagi. Kita lihat nanti akhirnya berapa part yah cerita journey to graduate ini! Hehe..
Mari lanjutkan kalau begitu..


Dosen pengujinya jadi Pak Miming? Ya ampuuuunn.. Aku udah yakin pengujinya Pak Saut, dan udah merasa agak tenang karena sepertinya Pak Saut ga terlalu membantai kalo sidang. Ternyata eh ternyata, jadi Pak Miming. Yang aku gatau jelas tipenya seperti apa! Gawaaaatt. Dan dalam beberapa detik aku akan memulai sidang! *deep inhale*exhale*deep inhale*exhale* Ya Allaaaaaahh..

Pintu ruangan terbuka, Pak BN muncul dan bilang "Silakan masuk". Aku masuk berdiri di depan mereka, siap-siap presentasi. Dengan perasaan luar biasa nervous. Tegang gilaaa!! Dan masih panik ngeliat Pak Miming. Ternyata Pak BN nyuruh aku duduk dulu, dan beliau sebagai "pimpinan sidang" membuka sidang dulu, bikin aku makin dag dig dug duer..

Begitu mulai dipersilakan presentasi, mulailah aku ngomong. Dibuka dengan "Selamat pagi" dan dilanjutkan bla bla bla bla.. Pertama berdiri, itu rasanya jantung berdebar ga karuan. Tapi begitu udah makin panjang ngomong, makin tenang tenang dan tenang. Soalnya kan itu bahan udah aku utal-atik berbulan-bulan.Itu slide show udah dipelototin berhari-hari, dan si mulut udah latihan berpuluh kali. Jadi makin tenang aja,, udah ga sepanik pas pertama disuruh masuk ruangan tadi.

Pas presentasi, aku ga didengerinlaaahh.. Sepanjang aku presentasi tuh Pak Miming ngutak-ngatik kertas draft aku. Pak BN malah ngobrol sama Pak Ibenk *yang tiba-tiba masuk ruangan padahal ga ada urusan sama sidang aku*. Parahnya, Pak IPK malah merem. Aku tau sih, meremnya Pak IPK itu sambil dengerin, bukan tidur. Tapi tetep ajaaa,, kan aku bikin slide shownya buat diliat! Akhirnya 15 menit udah lewat, dan presentasi aku selesailah. Dimulailah sesi tanya jawab. Tapi rasanya lebih tepat kalo aku bilang sesi komentar. Karena yang mereka omongin itu bukan pertanyaan yang harus aku jawab, tapi komentar-komentar mengenai studi aku yang ga harus dijawab, ato jawabannya cuma bisa "Oh, iya Pak".

Yang bikin aku cukup bete di sidang pembahasan ini adalah tidak adanya dukungan dari dosen pembimbing! Boro-boro ngedukung, malah ikut nyalahin. Logikanya gini deh, namanya dosen pembimbing kan membimbing yah? Harusnya tau dong kan si mahasiswa nulis apa aja di skripsinya? Tau dong metode dan lain-lainnya? Karna harusnya udah baca kan? Tapi Pak BN rasanya ga pernah baca skripsi aku deh selama bimbingan. That's why,, pas sidang beliau malah ikut menyalahkan. Padahal seharusnya kan,, dari awal aku dibimbing biar ga ada kesalahan pas sidang! Kan? Ya sudahlah,, ga usah dibahas lagi.

Yang jelas, setelah para dosen memberikan komentar ini itu dan masukan sana sini, diputuskanlah status dari sidang aku hari itu. Biasanya, mahasiswa disuruh keluar dulu, biar 3 dosen itu diskusi dulu enaknya si mahasiswa itu diapain, baru nanti mahasiswanya dipanggil lagi untuk dikasitau hasilnya. Tapi, untuk sidang aku kali ini aku ga perlu diminta keluar dulu. Sebenernya, dari pertengahan sidang pun aku udah hampir yakin bahwa sidang ini statusnya bakal jadi sidang pembahasan aja, yang artinya aku harus sidang ujian lagi nanti. Dan ternyata, bener! Pak BN bilang, ini masih sidang pembahasan, harus diperbaiki ini itunya, dan nanti harus sidang lagi. Keluarlah mereka bertiga dari ruangan, setelah sebelumnya Pak BN ngasih draft aku yang udah dicoret-coret, sebagai bahan perbaikan.

Aku menghela napas. Yah, ternyata perjuangan belum berakhir,, tapi tinggal 1 step lagi menuju akhir dari yang namanya TUGAS AKHIR! Keluar dari ruangan, disambut Bu Nunung dan Ranti. Ngobrol-ngobrol dulu sama Ranti dan Bu Nunung. Baru deh pulang.. Sambil turun dari gedung plano sambil ngirim sms ke banyak orang, memberi kabar belum bahagia.

Berhubung hari itu adalah hari ke-22 puasa, berarti libur lebaran udah di depan mata. Yang artinya lagi, sidang lanjutan aku baru bisa setelah lebaran. Walaupun masih tersisa beberapa hari sebelum libur, aku ga yakin bisa masukin draft lagi ke TU dalam waktu beberapa hari. Belum ngerevisi skripsinya, belum ngejar Pak BN minta bimbingan lagi, ga yakin bisa 4 hari bereslah (4 hari = selasa - jumat, karena jumat hari kerja terakhir sebelum libur).

Merevisilah aku di rumah sepanjang sisa-sisa puasa. Setelah lebaran pun, masih terus disempurnakan. Akhirnya, tanggal 9 September, hari Jumat, aku dateng ke kampus dengan membawa draft yang udah direvisi, siap dibimbingkan ke Pak BN. Nyampe kampus, ternyata mobil Pak BN ga ada. Ruangannya gelap. Karena udah terbiasa, jalan-jalanlah aku ke lante 2, liat2 papan pengumuman. Tiba-tiba aku menahan napas pas liat pengumuman soal tanggal-tanggal batas untuk urusan sidang dan wisuda. Di situ tertulis, tanggal 12 September adalah batas akhir pengumpulan draft sidang ujian. Mampus! Itu hari Senin, dan sekarang hari Jumat! Kalo Pak BN ga ada hari ini gimana ceritanya??? *panik*

Aku berusaha tenang duduk di pelataran lante 2, seperti biasa mantengin parkiran, biar langsung loncat kalo mobil Pak BN muncul *lebay*. Tunggu,, tunggu,, tunggu,, tapi yang ditunggu tak kunjung tiba. Akhirnya aku kirim SMS yang “agak” memaksa, nanya bakal ke kampus ga, dan aku bilang kalo batas akhir pengumpulan draft sidang ujian itu hari Senin. Dibales! Balesnya cepet pula. Harus didesak pake jadwal mepet begini ya baru bales? Liat namanya muncul ngebales rasanya seneng, tapi baca isi SMSnya langsung drop lagi. “Saya lagi di Bali, seminar sampai hari sabtu”. Mampuuussss.. Panik, aku bales lagi, minta ketemu sebelum hari senin, kalo perlu bimbingan ke rumahnya lah gitu! Tapi dibalesnya cuma “hari Senin aja ya.” Bingung.. Maunya dosen begitu ya gimana lagi kan?

Aku terus memutuskan bahwa nanti hari Senin, aku langsung bawa aja 3 rangkap yang siap diserahkan ke TU. Feeling aku bilang, Pak BN seperti biasa ga akan baca, cuma diliat sekedarnya aja. Dan husnudzonnya aku, draft aku bisa langsung diterima dan bisa langsung didaftarkan ke TU. Jadi weekend itu aku print ulang draft hasil revisian aku jadi 3 rangkap.

Seninnya, aku langsung ketemu Pak BN. Alhamdulillah pas aku dateng Pak BN udah ada di ruangannya! Langsunglah aku serahin draft aku. Ga terlalu dibaca-baca sih, tapi Pak BN lebih lama liat-liatnya daripada biasanya yang dulu-dulu. Sambil nanya, apa aja sih revisi dari Pak Iwan dan Pak Miming? *dia lupaaaa.. Tapi akhirnya ga terlalu lama Pak BN bilang, “Ya udah, kalau Anda merasa sudah memperbaiki semuanya sesuai arahan Pak Iwan dan Pak Miming, silakan masukan ke TU.” Tu kaaann,, ga terlalu dibaca-baca dan langsung diterima! Langsunglah aku turun ke lante 2, langsunglah masukin draft itu ke TU. Kali ini daftarin draft buat sidang ujian (SU) ga pake kebodohan lupa minta tandatangan pembimbing kaya waktu ngumpulin draft sidang pembahasan (SP)! Hehe.. Legalah sudah begitu draft itu sampe ke tangan Bu Nunung.

Sebenernya, TU plano tuh bisa diajak kerjasama soal tanggal batas begituan. Maksudnya, walaupun di kertas tertulis tanggal berapa, kalo lewat dari tanggal itu pun masih bakal diproses. Hanya saja, aku taunya belakangan. Jadi, panik aja yang ada! *akibat kurang gaul*

Tinggal waktunya aku menunggu panggilan sidang! Kalo ga salah aku baru ditelepon Bu Nunung tu sekitar hari Kamis, dikasih jadwal sidang hari Selasa, tanggal 22 September. Rasanya,, ga terlalu deg-degan kaya SP. Entah kenapa. Nothing to lose aja sih kayanya. Soalnya, selama ini aku taunya kalo ga lulus SP, biasanya pasti lulus SU. Aku belum pernah denger ada yang sidang sampe 3 kali. Padahal sebenernya ada yang sampe 3 kali sidang, akunya aja yang kurang gaul jadi gatau! :D

Hari Minggunya, kan ada ajakan masak-masak tuh di rumahnya Nita, bareng temen-temen SMA. Tadinya aku mau ga ikut aja, mau ngabisin hari minggu pacaran sama powerpoint. Tapi, karena mereka bilang refreshing aja, plus deket juga gitu masih di arcamanik, akhirnya aku memutuskan membatalkan acara pacaran sama powerpoint itu. Bermain-mainlah aku di rumah Nita. Masak-masakan yang lamaaaaa banget. Padahal cuma bikin sop, tempe tahu goreng, perkedel kentang, tumis sayur, sambel, dan puding roti, tapi butuh waktu 3 jam setengah, padahal orangnya ada 7! Lama banget kan? Eh ini ko jadi nyeritain masak? Ga ada hubungannya sama journey to graduate ya? Hahaa.. Mari kita kembali ke jalan yang benar.

Hari Selasa datang juga. Aku dijadwal sidang jam 9 pagi. Aku berangkat jam 7-an dianter papa naek motor. Sepanjang jalan aku baca doa aja terus, kan kata Allah doanya orang dalam perjalanan itu makbul! :D Sampe kampus sekitar jam 8 kurang, persiapan lagi buat sidang, ruangannya masih sama ternyata, di ruang seminar. Jam 9 lebih muncullah ketiga dosen itu. Sidang dibuka, dan akupun menyampaikan hasil studi aku. 15 menit kemudian, dimulailah sesi tanya jawab. Kalau waktu SP sesi tanya jawabnya lebih sesuai disebut sesi kasih komentar, di SU ini tanya jawabnya benar-benar tanya jawab. Pertama Pak Miming yang mulai, dikasih berbagai pertanyaan kasus, bukan pertanyaan soal studi aku. Jadi pertanyaan tuh semacam “Kalau misalnya Terminal Cicaheum gini gini gini, menurut kamu gimana?” Atau “Kalau misalnya Terminal Cicaheum gitu gitu gitu, hasil studi kamu sesuai ga?” Yah semacam itulah. Aku berusaha menjawab dengan tenang aja. Sesuai apa yang aku tau. Terus Pak Miming merasa cukup, dilanjutkan sama Pak Iwan. Pas Pak Iwan mulai nanya, Pak Miming pamit pergi duluan karena ada janji bimbingan. Mulailah Pak Iwan nanya-nanya. Kalo Pak Iwan pertanyaan lebih ke detail metode yang aku pake, bukan kasus kaya Pak Miming. Sebenernya yang bikin keder pas ditanya Pak Iwan itu adalah ekspresinya Pak Iwan. Entah kenapa keliatannya kaya diremehkan aja gitu, soalnya Pak Iwan suka sambil ketawa-ketawa kaya ngeledek gitu! Tapi mungkin itu cuma karna aku takut lagi sidang aja kali yaa.. Hehe.. Sesi Tanya jawab pun akhirnya berakhir, tanpa Pak BN ngomong apa-apa. Alhamdulillah sih, daripada disalahin lagi kaya SP. Terus aku disuruh keluar. Dag dig dug deh baru di sini. Apakah aku mungkin jadi salahsatu dari sedikit orang yang sidang 3 kali? Jangan sampeee.. Ga lama Pak Iwan keluar dan pergi tanpa mengucapkan apa-apa, cuma senyum. Aku bales senyum sambil tetep deg-degan. Dan bingung, kok Pak Iwan langsung pergi aja? Dulu liat sidang icus ga ada dosen yang keluar sebelum keputusan akhir sidang dikasitau ke mahasiswa. Beberapa saat kemudian Pak BN muncul di pintu, nyuruh aku masuk. Baru dua langkah aku masuk, Pak BN langsung ngasih draft sidang aku yang dicoret-coret Pak Iwan dan Pak Miming sambil bilang ...


...bersambung...
*penasaran yaaaaa?? :p

Komentar

  1. aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa aku gimana yah ntar sidang ! ..

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Posts

Garuda di Dada Timnas -> Salah??

Ada yang mempermasalahkan penggunaan lambang Garuda di kaos timnas Indonesia. Padahal, timnas Indonesia sendiri lagi berjuang mengharumkan nama Indonesia di ajang Piala AFF 2010.  Ini 100% pendapat pribadi aja yah.. Apa sih yang salah dengan penggunaan lambang Garuda di kaos timnas? Bukannya dengan adanya lambang Garuda di dada itu berarti mereka yang ada di timnas bangga jadi Indonesia dan bangga bisa berlaga di ajang internasional dengan membawa nama Indonesia? Bukannya dengan membawa lambang Garuda di dada itu berarti mereka akan makin semangat untuk main di lapangan hijau karna membawa nama besar Indonesia? Dan itu berarti Bang BePe dan kawan2 itu akan berusaha lebih keras untuk membuat semua warga Indonesia bangga? Pernah liat timnas maen di lapangan hijau? Pernah liat mereka rangkulan sambil nyanyiin lagi wajib INDONESIA RAYA? Pernah merhatiin ga kalo mereka sering mencium lambang Garuda yang ada di dada mereka setiap abis nyanyiin lagu INDONESIA RAYA? Pernah juga ga merha

Makanan Favorit di Setiap Masa "Ngidam"

Setelah bulan lalu saya gagal setoran karena kesulitan mencari waktu untuk menulis di sela-sela perubahan ritme kehidupan selama ramadan, bulan ini saya tidak mau lagi gagal setoran tulisan. Kebetulan tema tantangan blogging Mamah Gajah Ngeblog bulan ini adalah tentang makanan favorit.  Sebenarnya kalau ditanya apa makanan favorit saya, jujur bingung sih jawabnya. Karena saya bisa dibilang pemakan segala. Buat saya makanan hanya ada yang enak atau enak banget. Hehe… Jadi kalau disuruh memilih 1 makanan yang paling favorit sepanjang masa, ya susah. Makanya ketika beberapa minggu belakangan ini saya sering terbayang-bayang satu jenis makanan, saya jadi terinspirasi untuk menjadikan ini sebagai tulisan untuk setoran tantangan bulan ini. Iya, saya memang sedang sering ngidam. Ngidam kurang lebih bisa diartikan keinginan dari seorang ibu hamil terhadap sesuatu, umumnya keinginan terhadap makanan. Ngidamnya setiap ibu hamil juga beda-beda, ada yang ngidamnya jarang tapi ada juga yang sering

Mama sang Wonder Woman

Mama adalah segalanya.. Mama adalah Wonder Woman terhebat yang pernah ada di dunia ini.. :) Di keluargaku, dan sepertinya juga hampir sebagian besar keluarga, mama merupakan sosok yang sangat memegang peranan penting dalam urusan rumah. Segala urusan rumah dari mulai cuci baju, cuci piring, bersih-bersih rumah, masak, dan sebagainya itu semuanya mama yang urus.. Anggota keluarga yang lain seperti suami dan anak-anaknya mungkin juga ikut membantu, kadang bantu mencuci, bersih-bersih, ato urusan rumah lainnya. Tapi tetap saja kalau dihitung-hitung, pasti porsinya jauh sama yang biasa dikerjakan mama. Belakangan ini aku lebih sering ada di rumah. Dan dengan semakin seringnya ada di rumah, semakin aku mengerti sibuknya mama di rumah mengurus segala sesuatunya sendiri. Sebagai seorang anak, pastinya sudah jadi kewajiban aku untuk bantu mama dalam mengurus rumah yang juga aku tinggali. Dengan aku sering ikut membantu mama melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga, aku jadi tahu bah