Langsung ke konten utama

Antara Middlemount dan Bandung (part 2)

Pas check-in, awalnya aku dilayani sama mba-mba di counter check-in. Tiba-tiba ada seorang mas-mas yang datang, ngobrol pelan sama si mba-mba, dan aku diminta ngikutin dia ke mejanya, sambil dia bawa paspor dan kertas pesanan tiket aku. Aku langsung curiga ada yang ga beres, karena biasanya check-in sebentar aja dan langsung dapat boarding pass. Nah, pas aku ngikutin mas itu ke mejanya, barulah dia jelasin masalahnya yang bikin aku cukup shock dan jelas bete. Mas itu bilang, seat untuk flight Singapore-Bandung ini penuh. Whoootttt??


Bentar,, bentar.. Ini aku udah punya tiket loh. Gimana ceritanya orang yang udah punya tiket bisa keabisan seat? Aku bengong sesaat karna bingung dengan apa yang terjadi. Untung saat itu masih ada suaminya teman aku yang ikut angkat bicara pas denger ada masalah begitu, jadi bisa menutupi kekosongan pas aku bengong sesaat itu. Hehe.. Setelah aku tersadar dari shock, aku tanya-tanya lah si mas itu apa yang sebenarnya terjadi dan gimana dengan nasib aku yang harusnya punya seat di flight itu. FYI, alhamdulillah kemampuan conversation aku yang segitu-gitunya lumayan bisa kepake lah! :p


Mas itu terus ngejelasin sekenanya bahwa itu bukan kesalahan aku, dan kesalahan ada di sistem mereka, entah apa maksudnya itu. Lalu dia ngejelasin bahwa untuk ikut di flight yang ke Bandung ini (yang aku udah punya tiketnya) hampir ga mungkin karena seatnya udah penuh, tapi aku bisa aja dimasukin ke flight Singapore-Bandung selanjutnya. Aku tanya itu kapan, dan dijawab: Tuesday. Heii,, ini hari minggu loh! Ya masa aku harus nunggu sampe hari selasa? Terus harus nginep di mana? Dia kira gampang nginep 2 malem lagi di Singapur? Perlu diketahui, saat itu aku dalam kondisi cape banget dan asli udah pengen banget ada di rumah. Harusnya kalau dalam kondisi normal dan dalam mood belanja, aku bisa aja seneng bisa dikasih kesempatan ada di Singapur lebih lama, karna kebetulan di dompet aku masih ada dolar Singapur juga buat belanja belanji. Tapii,, karna aku udah dalam mood pengen banget pulang, jadi dapet berita begini ya jelas bete. Mas itu lalu ngasih opsi untuk menenangkan aku. Dia bisa masukin aku ke flight yang ke jakarta, kebetulan sampai malam masih ada 3 flight ke jakarta, yaitu jam 16.05, 17.20, dan 19.00. Dan kalau mau naik flight yang ke jakarta, pihak silk air yang akan menanggung semua urusan yang terkait perjalanan jakarta-bandungnya. Tapi aku masih keukeuh pengen naik flight yang ke bandung, karena biar gimana kan aku punya tiket! *emosi*

Kayanya karena liat muka aku udah ga jelas bentuknya, mereka minta dikasih waktu untuk ngurusin semuanya dan bakal berusaha untuk masukin aku di flight yang ke Bandung. Dan sambil nunggu, aku dikasih voucher $100 untuk dipake di Starbucks. Sebenernya itu lumayan banget kan yaa? $100 di starbucks bisa buat minum kopi bergelas-gelas. Tapi berhubung aku bete dan cukup sibuk hubungin papa di jakarta dan mas drajat di aussie, jadi aku ga peduli sama si voucher itu. Akhirnya teman aku dan suaminyalah yang mesen segala macam makanan dan minuman di starbucks sampai habis $100. Kita pun duduk di salah satu meja starbucks yang dipenuhi berbagai jenis kue, snack, dan minuman. Ga berapa lama ada seorang petugas silk air yang datang dan menanyakan kartu bagasi aku, karena koper aku yang sejak subuh ada di bandara bakal mereka urus seandainya aku pindah flight.


Sekitar jam 15.30, sesuai yang mereka janjiin untuk ngasih aku kepastian nasib di flight Singapura-Bandung, aku beranjak dari starbucks untuk menemui mas yang sebelumnya janji ngurusin segalanya itu. Sampai di sana, dia langsung berdiri dan meminta maaf, bilang kalau seat di flight awal Singapura-Bandung itu penuh dan aku ga mungkin bisa masuk. Lalu aku jawab (dengan bete), kalau gitu masukin aku di flight pertama yang terbang ke jakarta. Dan jawaban dia setelah itu bikin aku semakin bete: dia minta maaf karena flight yang ke jakarta ternyata juga penuh. Astaghfirullahaladziiimm.. Apa-apaan sih ini? Aku agak marah dan nanya kenapa bisa penuh juga, padahal tadi dia bilang ada seat. Dia minta maaf dan bilang bahwa setelah dia cek ternyata flight yang ke jakarta jam 4 penuh. Dengan gondok aku tanya, kalo flight setelahnya ada seat kaaann?? Lalu dengan muka menyesal dia jawab, penuh juga. Semakin gondoklah saya dibuatnya. Mas itu lalu bilang buru-buru, bahwa masih ada kemungkinan ada seat kosong di flight yang jam 17.20 dan 19.00, tapi dia sendiri ga bisa menjamin ada. Dia menyarankan aku untuk ambil flight terpagi besok, yaitu jam 6.00 pagi kalau mau aman, karena flight itu pasti masih kosong. Kalau mau, dia bisa langsung cetak boarding pass, jadi besok pagi ga perlu check-in lagi, tinggal masuk pesawat. Aku mutusin buat nunggu aja, barangkali bisa dapat seat di flight tercepat. Kalau emang ternyata harus ga dapet juga, yaudah apa mau dikata, berarti harus nginep lagi di singapur semalem. Terus aku pergi dari counter itu, dan diajak keliling dulu sama temen aku dan suaminya. Berhubung makanan dari starbucks itu banyak banget, jadi nambah deh kan bawaan aku, ada 3 kantong kertas besar yang jadi harus aku bawa-bawa. Sambil keliling-keliling itu terus aku ngobrol sama temen aku dan suaminya. Mereka bilang, sebaiknya kalo emang aku harus nginep semalam lagi di singapura, aku sebaiknya nginep di bandara aja (kan ada hotel di bandara), soalnya kalo nginep di rumah temen aku, rumahnya itu jauh dari bandara (1 jam naik MRT), dan kalau flightnya pagi, harus subuh banget dari rumahnya. Jadi daripada repot mending nginep di hotel di Changi aja. Kebetulan, akupun berpikiran sama. Selain aku ga enak kalau harus bikin mereka tambah repot, juga alasan yang sama karena biar mengurangi resiko ketinggalan pesawat.


Jam 16.30, aku balik lagi ke counter silk air, dan pas sampe sana ada satu petugas perempuan yang sebelumnya juga ikut ngurusin, baru datang dari arah berlawanan dan bilang "Ah, i was looking for you. We have one seat for you." "Which flight?" "The first flight, at 17.20" 
Alhamdulillaaaaahhh.. Gue pulaaaaaaaanngg!! :D
Langsunglah diurusin sama petugasnya untuk cetak boarding pass. Mereka juga minta alamat aku untuk dikasih ke petugas di bandara cengkareng yang akan ngurus perjalanan Jakarta-Bandung aku. Setelah boarding pass di tangan, ternyata mas yang dari awal ngurus masalah aku nyodorin selembar kertas untuk aku tandatangan dan dua lembar uang $100, katanya sebagai ganti rugi untuk aku atas kesalahan mereka yang bikin aku terlambat (banget) sampai bandung. Alhamdulillah lagiiii.. Lumayan kan dapet $200! Jadi kalau diitung-itung mah aku sebenarnya untung banyak. Udah mah dapat $100 yang diubah jadi 3 kantong kertas makanan starbucks, juga dapat uang tunai $200. Padahal nunggunya juga ga yang berjam-jam, flightnya cuma terlambat 1 jam 20 menit. Emang jadinya ke jakarta sih, tapi kan jarak Jakarta-Bandung juga cuma 2 jam, itupun aku tinggal tidur tenang karena udah ada sopir yang disediain silk air yang bawa aku sampai rumah.


Setelah pamitan dan berterimakasih sebanyak-banyaknya sama temen aku dan suaminya yang baik banget ikut nemenin dan ngurusin masalah aku di sini, akupun masuk ke imigrasi untuk langsung menuju gate pesawat yang bakal aku naikin. Dan pas udah lewat imigrasi, barulah aku tahu ternyata gate F37 tempat pesawat aku itu J-A-U-H! Astaga banget deh. Udah mah jauh, aku juga bawa gembolan banyak yang isinya oleh-oleh dari Singapur dan 3 kantong starbucks itu. Berat sodara-sodara! Kira-kira 15 menit lah aku jalan ke gate itu, padahal udah dibantu adanya ban berjalan. Aku juga jalannya buru-buru karena itu udah hampir jam 5, sedangkan pesawat dijadwalkan take off jam 17.20. Ga lucu banget kan kalo sampe ketinggalan pesawat?? Sampe pesawat aku ngos-ngosan. Pesawatnya ternyata besar, mirip pesawat yang sebelumnya pas Brisbane-Singapore, padahal dulu waktu perjalanan Bandung-Singapore mah pesawatnya kecil. Mungkin karena ini ke jakarta kali ya, penumpangnya juga banyak, jadi pesawatnya juga lebih besar. Akupun akhirnya bisa bernapas lega dan duduk tenang di pesawat.


Sampe jam 17.20, si pesawat belum take off juga. Malah, tiba-tiba ada pengumuman dari kapten yang minta maaf karena perjalanan harus tertunda akibat ada yang diurus di bagian bagasi. Denger itu aku langsung ketawa dalam hati, karena feeling aku bilang, bagasi yang diurusin itu adalah koper aku! Hahahaha.. Mungkin karena urusan flight aku berantakan, jadi si koper aku juga harus dicari-cari dulu, makanya sampai lama ngurus bagasi di pesawat ini. Mungkin mereka juga ga mau nambah masalah lagi sama aku seandainya si koper aku ga ikut baik di pesawat ini. Horee,, aku bikin satu penerbangan delay! :D Akhirnya sekitar jam 17.40 barulah pesawat take off.

Pesawat akhirnya landing di Cengkareng sekitar jam 18.30 WIB. Begitu keluar dari lorong yang menghubungkan pintu pesawat sama building di bandara, ternyata udah ada seorang mas petugas bandara yang berdiri dekat eskalator sambil memegang kertas yang ada tulisannya Ms. Nessia Adista. Lihat itu aku pengen ketawa, berasa apaan gitu ya sampe dijemput sama petugas bandara pakai kertas nama begitu! Hahaha.. Aku langsung menghampiri mas itu, dan kitapun keluar menuju bagian imigrasi. Sampai di imigrasi ternyata ngantrinya lumayan panjang. Jadi mas itu keluar duluan dan nunggu aku ga jauh dari meja-meja imigrasi. Akhirnya setelah sekitar 15 menit ngantri, aku melewati meja imigrasi dan sama mas itu menuju tempat pengambilan bagasi. Di sana kita nunggu koper aku lamaaaaa banget. Untung ada mas itu, jadi ada teman ngobrol dan temen curhat! Haha.. Saking lamanya nunggu koper, mas itu bilang kalo dia curiga koper aku ga kebawa di pesawat karena adanya masalah itu. Nah loh. Tapi ya masa udah delay 40 menit ngurus bagasi, koper aku masih ketinggalan? Tapi kata masnya kalaupun kopernya ga kebawa, nanti aku tinggal kasih alamat aja, dan nanti kopernya akan dikirim ke bandung. Soalnya kalau sampai kejadian begitu, itu sepenuhnya kesalahan maskapai, jadi akan ditanggung sepenuhnya sama maskapai. Tapi ternyata setelah lama banget nunggu dan obrolan sama si mas udah ngelantur ke mana-mana, akhirnya koper aku muncul juga di ban berjalan itu. Keluarlah kita dari sana.


Lalu aku nunggu sebentar sambil masnya ngurus kendaraan yang bakal nganter aku sampai rumah. Karena masnya ngurus di counter silver bird, aku kira aku bakal naik taksi gitu ke bandung. Ternyata pas keluar dari bandara, mobil yang datang bukan taksi, tapi avanza. Aku mikir, waw, canggih juga dikasih avanza buat sendirian! Aku pun langsung naik ke mobil karena barang-barang diurus sama bapak sopir dan mas itu. Urusan perduitannya juga udah diurus sama mas itu. Dan akhirnya, hampir jam 8 malam, si mobil pun melaju meninggalkan bandara menuju Bandung! Horeeee,, aku pulang!


Di mobil sempat ngobrol sedikit sama bapak sopirnya. Bapaknya sempat bilang, "saya kira ga cuma sendirian, mba. Soalnya lumayan mahal juga ya sampai 1 juta untuk sendirian." Aku cuma bilang "oh iya" aja sambil dalam hati mikir, mahal amat ya 1 juta? Tau gitu kan mending mentahnya dikasih ke aku, trus aku naik travel aja ke bandung! Paling mahal juga 100 kan sampe rumah? Bisa untung deh 900ribu! *otak ga mau rugi. Hehehe..
Dengar pertanyaan bapak sopir ini bikin aku mikir, pelayanan dari silk air ini berarti bagus banget ya. Mereka mengakui kesalahan mereka dan benar-benar bertanggung jawab penuh sama kesalahan itu. Ganti ruginya jauh lebih besar dari kerugiannya. Mungkin kalau aku wanita karir yang rugi ga bisa ketemu klien gara-gara kekacauan di silk air, iya ganti rugi segitu sesuai atau malah mungkin bisa-bisa kurang. Tapi kerugian aku kan cuma di terlambat sampai rumah, jadi ganti rugi sebanyak itu ya berlebih. Tapi ya disyukuri aja, alhamdulillah! ^_^


Berhubung kondisi badan aku cape banget, baru masuk satu pintu tol dari bandara aku udah langsung tertidur amat sangat pulas. Baru bangun pas di km 57 pak sopirnya mau ke WC. Dan dari km 57, begitu mobil masuk jalan tol lagi, akupun tertidur pulas lagi. Hahaa.. Aku baru bangun lagi pas mobil udah sampai sekitar km 100. Begitu bangun aku langsung lihat handphone, dan ternyata udah ada 2 missed call dari papa. Hp emang aku silent, jadi saking pulasnya tidur aku, aku ga kebangun sama getarannya. Dan pas masuk Bandung papa nelepon lagi dan langsung berkomentar: bisa-bisanya kamu tidur pules banget di mobil cuma berduaan sama sopir yang ga dikenal. Hahahaa.. Ya gimana, judulnya kan cape banget, ya ga ngaruhlah di mobil cuma berdua ataupun banyakan, sama orang dikenal ataupun ga. :D


Akhirnya sekitar jam 10 mobilpun berhenti di depan rumah yang udah 2 bulan penuh aku tinggalkan. Asli senang banget bisa ada di rumah lagi, dan ketemu sama orang rumah lagi! \(^o^)/ Langsung cium tangan papa mama, peluk dhea mba iya, dan langsung bongkar koper keluarin oleh-oleh. Sekitar jam 11 ada telepon dari eyang, yang ternyata belum tidur sampai jam segitu karena nunggu kabar apakah aku berhasil pulang dengan selamat atau ga. Eyang kan begitu, ga bisa khawatir sama keadaan anak cucunya, pasti ditanyain terus. Tanpa aku dapat masalah di Changi aja eyang pasti nanyain terus, apalagi tahu aku bermasalah di Changi, pasti makin dikontrol terus perkembangannya. Aku ketawa-tawa aja, soalnya orang-orang pada khawatir apa aku sampai rumah dengan selamat atau ga, sedangkan aku sama sekali ga khawatir sama diri aku sendiri. Waktu di Changi dan belum ada kepastian soal nasib perjalanan pulang aku, memang aku khawatir sama keadaan aku. Tapi begitu pihak silk air memberikan kepastian soal pesawat, juga meyakinkan aku kalau transportasi Jakarta-Bandung sepenuhnya mereka tanggung, aku langsung tenang. Apalagi begitu sampai di bandara langsung ada orang yang jemput dan benar-benar mengurus transportasi aku ke Bandung, aku jadi sangat tenang. Makanya aku bisa dengan mudahnya tidur sepanjang jalan juga karena aku udah sama sekali ga khawatir dan percaya 100% kalau pihak silk air ga akan berulah lagi.


Alhamdulillah, akhirnya sampai juga aku di rumah aku tercinta, bisa lagi tidur di kamar aku tersayang setelah 2 bulan berpisah. Dan terimakasih juga untuk pihak silk air dan singapore airlines, karena meskipun membuat masalah, tapi mereka juga sangat profesional dalam bertanggung jawab terhadap kesalahannya. Maskapai internasional sih ya, jadi profesional banget. Lagian, kalau ga ada maslaah-masalah ini, ga akan ada cerita yang bisa mewarnai perjalanan pulang aku dan bisa diposting di blog ini! Hehehe..

Komentar

Popular Posts

Garuda di Dada Timnas -> Salah??

Ada yang mempermasalahkan penggunaan lambang Garuda di kaos timnas Indonesia. Padahal, timnas Indonesia sendiri lagi berjuang mengharumkan nama Indonesia di ajang Piala AFF 2010.  Ini 100% pendapat pribadi aja yah.. Apa sih yang salah dengan penggunaan lambang Garuda di kaos timnas? Bukannya dengan adanya lambang Garuda di dada itu berarti mereka yang ada di timnas bangga jadi Indonesia dan bangga bisa berlaga di ajang internasional dengan membawa nama Indonesia? Bukannya dengan membawa lambang Garuda di dada itu berarti mereka akan makin semangat untuk main di lapangan hijau karna membawa nama besar Indonesia? Dan itu berarti Bang BePe dan kawan2 itu akan berusaha lebih keras untuk membuat semua warga Indonesia bangga? Pernah liat timnas maen di lapangan hijau? Pernah liat mereka rangkulan sambil nyanyiin lagi wajib INDONESIA RAYA? Pernah merhatiin ga kalo mereka sering mencium lambang Garuda yang ada di dada mereka setiap abis nyanyiin lagu INDONESIA RAYA? Pernah juga ga merha

Makanan Favorit di Setiap Masa "Ngidam"

Setelah bulan lalu saya gagal setoran karena kesulitan mencari waktu untuk menulis di sela-sela perubahan ritme kehidupan selama ramadan, bulan ini saya tidak mau lagi gagal setoran tulisan. Kebetulan tema tantangan blogging Mamah Gajah Ngeblog bulan ini adalah tentang makanan favorit.  Sebenarnya kalau ditanya apa makanan favorit saya, jujur bingung sih jawabnya. Karena saya bisa dibilang pemakan segala. Buat saya makanan hanya ada yang enak atau enak banget. Hehe… Jadi kalau disuruh memilih 1 makanan yang paling favorit sepanjang masa, ya susah. Makanya ketika beberapa minggu belakangan ini saya sering terbayang-bayang satu jenis makanan, saya jadi terinspirasi untuk menjadikan ini sebagai tulisan untuk setoran tantangan bulan ini. Iya, saya memang sedang sering ngidam. Ngidam kurang lebih bisa diartikan keinginan dari seorang ibu hamil terhadap sesuatu, umumnya keinginan terhadap makanan. Ngidamnya setiap ibu hamil juga beda-beda, ada yang ngidamnya jarang tapi ada juga yang sering

Mama sang Wonder Woman

Mama adalah segalanya.. Mama adalah Wonder Woman terhebat yang pernah ada di dunia ini.. :) Di keluargaku, dan sepertinya juga hampir sebagian besar keluarga, mama merupakan sosok yang sangat memegang peranan penting dalam urusan rumah. Segala urusan rumah dari mulai cuci baju, cuci piring, bersih-bersih rumah, masak, dan sebagainya itu semuanya mama yang urus.. Anggota keluarga yang lain seperti suami dan anak-anaknya mungkin juga ikut membantu, kadang bantu mencuci, bersih-bersih, ato urusan rumah lainnya. Tapi tetap saja kalau dihitung-hitung, pasti porsinya jauh sama yang biasa dikerjakan mama. Belakangan ini aku lebih sering ada di rumah. Dan dengan semakin seringnya ada di rumah, semakin aku mengerti sibuknya mama di rumah mengurus segala sesuatunya sendiri. Sebagai seorang anak, pastinya sudah jadi kewajiban aku untuk bantu mama dalam mengurus rumah yang juga aku tinggali. Dengan aku sering ikut membantu mama melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga, aku jadi tahu bah