Langsung ke konten utama

Long Journey to Graduate (part 8 - Graduation Day 2, end of the journey)

Yak, part terakhir ini tertunda amat sangat lama ternyata. Sampe udah ampir 3 bulan berlalu! Sepertinya "rasa"nya sudah  berkurang nih yaa.. Yah, semoga masih bisa dijabarkan dalam kata-kata. ^^




Sampe rumah pulang dari wisnite, aku ga langsung bisa tidur. Aku malah keasikan nyiapin segala buat paginya. Aku pastikan semua siap sedia buat salah satu hari terpenting di hidup aku. Karena paginya aku mungkin harus berangkat nyubuh, jadi aku siapin semuanya dari malam biar pas paginya ga perlu ribet ada yang ketinggalan dan ujung-ujungnya bisa telat. Akhirnya aku baru tidur sekitar jam 2.

Bangun jam setengah 5, dan langsung mandi siap-siap ke salon. Berhubung agak ga pasti berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk dandan di salon itu, aku udah siapin semua barang yang harus dibawa ke sabuga hari ini. Jam 5 lebih aku dianter ke salon sama papa. Ternyata, butuh waktu lumayan lama untuk dandan itu. Acara kan emang mulai jam 8 teng, tapi disuruhnya harus udah ada di sabuga satu jam sebelumnya. Rencana awal adalah berangkat jam 6, karena takut macet.Ternyata, jam 6 kurang sedikit aku baru selesai dandan, belum kerudung cantiknya. Akhirnya, beres aku berkebaya tuh hampir setengah 7. Ternyata, mama papa juga telat berangkat dari rumah, karena banyak yang harus diberesin dulu di rumah. Akhirnya, aku dijemput di salon sekitar jam 7 kurang seperempat, dan baru sampai sabuga sekitar setengah 8. Sabuga udah rame banget, dan emang harusnya wisudawan udah pada datang. Aku langsung pisah sama mama papa, mama papa masuk lewat pintu utama, aku ke samping tempat wisudawan plano ngumpul. Sampe sana, wisudawan 2006 cuma ada 4 pria itu aja, Ika ga tau ngilang ke mana. Lalu kita foto-foto dulu ber-4.

Ga lama, semua wisudawan diminta masuk ke dalam sabuga. Kita cari-cari kursi untuk wisudawan plano, ternyata ga sesuai sama yang dijelasin pas gladi. Dan ternyata, sabuga udah sangat penuh, yang bikin aku hampir yakin mama papa ga dapat tempat di dalam sabuga. Pas aku sms, ternyata bener, papa mama ga bisa masuk sabuga dan hanya duduk di selasar sabuga, liat prosesi wisuda dari layar dan tv. Ga lama setelah kita duduk, dimulailah acara wisuda. Rasanya,, masih agak amazed, "akhirnya gue bisa juga duduk di dalam sabuga pake toga". :D

Dimulailah prosesi wisuda yang agak panjang. Dari mulai prosesi masuknya rektor dan jajarannya diiringi musik, pidato banyak pihak, sampai pembacaan janji wisudawan. Well, jujur semua bagian dari prosesi wisuda ini berasa banget. Pidato, yang biasanya aku denger setengah-setengah, ini aku dengerin. Terlebih pas pembacaan janji wisudawan, rasanya susah dijelasin. Intinya ya aku masih ngerasa waw aja, akhirnya diwisuda!!! :D


Akhirnya sampe di prosesi yang paling panjang tapi paling ditunggu juga sama semua wisudawan: salaman sama rektor, dan pastinya difoto lagi salaman! Kebetulan planologi dapet giliran akhir-akhir, fakultas kedua terakhir dari banyak fakultas yang ada, dan jurusan terakhir yang dipanggil di fakultas. Jadi, akhirnya berbengong-bengong ria aja nunggu giliran dipanggil. Anak-anak yang lain mah udah pada ngeluarin earphone masing-masing, bahkan ada yang tidur. 


Akhirnya giliran fakultas SAPPK (Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan -red) untuk salaman sama bapak rektor dan bapak dekan. Kebetulan makin "tua" angkatannya, makin belakangan pula gilirannya, jadi aku dan temen-temen 2006 yang lain ada di belakang anak-anak 2007. Akhirnya giliran aku tiba, dan dipanggilah "Nessia Adista" naiklah aku ke podium dan salaman sama Pak Boy selaku dekan SAPPK dan Pak Akhmaloka selaku rektor ITB. Abis itu langsung ke backstage, trus ngambil ijazah. Sebenernya aku ga suka sama foto aku di ijazah, tapi itu ga penting lah yaaa,, yang penting kan lambang ganesha nya! Hahaa.. Begitu ngambil ijazah dan balik lagi ke tempat duduk, aku sama temen-temen 2006 yang lain langsung paliat-liat dan "kita beneran luluuuuuussss!!" Yah,, smakin berasa "lulus"nya karena ada temen sih,, ga kebayang kalo cuma sendirian seangkatan. Alhamdulillah masih ada yang nemenin di sisa-sisa angkatan ini! Hehee..
Oh, abis aku selesai salaman kan masih ada fakultas lain tuh, FSRD kalau ga salah. Jadi aku masih nunggu lagi sampe acara resmi selesai baru bisa kemana-mana. Pas lagi nunggu, ada sms dari papa masuk dan nanya: "cha, kamu udah salamannya?" Agak gubrak yah dengernya. Hehe.. Tapi wajar sih, papa mama kan ga ada di dalem sabuganya, di selasar pasti sound nya juga ga keras, dan ditambah berisiknya wisudawan yang udah salaman pada keluar sabuga untuk sekedar jalan-jalan ngilangin bosen nunggu sekitar 1300 orang salaman sama rektor. Dan mungkin di selasar itu tvnya juga kecil, jadi ga keliatan dan ga kedengeran waktu aku naik podium dan salaman sama rektor dan dekan. Yah, ga masalah sih. Yang penting kan abis acara aku keluar sabuga sambil bawa ijazah! ^-^


Abis acara salam-salaman sama dosen, ga lama acara resmi pun selesai. Aku langsung keluar nyari papa dan mama. Keliling-keliling dulu, sampe akhirnya ketemu papa mama lagi ngobrol sama temennya. Aku langsung nyamperin mama papa, meluk satu-satu -dengan mata berkaca-kaca ampir nangis- dan nunjukin ijazah yang -akhirnya- aku dapatkan. Mama ngasih sebuket bunga buat aku. Dan kita pun foto-foto pake kamera digital seadanya. Pas ngasih tunjuk ijazah yang tertulis nama aku dan tertempel foto aku, rasanya kayaaaa.... apa ya? Susah diungkapkan.. Yang jelas ada perasaan bangga sama diri aku sendiri, ada perasaan senang akhirnya aku bisa juga bawa pulang ijazah itu, dan jelas ada perasaan bersyukur luar biasa sama papa dan mama untuk dukungannya sepanjang hidup aku, ga cuma sepanjang masa TA aku. Tanpa papa mama mungkin aku ga akan pernah bisa megang ijazah dengan nama aku dan berlambang ganesha. And officially:


Nessia Adista, S.T.
^-^


Karena masih ada acara arak-arakan HMP, aku nunggu di sabuga dan papa mama ke kampus nunggu aku datang dari arak-arakan. FYI, arak-arakan ini adalah tradisi semua himpunan yang ada di ITB. Jadi para wisudawan diarak dari sabuga ke kampus. Dulu, diaraknya keluar jalan, lewat gerbang sabuga tamansari, muterin jalan tamansari ke jalan ganesha, dan masuk kampus dari gerbang depan (selatan kampus). Tapi sekarang, entah karena perizinan atau gimana (karena emang kalo lewat jalan tamansari pasti menyebabkan macet yang luar biasa), jadi arak-arakannya dari sabuga jalan ke saraga (sarana olahraga di sabuga -red), masuk ke tunnel yang tembus ke sunken di utara kampus. Dari sini baru akan menuju gedung jurusan masing-masing untuk eksekusi akhir. Eksekusi? Iya, eksekusi akhirnya beda-beda caranya. Kalau jurusan yang banyak perempuannya biasanya ga macem-macem, paling cuma makan dan ramah tamah gitu aja. Nah kalo jurusan yang banyak lakinya biasanya perang, dan perangnya bisa macem-macem. Ada yang perang air pake spons, ada yang gebuk-gebukan pake koran yang digulung-gulung. Tiap jurusan punya cara tersendiri buat meng"eksekusi" wisudawan yang akan segera cabut dari kampus. Kalo jurusan aku, tradisinya adalah perang air. Tapi wisudawan kali ini para wanitanya pada centil-centil, jadi dari sekian banyak wisudawan  cewek ga banyak yang mau ikutan perang air, jadi kebanyakan diarak masih dengan kebaya lengkap, tapi minus high heels yang udah diganti sendal jepit. Termasuk aku. :D


Sebelum arak-arakan itu ada foto dulu setiap jurusan sama pak rektor. Abis foto, sambil nunggu giliran arak-arakan, aku didatengin ririn yang dateng jauh-jauh dari cijerah untuk dateng ke itb cuma buat aku. :) Ririn nambah buket bunga yang ada di tangan aku. Kita ngobrol kemana-mana, keliling-keliling, dan foto-foto pastinya. Aku dan wisudawan yang lain terus nunggu nunggu dan nunggu giliran arak-arakan yang rasanya berabad-abad. Asli lama banget! Masalahnya ga ngapa-ngapain gitu loh di sabuga. Foto-foto aja terus sampe mampus. Aku juga udah disms terus sama papa. Soalnya papa mama, yang udah digabung mba iya abi argha, dan personil tambahan devi dan gilang, nunggunya bukan di dalam gedung, tapi di taman depan gedung jurusan. Dan berarti, sangat berpotensi tinggi menyebabkan masuk angin. Aku ga enak juga sih, tapi da aku ga mau melewatkan arak-arakan ini. Ini kan termasuk salah satu prosesi wisuda, jadi kurang lengkap aja kalau tanpa ikut arak-arakan.


Tapi akhirnya aku menyerah. Waktu kita semua wisudawan dan panitia udah di saraga setelah menunggu jutaan taun di dalam sabuga, dan aku melihat antrian untuk masuk ke tunnel masih panjang, aku langsung datengin Mona LO aku, dan menanyakan apakah mungkin aku keluar barisan dan ga usah ikut arak-arakan. Beberapa anak 2007 yang ternyata juga sudah resah akibat lamanya arak-arakan ini, yang juga meninggalkan keluarga mereka terlantar di kampus, ikut-ikutan untuk keluar dari barisan. Sambil menunggu keputusan panitia soal kita-kita yang pengen keluar dari arak-arakan, icus ngedatengin aku dengan buru-buru karena udah ditungguin sama pacarnya. Kita peluk-pelukan, icus ngasih bunga dan balon, foto-foto, dan icus harus segera pergi lagi. Akhirnya, aku dan beberapa anak 2007, bareng sama salah satu panitia keluar dari barisan dan keluar dari sabuga lewat gerbang utama sabuga. Terus kita masuk dari gerbang utara kampus untuk jalan ke gedung plano di selatan, tempat mobil yang bawa barang-barang kita parkir. 


Ternyata, papa mama mba iya abi argha dan gilang ada di deket gerbang utara itu, bukan di gedung plano. Ternyata, saking lamanya nungguin aku muncul mereka udah jalan dari selatan kampus ke utara. Hehe.. Argha yang ngeliat aku bawa balon kuda langsung minta balon itu, karena dari tadi dia udah pengen balon-balon yang berseliweran dibawa sama banyak orang di kampus. Terus kita duduk-duduk aja nunggu devi yang lagi mindahin mobil dan nunggu toga aku dibawa sama panitia. Setelah toga aku dibawain sama panitia, sesi foto-fotonya dimulai sama gilang, fotografer khusus yang diminta papa buat foto-foto.






Oh, sebenarnya aku agak menyayangkan kurang lengkapnya keluarga aku di wisudaan ini. Kurang mba ipop, yang lagi menangisi perpisahannya sama mas drajat yang harus ke aussie, juga kurang dea yang sibuk sama ospeknya sebagai panitia. Tapi yasudahlah.. Ada yang mewakili selain mama papa aja aku udah seneng ko. ^-^


Abis puas foto-foto, kita semua jalan pulang. Ato lebih tepatnya sih jalan untuk makan di ampera supratman. Dan ternyata, saking lamanya nunggu aku angin-anginan di luar, argha masuk angin dan muntah-muntah di ampera. Hehe,, maafkan tantemu ini ya Argha ku sayaaang.. Dan setelah puas makan di ampera, kita pun pulang ke rumah.


Perjalanan panjang menuju dua hari wisuda ini pun akhirnya ditutup sudah, dengan kebahagiaan. Aku senang, papa mama juga pasti senang, dan insyaAllah semua keluarga aku juga senang. ^-^


Alhamdulillah alhamdulillah alhamdulillah, akhirnya selesai juga perjuangan aku untuk mendapatkan tambahan dua huruf di belakang nama aku. Perjuangan panjang, dengan banyak pelajaran yang bisa diambil dari perjalanan tersebut, termasuk pelajaran terbesar soal kesabaran, juga soal usaha dan kemauan. Sebenarnya, apapun tujuan yang kita inginkan, asal udah berusaha dan punya kemauan, dan disertai kesabaran yang tinggi, insyaAllah semua akan indah pada waktunya. Kaya aku, beratnya aku melawan kemalasan dari diri aku sendiri, ditambah beratnya sabar menghadapi dosen pembimbing, pada akhirnya toh indah juga. Allah pasti ngasih yang terbaik untuk kita selama kita bisa husnudzon billah.


Dan bagi yang belum ngerasain wisuda, berjuanglah untuk itu! Karena kalian harus tau gimana rasa senang dan bahagianya diwisuda, megang ijazah, dan yang paling penting menunjukkan ijazah yang berhasil kalian dapat ke orang tua. Bener-bener harus ngerasain sendiri, karena apa yang aku jabarkan di sini sama sekali ga sebanding sama perasaan yang sebenarnya.


Jadi, selamat datang di kehidupan yang sesungguhnya ya, cha.. Make your life as good as you dream! ^-^

Komentar

  1. Teh Echaa, aku mampir ke sini habis baca tulisan tantangan mgn. Terus tertarik baca cerita ini dari awal sampai akhir :D

    Seru banget teh ceritanyaa. Ikut ngerasain nyeseknya disuruh nunggu2 dosbing dan rasa harunya pas akhirnya lulus. Pengalaman yang sangat berharga ya, teh :')

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Posts

Garuda di Dada Timnas -> Salah??

Ada yang mempermasalahkan penggunaan lambang Garuda di kaos timnas Indonesia. Padahal, timnas Indonesia sendiri lagi berjuang mengharumkan nama Indonesia di ajang Piala AFF 2010.  Ini 100% pendapat pribadi aja yah.. Apa sih yang salah dengan penggunaan lambang Garuda di kaos timnas? Bukannya dengan adanya lambang Garuda di dada itu berarti mereka yang ada di timnas bangga jadi Indonesia dan bangga bisa berlaga di ajang internasional dengan membawa nama Indonesia? Bukannya dengan membawa lambang Garuda di dada itu berarti mereka akan makin semangat untuk main di lapangan hijau karna membawa nama besar Indonesia? Dan itu berarti Bang BePe dan kawan2 itu akan berusaha lebih keras untuk membuat semua warga Indonesia bangga? Pernah liat timnas maen di lapangan hijau? Pernah liat mereka rangkulan sambil nyanyiin lagi wajib INDONESIA RAYA? Pernah merhatiin ga kalo mereka sering mencium lambang Garuda yang ada di dada mereka setiap abis nyanyiin lagu INDONESIA RAYA? Pernah juga ga merha

Makanan Favorit di Setiap Masa "Ngidam"

Setelah bulan lalu saya gagal setoran karena kesulitan mencari waktu untuk menulis di sela-sela perubahan ritme kehidupan selama ramadan, bulan ini saya tidak mau lagi gagal setoran tulisan. Kebetulan tema tantangan blogging Mamah Gajah Ngeblog bulan ini adalah tentang makanan favorit.  Sebenarnya kalau ditanya apa makanan favorit saya, jujur bingung sih jawabnya. Karena saya bisa dibilang pemakan segala. Buat saya makanan hanya ada yang enak atau enak banget. Hehe… Jadi kalau disuruh memilih 1 makanan yang paling favorit sepanjang masa, ya susah. Makanya ketika beberapa minggu belakangan ini saya sering terbayang-bayang satu jenis makanan, saya jadi terinspirasi untuk menjadikan ini sebagai tulisan untuk setoran tantangan bulan ini. Iya, saya memang sedang sering ngidam. Ngidam kurang lebih bisa diartikan keinginan dari seorang ibu hamil terhadap sesuatu, umumnya keinginan terhadap makanan. Ngidamnya setiap ibu hamil juga beda-beda, ada yang ngidamnya jarang tapi ada juga yang sering

Mama sang Wonder Woman

Mama adalah segalanya.. Mama adalah Wonder Woman terhebat yang pernah ada di dunia ini.. :) Di keluargaku, dan sepertinya juga hampir sebagian besar keluarga, mama merupakan sosok yang sangat memegang peranan penting dalam urusan rumah. Segala urusan rumah dari mulai cuci baju, cuci piring, bersih-bersih rumah, masak, dan sebagainya itu semuanya mama yang urus.. Anggota keluarga yang lain seperti suami dan anak-anaknya mungkin juga ikut membantu, kadang bantu mencuci, bersih-bersih, ato urusan rumah lainnya. Tapi tetap saja kalau dihitung-hitung, pasti porsinya jauh sama yang biasa dikerjakan mama. Belakangan ini aku lebih sering ada di rumah. Dan dengan semakin seringnya ada di rumah, semakin aku mengerti sibuknya mama di rumah mengurus segala sesuatunya sendiri. Sebagai seorang anak, pastinya sudah jadi kewajiban aku untuk bantu mama dalam mengurus rumah yang juga aku tinggali. Dengan aku sering ikut membantu mama melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga, aku jadi tahu bah