Sebenarnya ya, seberat apapun pekerjaan atau tugas yang harus kita selesaikan, semuanya akan bisa diselesaikan dengan baik.
Syaratnya cuma 1, yakin sama diri sendiri.
Pengalaman yang ngajarin aku hal itu.
Beberapa hari yang lalu, ada satu kejadian di kantor yang ngajarin aku hal itu. Ceritanya, ada satu kerjaan aku yang mengharuskan aku untuk berangkat ke Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim. Untuk pergi ke Kaltim itu ada laporan yang harus aku selesaiin, sampe diprint dan dijilid rapi. Sepengetahuan aku, laporan yang harus selesai dan akan dibawa itu hanya "laporan antara".
Sehari sebelum berangkat ada koordinasi dulu antara 2 tim yang bakal sama-sama berangkat ke Kaltim itu. Si koordinasinya itu diadain sekitar jam 3 siang. Dari koordinasi yang dilaksanain sekitar 1 setengah jam itu, barulah aku dapat informasi bahwa laporan yang harus dibawa ternyata ga cuma laporan antara, tapi juga laporan akhir! Mampus!
Sore itu gue udah langsung panik aja. Secara berangkat kan besok siangnya tuh, mau ga mau si laporan harus beres paling telat paginya, karena butuh waktu buat memperbanyak (ngopy) dan jilid. Belum lagi ada bahan presentasi yg harus disiapin. Asli itu paniknya panik bgt. Karena, bikin laporan itu ga semudah nulis di blog. Editing kecil-kecil kaya format numbering, header-footer, margin, dan lain-lainnya tuh butuh waktu lama. Apalagi ini laporan akhirnya masih nol. Gilaaaaaa... Panik bangetlah gue!
Padahal ya, aku tuh termasuk tipe orang yang sama sekali ga gampang panik. Aku ini orangnya lempeng banget, cuek. Jarang aku bisa panik. Pernah aku salah mengoperasikan mesin fotocopy di kantornya papa sampe entah gimana caranya ada plastik mika yang nyangkut dan bikin mesin fotocopy gabisa beroperasi aja aku ga panik. Cuma bilang "duh, gimana ya?" Hahahaa..
Back to topic.
Saking paniknya aku jadi bingung mau ngerjain apa. Gatau harus ngerjain yang mana dulu biar semuanya bisa selesai tepat waktu, ya laporannya bisa diprint dan diperbanyak sesuai jumlah permintaan, juga bahan presentasi bisa siap. Perlu diketahui bahwa itu kan sebenarnya kerja tim ya, tapi nyatanya aku jadi single fighter, ga ada yang lain yang bisa diandalkan.
Akupun mulai terbata-bata ngerjain semua kerjaan yang deadline itu. Karna panik dan stressnya harus ngerjain itu sendirian, sebagai anak muda (ehm!) jaman sekarang yang kerjaannya mengeluh di segala jenis media mulai dari twitter facebook sampe status bbm, aku juga menulis sederetan huruf a-r-g-h di status bbm.
Setelah nulis itu aku berusaha untuk menenangkan diri. Tarik napas dalam-dalam dan berusaha tenang. Karena sebenernya aku tau, kalo aku panik malah aku gabisa ngerjain apa-apa. Dengan panik aku malah jadi mikir "gimana kalo ga beres tepat waktu", bukannya mikir "gimana caranya nyelesaiin kerjaan tepat waktu walaupun waktunya mepet". Sambil berusaha nenangin diri, status aku itu juga mendatangkan beberapa respon dari temen kantor aku, dan salasatu senior aku di kantor ngasih tips n trik bikin laporan dalam waktu singkat. BBM-BBM yang isinya nyemangatin serta tips n trik bikin laporan mepet itu akhirnya bikin aku mikir "ayo, cha! PASTI BISA!!!"
Akhirnya aku berhasil menenangkan diri, menghilangkan kepanikan aku, dan kemudian kerja aku jadinya optimal. Begitu aku tenang, pikiran aku jadi jernih, akhirnya kerjanya juga jadi bener. Ga ada lagi pikiran-pikiran "gimana kalo ini - gimana kalo itu". Adanya cuma "kerjaan harus beres malam ini, jadi kerjain yang bener, cha!"
Endingnya pun bahagia. Walaupun aku harus ngelembur di kantor sampai lewat tengah malem, tapi kerjaan bisa selesai dengan cukup baik. At least laporan berhasil diprint dan punya waktu yang cukup untuk digandakan sesuai jumlah yang harus dibawa, bahan presentasi pun selesai. Dan siangnya bisa berangkat ke Kukar dengan tenang dengan membawa semua yang harus dibawa. AMAN!
Kan? Kalau ga panik bisa selesai kan? Kalau ga mikir macem-macem bisa selesai kan? Kalau yakin bisa akhirnya bakal bisa kan? Itulah, cha.. Ga usah tuh ada yang namanya panik. Kalau ada kerjaan ya dikerjain. Kalau cuma panik aja tapi malah jadi ga ngerjain apa-apa ya kapan bisa selesainya? Intinya adalah tenang dalam ngerjain apapun pekerjaannya. Dan harus yakin kalau kerjaan itu akan bisa selesai sesuai tenggat waktunya. Dan pastinya ya dikerjain! Walaupun yakin akan bisa selesai, tapi males-malesan ngerjain ya sama aja kaya pengen makan tapi ga mau jalan ke meja makan, bakal tetep laper!
Banyak pelajaran dari kejadian itu. Bikin aku ga lagi panik kalau lagi deadline kerjaan. Bikin aku lebih bisa ngontrol emosi dalam hal kerjaan. Juga bikin aku lebih kuat mental dan fisik karena sering dipaksa lembur. *curcol. Hahaa.. Satu pelajaran lain yang aku dapat dari senior aku di kantor adalah bahwa kita harus pinter-pinter me-manage kerjaan sendiri kalau dalam posisi deadline. Kita harus bisa mengestimasi berapa banyak waktu yang kita punya, dan berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk nyelesaiin kerjaan sampai tuntas. Seandainya ditemukan ketidaksesuaian antara waktu yang kita punya sama waktu yang dibutuhkan untuk pengerjaan, harus pinter-pinter buat "memangkas" kerjaan. Harus pinter nyari bagian mana dari kerjaan kita yang bisa "dipangkas" tanpa mengurangi banyak kualitas dari hasil pekerjaan. Ya pasti kalau ada pemangkasan gitu hasilnya ga akan bagus-bagus amat. Tapi ya pinter-pinternya lah gimana caranya biar hasilnya ga jadi jelek-jelek amat.
Gitu looohh..
Jadi, you will when you believe, and make it!
Syaratnya cuma 1, yakin sama diri sendiri.
Pengalaman yang ngajarin aku hal itu.
Beberapa hari yang lalu, ada satu kejadian di kantor yang ngajarin aku hal itu. Ceritanya, ada satu kerjaan aku yang mengharuskan aku untuk berangkat ke Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim. Untuk pergi ke Kaltim itu ada laporan yang harus aku selesaiin, sampe diprint dan dijilid rapi. Sepengetahuan aku, laporan yang harus selesai dan akan dibawa itu hanya "laporan antara".
Sehari sebelum berangkat ada koordinasi dulu antara 2 tim yang bakal sama-sama berangkat ke Kaltim itu. Si koordinasinya itu diadain sekitar jam 3 siang. Dari koordinasi yang dilaksanain sekitar 1 setengah jam itu, barulah aku dapat informasi bahwa laporan yang harus dibawa ternyata ga cuma laporan antara, tapi juga laporan akhir! Mampus!
Sore itu gue udah langsung panik aja. Secara berangkat kan besok siangnya tuh, mau ga mau si laporan harus beres paling telat paginya, karena butuh waktu buat memperbanyak (ngopy) dan jilid. Belum lagi ada bahan presentasi yg harus disiapin. Asli itu paniknya panik bgt. Karena, bikin laporan itu ga semudah nulis di blog. Editing kecil-kecil kaya format numbering, header-footer, margin, dan lain-lainnya tuh butuh waktu lama. Apalagi ini laporan akhirnya masih nol. Gilaaaaaa... Panik bangetlah gue!
Padahal ya, aku tuh termasuk tipe orang yang sama sekali ga gampang panik. Aku ini orangnya lempeng banget, cuek. Jarang aku bisa panik. Pernah aku salah mengoperasikan mesin fotocopy di kantornya papa sampe entah gimana caranya ada plastik mika yang nyangkut dan bikin mesin fotocopy gabisa beroperasi aja aku ga panik. Cuma bilang "duh, gimana ya?" Hahahaa..
Back to topic.
Saking paniknya aku jadi bingung mau ngerjain apa. Gatau harus ngerjain yang mana dulu biar semuanya bisa selesai tepat waktu, ya laporannya bisa diprint dan diperbanyak sesuai jumlah permintaan, juga bahan presentasi bisa siap. Perlu diketahui bahwa itu kan sebenarnya kerja tim ya, tapi nyatanya aku jadi single fighter, ga ada yang lain yang bisa diandalkan.
Akupun mulai terbata-bata ngerjain semua kerjaan yang deadline itu. Karna panik dan stressnya harus ngerjain itu sendirian, sebagai anak muda (ehm!) jaman sekarang yang kerjaannya mengeluh di segala jenis media mulai dari twitter facebook sampe status bbm, aku juga menulis sederetan huruf a-r-g-h di status bbm.
Setelah nulis itu aku berusaha untuk menenangkan diri. Tarik napas dalam-dalam dan berusaha tenang. Karena sebenernya aku tau, kalo aku panik malah aku gabisa ngerjain apa-apa. Dengan panik aku malah jadi mikir "gimana kalo ga beres tepat waktu", bukannya mikir "gimana caranya nyelesaiin kerjaan tepat waktu walaupun waktunya mepet". Sambil berusaha nenangin diri, status aku itu juga mendatangkan beberapa respon dari temen kantor aku, dan salasatu senior aku di kantor ngasih tips n trik bikin laporan dalam waktu singkat. BBM-BBM yang isinya nyemangatin serta tips n trik bikin laporan mepet itu akhirnya bikin aku mikir "ayo, cha! PASTI BISA!!!"
Akhirnya aku berhasil menenangkan diri, menghilangkan kepanikan aku, dan kemudian kerja aku jadinya optimal. Begitu aku tenang, pikiran aku jadi jernih, akhirnya kerjanya juga jadi bener. Ga ada lagi pikiran-pikiran "gimana kalo ini - gimana kalo itu". Adanya cuma "kerjaan harus beres malam ini, jadi kerjain yang bener, cha!"
Endingnya pun bahagia. Walaupun aku harus ngelembur di kantor sampai lewat tengah malem, tapi kerjaan bisa selesai dengan cukup baik. At least laporan berhasil diprint dan punya waktu yang cukup untuk digandakan sesuai jumlah yang harus dibawa, bahan presentasi pun selesai. Dan siangnya bisa berangkat ke Kukar dengan tenang dengan membawa semua yang harus dibawa. AMAN!
Kan? Kalau ga panik bisa selesai kan? Kalau ga mikir macem-macem bisa selesai kan? Kalau yakin bisa akhirnya bakal bisa kan? Itulah, cha.. Ga usah tuh ada yang namanya panik. Kalau ada kerjaan ya dikerjain. Kalau cuma panik aja tapi malah jadi ga ngerjain apa-apa ya kapan bisa selesainya? Intinya adalah tenang dalam ngerjain apapun pekerjaannya. Dan harus yakin kalau kerjaan itu akan bisa selesai sesuai tenggat waktunya. Dan pastinya ya dikerjain! Walaupun yakin akan bisa selesai, tapi males-malesan ngerjain ya sama aja kaya pengen makan tapi ga mau jalan ke meja makan, bakal tetep laper!
Banyak pelajaran dari kejadian itu. Bikin aku ga lagi panik kalau lagi deadline kerjaan. Bikin aku lebih bisa ngontrol emosi dalam hal kerjaan. Juga bikin aku lebih kuat mental dan fisik karena sering dipaksa lembur. *curcol. Hahaa.. Satu pelajaran lain yang aku dapat dari senior aku di kantor adalah bahwa kita harus pinter-pinter me-manage kerjaan sendiri kalau dalam posisi deadline. Kita harus bisa mengestimasi berapa banyak waktu yang kita punya, dan berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk nyelesaiin kerjaan sampai tuntas. Seandainya ditemukan ketidaksesuaian antara waktu yang kita punya sama waktu yang dibutuhkan untuk pengerjaan, harus pinter-pinter buat "memangkas" kerjaan. Harus pinter nyari bagian mana dari kerjaan kita yang bisa "dipangkas" tanpa mengurangi banyak kualitas dari hasil pekerjaan. Ya pasti kalau ada pemangkasan gitu hasilnya ga akan bagus-bagus amat. Tapi ya pinter-pinternya lah gimana caranya biar hasilnya ga jadi jelek-jelek amat.
Gitu looohh..
Jadi, you will when you believe, and make it!
Komentar
Posting Komentar