Langsung ke konten utama

Long Journey to Graduate (part 7 - Graduation Day 1)

Hari Jumat pun tiba. Tanggal 28 Oktober 2011. Siang ini ada yudisium dari prodi. Nah, berhubung hari ini hari Jumat, kan mobil dipake nganter eyang Jumatan dulu tuh ya. Trus, di rumah tuh sempet ada miskomunikasi antara aku papa dan mama, akhirnya ribet deh urusan pergi ke yudisiumnya. Papa pergi duluan naek mobil ke eyang, sekalian Jumatan bareng eyang, mama ga ikut karna tanggung banyak kerjaan di rumah, dan aku pergi ke kampus naek angkot. Di tengah jalan naik angkot aku disamper sama papa yang udah beres Jumatannya. 

Sampe kampus sekitar jam 1, tapi selasar plano belum terlalu rame. Sama panitia kita disuruh makan siang dulu aja. Beres makan belum beres juga acaranya, jadi aku sama papa masih nunggu aja. Akhirnya acara dimulai sekitar jam 2. Aku beranjak pindah ke kursi untuk wisudawan sama ka zahra. Acara pun dimulai, dengan sambutan dari banyak dosen, perwakilan wisudawan, sama ada dari panitia juga. Sambutan aja rasanya udah lamaaaaa banget. Emang lama sih, dan banyak yang ngasih sambutannya. Tapi untungnya sambutannya ga terlalu basa basi dan masih bisa didengerinlah.. Terus acaranya masuk ke acara inti, yaitu pemberian souvenir untuk masing-masing wisudawan. Pertama kan dimulai dari 2005 dulu. Tapi dari 5 orang, yang dateng cuma ka Zahra aja. Dilanjut sama angkatan 2006. Berhubung NIM aku 002, jadi aku orang pertama yang dipanggil untuk angkatan 2006. Disebutlah nama aku: "Nessia Adista, dengan judul Tugas Akhir Studi Kesesuaian Terminal Cicaheum sebagai Terminal Tipe A. Lulus dengan predikat Sangat Memuaskan" Yeah! :p Naiklah aku ke panggung yang udah ada ka Zahra berdiri sendirian, disalamin dan dikasih souvenir sama Pak Iwan Kustiwan. Difoto, terus turun deh. Sekarang tinggal nunggu sisa wisudawan yang lain ikut dipanggil. Nunggunya ini yang lama banget. Apalagi pas S2-S3, ga ada semua orangnya! Oiya, souvenirnya ternyata ballpoint, yang ada tulisannya Wisudawan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota. Biasa banget kan ya? Cuma bolpen, gitu. Tapi asli, seneng liat bolpen yang tercetak kata "wisudawan" diserahkan ke aku sama kaprodi! Rasanya,, waw. Seneng bangga aja,, akhirnyaaaa.. :p  Acara selesai jam 4 sore, aku sama papa langsung pulanglah ke rumah. Aku siap-siap pergi lagu untuk ke wisnite malemnya.

Wisnite kan ceritanya dijadwal jam 7. Tapi tapi tapiii,, ternyata pas mau magrib ujan. Dan mobil yang ada di rumah dipake sama yang punyanya. Terus gimana ceritanya aku brangkat nih? Dan aku jelas sama sekali ga mau melewatkan wisnite dimana akhirnya aku bisa melihat acara di wisnite dari "kursi" wisudawan. Akhirnya, karena ujan tak kunjung mereda, aku pergi naik taksi. Itu pertama kalinya aku naik taksi sendirian loh! Hahaa..  Berangkat dari rumah sekitar jam 7, sampai kampus sekitar jam setengah 8. Ternyata acara juga masih belum dimulai, dan para wisudawan masih kumpul di jam gadang buat dikasih berbagai pelengkap kostum. Ceritanya, tema wisnite kali ini tuh egypt. Jadi sebenernya yang mojang-mojangnya disuruh dandan ala cleopatra. Tapi akhirnya juga aku pake baju biasa aja, ga ada cleopatra-cleopatranya. 

Ga lama setelah aku dateng, semua wisudawannya digiring ke selasar plano, lokasi acaranya. Nyampe sana ternyata masuk ke areanya dipanggil satu-satu gitu! Sambi disorakin ditepukin juga! Untung sebelum aku ada Ka Zahra dulu, jadi ga nampak bingung-bingung amat gitu! Hahaa.. Setelah semuanya masuk, dimulailah acaranya. Kaya ada ceritanya gitu, jadi ada sedikit drama-dramaan dulu di awalnya. Cukup menarik.. Terus dilanjutin berbagai persembahan-persembahan dari para panitia. Hampir semuanya persembahan dari panitia tuh berupa tarian-tarian. Macam-macam. Yang pertama ada tarian egypt gitu, walaupun ga kompak sama sekali, tapi lumayan menghibur. Ada juga persembahan ala mayoret marching band gitu. Keren.. Dan,, ada satu yang paling heboh! Kan emang sekarang lagi eranya boyband girlband kan yaa.. Nah, di acara ini, pas lagi sepi-sepi tiba-tiba dari backstage (atau sidestage kali yaa,, da di samping), melompatlah 10 orang cowo (atau 11 ya? lupa), dengan style agak boyband. Baru agak, soalnya kalo untuk ukuran boyband mah stylenya kurang heboh! Haha.. Dan begitu mereka muncul ngambil formasi, terputarlah lagu korea. Berhubung aku bukan Kpopers, aku kurang tau itu lagu apa dan siapa yang nyanyi, cuma Nanda yang duduk di sebelah aku langsung heboh "Suju-suju" gitu. Oh, ternyata suju! Ya maaf gatau,, aku mah bukan ELF (Everlasting Friends: nama fans SuJu -red). Kalo dinilai, gerakan dancenya ga kompak, banyak yang ga apal, formasi berantakan, tapiiii sangat menghibuuurr! Dengan liat tampang pria-pria itu ngedance penuh konsentrasi aja udah menghibur banget! Hahaaa.. Satu lagu full, dan kata Nanda dengan gerakan yang sama kaya gerakan asli suju. Seru,, seru! Terus abis itu juga ada Hands Up-nya 2PM. Aku bukan Hottest (nama fans 2PM -red), dan Hands Up ini satu-satunya lagu 2PM yang aku tau, tapi aku suka dan ada di playlist hp aku! :) Pas Hands Up ini rasanya pengen ikutan joget-joget deh. Soalnya emang lagunya upbeat banget, dan aku selalu pengen ikut nge-dance kalo denger lagu ini! Hehe..

Abis berbagai persembahan yang oke-oke dari panitia, acara berpindah ke acara live band. Jujur aku gabisa menikmati. Masalahnya lagunya cadas, bos! Bukan aku banget lah.. Akhirnya aku makan aja konsumsi dari panitia. Sambil peluk cium salam sama temen-temen 2006 yang mulai berdatangan. Asli, kangen merekaaa.. :)) Di sini ika udah pulang, jadi wisudawan 2006nya tinggal aku dan 4 pria itu.

Selesai band-band itu nyanyi, mulailah acara yang paling ditunggu-tunggu semuanya, terutama pastinya para wisudawan. Persembahan angkatan. Dimulai sama persembahan dari 2007 dulu. Pertama persembahan dari non-wisudawan buat para wisudawan. Mereka bikin video. Ceritanya, kaya keseharian mereka aja di kampus, tapi nunjukkin banget kekhasan dari masing-masing wisudawan. Jadi, di video itu ada yang berperan sebagai tiap-tiap wisudawan, dan berakting sesuai sifat dan sikap yang dimiliki masing-masing wisudawan. Bodor sih, tapi agak roaming aja. Maksudnya, yang ngerti cuma angkatan mereka aja, yang emang bener-bener kenal sama si wisudawan dan tau sifat sikapnya sehari-hari gimana. Di akhirnya, semua angkatan 2007 maju ke area stage, joget bareng-bareng sambil pelukan nangis-nangis sana sini. Lama.. Aku ngeliat ini jujur agak miris sih. Coba aja kalo aku wisuda pas bareng sama anak-anak 2006 banyakan, pasti juga bakal dapet momen kaya gitu, tapi sekarang aku wisuda cuma ber-6. Tapi gapapalah,, salah aku juga toh baru bisa wisuda sekarang? Nikmati saja apa yang bakal aku dapat hari ini, karena masih misteri juga apa yang bakal dikasih sama teman-teman 2006. :)

Setelah selesai acara peluk-peluk nangis-nangis 2007 itu, mereka duduk lagi, dan gantian sekarang giliran persembahan dari wisudawan 2007. persembahan dari wisudawannya agak gak maksud kalau menurut aku, ga jelas aja gitu inti ceritanya apa! Bentuknya kaya kabaret, tapi ga ada temanya kalo menurut aku. Campur-campur. Hehe..

Akhirnya, giliran persembahan 2006. Mereka teman-teman jyonetta non wisudawan ngasih video buat kita ber-6. Videonya ceritanya testimoni. Yang muncul duluan tuh dosen-dosen pembimbing TA, ada Pak Saut (pembimbing Donald), Pak Pradono (pembimbing Ika), sama Bu Teti (pembimbing Andro). Pas liat ini aku sama Nanda yang sama-sama anak bimbingan Pak BN langsung saling lihat dan sama-sama bilang "Gak mungkin ada Pak BN!" Dan bener aja, ga ada Pak BN! Yang bikin shock adalah tiba-tiba muncul gambar papa dan mama. Entah gimana ceritanya papa mama bisa ambil kontribusi disana. Kaget, dan langsung berkaca-kaca liatnya. Meskipun cuma papa yang ngomong, tapi itu udah sangat membuat air mata aku menetes. Terus ditambah juga denger pesen-pesen indungnya Ican, jadi pengen nangis juga, padahal ga kenal juga sama indungnya Ican, dan pesennya juga cuma buat Ican. Tapi mungkin yang bikin nangis juga adalah usahanya temen-temen 2006 yang minta testi dari para dosen dan orangtua. Here's the video.
  
 
Ternyata ada video selanjutnya, berupa slide show foto kenangan jyonetta. Mulai dari awal, MPAB (Masa Penerimaan Anggota Biasa -red), jalan-jalan, kuliah, studio. Semua kenang sama teman-teman 2006 rasanya diflashback. Capenya, nangisnya, ketawanya, senang-senangnya, semua diflashback! Langsung kangen banget sama semua yang udah kita jalanin bareng-bareng. Ditambah, diiringi live acoustic ajay iki feat ayu nyanyiin Anugerah Terindah-nya Sheila on 7, rasanyaaaa..... terharu luar biasa! Nangis lagi kan.. Apalagi video ini ditutup dengan kumpulan foto hampir semua anak 2006 megang ucapan selamat. Mereka udah nyebar ke mana-mana, luar kota, luar provinsi, luar pulau, bahkan luar negeri. Tapi semuanya masih bisa ngumpulin fotonya dengan ucapan selamat itu. Rasanya kaya kumpul lagi.. :') Video keduanya yang ini.

  
Terus ayu juga nyanyiin lagu angkatan 2006 yang bikin kembali terkenang masa-masa MPAB. Cahaya bangsa,, lagu yang masih nempel banget sampe sekarang walaupun udah 4 taunan ga pernah dinyanyiin. Tapi dinyanyiin di momen begini jadinya ngena banget.. 

Abis itu kita ber-5 (aku Nanda Ican Donald Andro) dipanggil ke depan sama temen-temen 2006, dan mereka ngasih kita medali jyonetta (nama angkatan 2006 -red), atau medali cahaya bangsa kalo boleh aku kasih nama. :) Beberapa dari mereka juga kasih kata-kata mutiaranya untuk kita. Senang,, terharu.. Dipelukin juga sama mereka semua satu-satu.. :') Kita sempet nyanyiin lagi Cahaya Bangsa bareng-bareng, tapi karena kayanya Ican merasa suasana jadi terlalu mellow, seperti biasa dia minta kita semua, sama panitia, wisudawan 2007, dan warga HMP yang lain untuk bareng-bareng nyanyi lagu wajib HMP.

Terus giliran kita para wisudawan oktober yang ngasih persembahan buat teman-teman 2006. Aku yang belum tau hasil akhir video itu karena emang ga ikut finishing, suka banget sama video dari kita para wisudawan itu! Menggambarkan perjalanan kita banget! Dan untungnya anak-anak 2006 yang lain juga suka! :) Makasih buat Ican Nanda Andro buat editingnyaaa! Ini diaaaaa..


  
Ternyata, kejutan dari teman-teman 2006 yang lain belum selesai, khususnya kejutan buat Ican. Kaya yang aku bilang sebelumnya, Ican itu ketua angkatan 2006 yang sangat disayang sama semuanya. Dan ternyata, mereka nyiapin sebuah plakat untuk Ican, dengan tulisan "Ketua Angkatan Terbaik" Dan Ican, seorang Ican yang kelakuannya error ga ketulungan, tadi udah nangis liat video indungnya, sekarang tambah nangis lagi dikasih plakat itu. Aku yang gatau menau soal plakat itu jadi ikut terharu, dan aku juga setuju banget soal ketua angkatan terbaik itu. Di luar kelakuannya yang kacau, Ican emang baik banget, apalagi sebagai ketua angkatan. Proud having you, can. :)) Ican sampe terbata-bata ngasih ucapan terimakasih buat plakat itu.

Aku, Andro, Ican, Nanda, Donald, pasti sama perasaannya, bahagia dan terharu luar biasa sama apa yang mereka kasih untuk kita malam ini. Rasanya luar biasa terharu,, banget banget banget bangeeeeeeeeeetttt.. Proud having you all,, guys gals.. :)) Kita semua angkatan 2006 terus kumpul di samping stage, cuma kumpul aja, foto-foto, ngobrol-ngobrol, kangen-kangenan. Di sini aku baru dikasihtau sama Ranti kalo dia yang nge-shoot papa mama, pas lagi undangan. Undangan yang manakah? Ternyata, waktu aku lagi di kampus shooting sama wisudawan 2006, Ranti sama Yudi ngikutin mama yg lagi ada undangan di buah batu. Jadi dari sebelum-sebelumnya Ranti udah berkoresponndensi terus sama mama via sms buat nentuin jadwal shooting. Pas diceritain itu, yang aku tanya ke ranti: "mama ngomong ga?" Jawabannya udah ketebak sih.. "Ga, papa aja yang ngomong" kata Ranti. Ketebak. :p

Ga lama, kita para wisudawan dipanggil lagi sama panitia buat dilanjutin acaranya, yaitu pemberian souvenir dari HMP untuk wisudawan. Ber-5 yang 2006 dipanggil (karna Ika kan udah pulang), dikasih souvenirnya, difoto. Karena temanya egypt, souvenirnya miniatur sphinx gitu, warnanya emas. Tapi kayanya bikinnya buru-buru deh, ato entah kurang budget! :p Soalnya kurang rapi. Tapi buat aku apa souvenirnya ga penting, yang penting penghargaan dari HMP buat kita para wisudawan yang juga bagian dari HMP. Walaupun aku mungkin bukan bagian penting dari HMP, kontribusi aku ga cukup besar di HMP, bahkan kecil banget, tapi tetep dapet penghargaan yang sama dari teman-teman anggota biasa HMP. Sekarang akhirnya aku berubah status dari anggota biasa jadi anggota luar biasa.. :))

Sebenernya dari pas persembahan 2006, papa udah ada di parkiran plano, ngejemput aku. Bahkan papa sempet liat video-video persembahan 2006. Tapi karna acaranya belum selesai, aku belum mau beranjak. Dan sayang banget aja melewatkan kesempatan kumpul lagi sama 2006. Plus, aku masih nungguin Icus yang masih ada di jalan. Dia ngelembur sampe sekitar jam 8, trus dia bela-belain langsung naik travel ke bandung buat dateng ke wisnite. Pengen banget aja ketemu Icus, udah cukup lama ga ketemu dia. Akhirnya pas rangkaian acara udah habis, warga non panitia asik ngumpul sama angkatannya sendiri-sendiri, dan panitia syukwis masih asik-asikan sendiri joget-joget ala LMFAO pake party rock anthem, aku masih ngumpul sama anak-anak 2006, sambil nungguin Icus. Padahal itu udah tengah malem, udah sekitaran jam 12 malem. Tapi berhubung Icus bilang dia udah naik taksi dari travel ke kampus, aku masih nunggu. Dan begitu Icus dateng, aku langsung peluk dia lamaaaaa,, sambil ampir nangis. Sampe diliatin anak-anak 2006 yang lain. Tapi gatau kenapa, momennya rasanya pas aja gitu buat nangis-nangisan sama Icus. K.A.N.G.E.N!! Akhirnya setelah kangen-kangenan sebentar, aku pulang duluan karna aku harus nyubuh dandan ke salon.

Senaaaaaaaaaaaaanngggg!! Seneng banget!
Ga nyesel jadi bagian dari HMP, karena wisnite ini sangat berkesan banget pastinya buat para wisudawan. Makasih buat semua warga HMP, panitia syukwis, dan pastinya sahabat-sahabat jyonetta. Malam ini sangat berkesan buat aku, dan pastinya kami semua wisudawan jyonetta. Makasih, danke, arigato, merci, gamsahamnida, gracias, syukron, hatur nuhuuuuuunnn.. :))


...masih ada cerita hari Sabtu, tentang sidang terbuka wisuda. Last one! :D

Komentar

Popular Posts

Garuda di Dada Timnas -> Salah??

Ada yang mempermasalahkan penggunaan lambang Garuda di kaos timnas Indonesia. Padahal, timnas Indonesia sendiri lagi berjuang mengharumkan nama Indonesia di ajang Piala AFF 2010.  Ini 100% pendapat pribadi aja yah.. Apa sih yang salah dengan penggunaan lambang Garuda di kaos timnas? Bukannya dengan adanya lambang Garuda di dada itu berarti mereka yang ada di timnas bangga jadi Indonesia dan bangga bisa berlaga di ajang internasional dengan membawa nama Indonesia? Bukannya dengan membawa lambang Garuda di dada itu berarti mereka akan makin semangat untuk main di lapangan hijau karna membawa nama besar Indonesia? Dan itu berarti Bang BePe dan kawan2 itu akan berusaha lebih keras untuk membuat semua warga Indonesia bangga? Pernah liat timnas maen di lapangan hijau? Pernah liat mereka rangkulan sambil nyanyiin lagi wajib INDONESIA RAYA? Pernah merhatiin ga kalo mereka sering mencium lambang Garuda yang ada di dada mereka setiap abis nyanyiin lagu INDONESIA RAYA? Pernah juga ga merha

Makanan Favorit di Setiap Masa "Ngidam"

Setelah bulan lalu saya gagal setoran karena kesulitan mencari waktu untuk menulis di sela-sela perubahan ritme kehidupan selama ramadan, bulan ini saya tidak mau lagi gagal setoran tulisan. Kebetulan tema tantangan blogging Mamah Gajah Ngeblog bulan ini adalah tentang makanan favorit.  Sebenarnya kalau ditanya apa makanan favorit saya, jujur bingung sih jawabnya. Karena saya bisa dibilang pemakan segala. Buat saya makanan hanya ada yang enak atau enak banget. Hehe… Jadi kalau disuruh memilih 1 makanan yang paling favorit sepanjang masa, ya susah. Makanya ketika beberapa minggu belakangan ini saya sering terbayang-bayang satu jenis makanan, saya jadi terinspirasi untuk menjadikan ini sebagai tulisan untuk setoran tantangan bulan ini. Iya, saya memang sedang sering ngidam. Ngidam kurang lebih bisa diartikan keinginan dari seorang ibu hamil terhadap sesuatu, umumnya keinginan terhadap makanan. Ngidamnya setiap ibu hamil juga beda-beda, ada yang ngidamnya jarang tapi ada juga yang sering

Mama sang Wonder Woman

Mama adalah segalanya.. Mama adalah Wonder Woman terhebat yang pernah ada di dunia ini.. :) Di keluargaku, dan sepertinya juga hampir sebagian besar keluarga, mama merupakan sosok yang sangat memegang peranan penting dalam urusan rumah. Segala urusan rumah dari mulai cuci baju, cuci piring, bersih-bersih rumah, masak, dan sebagainya itu semuanya mama yang urus.. Anggota keluarga yang lain seperti suami dan anak-anaknya mungkin juga ikut membantu, kadang bantu mencuci, bersih-bersih, ato urusan rumah lainnya. Tapi tetap saja kalau dihitung-hitung, pasti porsinya jauh sama yang biasa dikerjakan mama. Belakangan ini aku lebih sering ada di rumah. Dan dengan semakin seringnya ada di rumah, semakin aku mengerti sibuknya mama di rumah mengurus segala sesuatunya sendiri. Sebagai seorang anak, pastinya sudah jadi kewajiban aku untuk bantu mama dalam mengurus rumah yang juga aku tinggali. Dengan aku sering ikut membantu mama melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga, aku jadi tahu bah