Langsung ke konten utama

Ikut Meracau tentang si Galau yang Berkicau

Pengen ngereview buku ini. Mmmm,, review? Bukan bukan bukaann.. Resensi atuh? Mmmm,, bukan juga sih. Lebih ke "ngomentarin" aja. Kalo review ato resensi kesannya dalem gmana gtu! Hehehe..
Buka apakah? Buku Kicau Kacau karyanya Indra Herlambang. Yah, buku ini emang bukan buku yang baru banget keluar, udah agak lama. Tapi berhubung si saya ini baru berkesempatan buat beli (tepatnya dibeliin), jadi baru baca deh.. :) Dan ini 100% pendapat pribadi aja, tanpa campur tangan ato campur otak dari pihak-pihak lain.


Sebelum ngomentarin bukunya, komentarin penulisnya dulu ah. Beliau ini sekarang dikenalnya sebagai presenter, dan paling dikenal mungkin jadi presenter salah satu infotainment, sebut saja !nsert. Aku pribadi cukup suka sama pembawaannya kalo lagi jadi presenter. Apa adanya, ga macem-macem, ga dibuat-buat, ga jaim, tapi juga ga norak. Kan banyak tuh yang niatnya sih ga jaim tapi keluarnya malah jadi norak *ga usah sebut merek lah yaa :P* Dan kalo lagi jadi presenter acara serius juga pembawaannya bagus deh..
Selain itu, aku juga kan follow twitternya: @indraherlambang dan dari tweet-tweet nya aku menilai bahwa beliau adalah orang gila yang cerdas. Kicauannya di twitter bisa menghasilkan  berbagai reaksi, dari mengerutkan kening, ngangguk-ngangguk, sampe ngakak. Tapi *menurut aku* isinya suka cerdas, yang aku sih ga kepikiran sama sekali. Dan, ada isinya, ga sekedar kicauan-kicauan ga jelas yang isinya cuma ngeluh, nyindir, ato marah-marah.

Dari situlah aku jadi penasaran waktu tau beliau ini ngeluarin buku. Jujur aku ga begitu tau kalo beliau ini udah jadi penulis di majalah. Yah, harap maklum, majalah yang memuat tulisannya bukan majalah yang suka aku baca. Selain karna aku emang jarang baca majalah *seringnya koran! :D* kan aku mah lebih seringnya baca majalah buat perempuan gitu, ya ga akan ada lah beliau di sana.. Jadi emang aku belum pernah baca tulisannya sebelum ini.

Buku Kicau Kacau ini tuh kumpulan tulisan-tulisannya yang udah pernah dimuat di majalah ato media cetak lainnya. Jadi ada 50 tulisan yang ga ada sangkut pautnya satu sama lain, tapi digabung jadi 4 topik utama. Menurut aku, si Kicau Kacau ini tuh sama kaya tweet-tweet nya. Sekilas terlihat ga jelas tapi selalu ada isinya. Dan bagusnya adalah, semuanya ditulis dengan sangat apa adanya, jadi bacanya juga enak, sangat mengalir. Sama juga kaya baca tweet-tweetnya, baca tiap tulisan yang ada di buku ini juga memunculkan reaksi yang berbeda-beda. Ada yang bikin senyum, ketawa, tapi kebanyakan ngajak yang baca untuk berpikir. Beliau ini sering melontarkan berbagai pertanyaan, yang seharusnya bikin yang baca mikir, soal hidup. Kalo yang bacanya lempeng-lempeng aja sih mungkin ga bakal repot-repot buat mikir, tapi kalo didalami, tulisan-tulisannya itu bermakna banget loh, tersurat maupun tersirat.

Topik yang dipilih untuk dijadiin tulisan sama beliau itu selalu topik-topik ringan, yang dialami sehari-hari banget. Makanya jadi mencernanya juga ga susah. Yah, kayanya emang ampir semua tulisannya itu didasarkan oleh pengalaman pribadinya beliau sih! Tapi ga masalah sama sekali ko, karna si tulisannya bukan tulisan curhat yang isinya cuma ngomongin dirinya sendiri aja. Di balik cerita pribadi dan ringannya topik yang dipilih, semuanya itu dikupas sampe dalem dengan sangat cerdas dan beliau mengeluarkan kemampuan berpikir kritisnya. Tapi, tetap ditumpahkan dengan gaya santai dan gokilnya, yang akhirnya bikin yang baca ga bosen ngikutin beliau "mengupas" topik ringan itu.

Yang aku kagum adalah, beliau ini kritis dan cerdas banget. Hal-hal sepele tuh bisa dijadiin topik menarik buat dibahas (dan dipikirkan). Aku sih jujur ga kepikiran banget deh sama apa-apa yang beliau tulis, itulah kenapa aku bilang beliau kritis. Terus, sebenernya banyak kritikan-kritikan agak sinis yang disampaikan, tapi dituangkan di tulisan dengan gaya santai dan diselipin kegokilannya juga, jadi ga berasa seperti kritikan sinis nan pedas. Ini juga kenapa aku bilang beliau cerdas, karena sesuatu yang mungkin kebanyakan orang lain bakal menumpahkannya dengan cara kurang baik (misalnya ngomel-ngomel), bisa disampaikan dan tumpahkan dengan cara yang santai, dan tenang.

Beliau ini aku nilai punya wawasan dan pandangan yang amat luas, yang tidak terjangkau otak aku. Mmm,, beliau yang berwawasan dan berpandangan luas apa aku yg terlalu sempit yah? Hahahaa,, whatever deh! Tapi yang jelas, aku menilai seperti itu. Dan, nilai lebihnya lagi adalah beliau bisa menumpahkan isi otaknya ke dalam suatu bentuk tulisan untuk dibaca orang lain dengan sangat baik. Menulis itu sebuah seni, dan ga semua orang bisa melakukannya dengan baik. Tapi, aku menilai Indra Herlambang ini bisa menuangkan isi otaknya yang banyak dan berisi itu ke dalam tulisan dengan sangat baik.

Yang paling aku suka adalah "Surat untuk Irvin". Kenapa? Karna dalam satu tulisan itu ada banyak topik yang diangkat, baik yang ringan maupun yang agak berat, tapi tetap ditumpahkan dengan cara yang mengalir apa adanya dan enak dibaca. Tulisan lainnya juga bagus-bagus ko! Apalagi yang part keluarga,, dalem dan menyentuh bangeett.. Suka suka suka.. :)
Penasaran? Beli lah bukunya.. *eh, ko jadi promosi begini gue? :P

Begitulah pendapat pribadi aku. Ga setuju? Boleh kok, gapapa.. Beda pendapat itu sehat ko! :))

Dan buat Kak (ato Om? :P) Indra Herlambang,, tulisannya udah bikin aku berpikir banyak hal. Semoga untuk orang lain juga begitu ya, Kak.. :)

Komentar

Popular Posts

Garuda di Dada Timnas -> Salah??

Ada yang mempermasalahkan penggunaan lambang Garuda di kaos timnas Indonesia. Padahal, timnas Indonesia sendiri lagi berjuang mengharumkan nama Indonesia di ajang Piala AFF 2010.  Ini 100% pendapat pribadi aja yah.. Apa sih yang salah dengan penggunaan lambang Garuda di kaos timnas? Bukannya dengan adanya lambang Garuda di dada itu berarti mereka yang ada di timnas bangga jadi Indonesia dan bangga bisa berlaga di ajang internasional dengan membawa nama Indonesia? Bukannya dengan membawa lambang Garuda di dada itu berarti mereka akan makin semangat untuk main di lapangan hijau karna membawa nama besar Indonesia? Dan itu berarti Bang BePe dan kawan2 itu akan berusaha lebih keras untuk membuat semua warga Indonesia bangga? Pernah liat timnas maen di lapangan hijau? Pernah liat mereka rangkulan sambil nyanyiin lagi wajib INDONESIA RAYA? Pernah merhatiin ga kalo mereka sering mencium lambang Garuda yang ada di dada mereka setiap abis nyanyiin lagu INDONESIA RAYA? Pernah juga ga merha

Makanan Favorit di Setiap Masa "Ngidam"

Setelah bulan lalu saya gagal setoran karena kesulitan mencari waktu untuk menulis di sela-sela perubahan ritme kehidupan selama ramadan, bulan ini saya tidak mau lagi gagal setoran tulisan. Kebetulan tema tantangan blogging Mamah Gajah Ngeblog bulan ini adalah tentang makanan favorit.  Sebenarnya kalau ditanya apa makanan favorit saya, jujur bingung sih jawabnya. Karena saya bisa dibilang pemakan segala. Buat saya makanan hanya ada yang enak atau enak banget. Hehe… Jadi kalau disuruh memilih 1 makanan yang paling favorit sepanjang masa, ya susah. Makanya ketika beberapa minggu belakangan ini saya sering terbayang-bayang satu jenis makanan, saya jadi terinspirasi untuk menjadikan ini sebagai tulisan untuk setoran tantangan bulan ini. Iya, saya memang sedang sering ngidam. Ngidam kurang lebih bisa diartikan keinginan dari seorang ibu hamil terhadap sesuatu, umumnya keinginan terhadap makanan. Ngidamnya setiap ibu hamil juga beda-beda, ada yang ngidamnya jarang tapi ada juga yang sering

Mama sang Wonder Woman

Mama adalah segalanya.. Mama adalah Wonder Woman terhebat yang pernah ada di dunia ini.. :) Di keluargaku, dan sepertinya juga hampir sebagian besar keluarga, mama merupakan sosok yang sangat memegang peranan penting dalam urusan rumah. Segala urusan rumah dari mulai cuci baju, cuci piring, bersih-bersih rumah, masak, dan sebagainya itu semuanya mama yang urus.. Anggota keluarga yang lain seperti suami dan anak-anaknya mungkin juga ikut membantu, kadang bantu mencuci, bersih-bersih, ato urusan rumah lainnya. Tapi tetap saja kalau dihitung-hitung, pasti porsinya jauh sama yang biasa dikerjakan mama. Belakangan ini aku lebih sering ada di rumah. Dan dengan semakin seringnya ada di rumah, semakin aku mengerti sibuknya mama di rumah mengurus segala sesuatunya sendiri. Sebagai seorang anak, pastinya sudah jadi kewajiban aku untuk bantu mama dalam mengurus rumah yang juga aku tinggali. Dengan aku sering ikut membantu mama melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga, aku jadi tahu bah